Pengaruh Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan

Sofa Rahmatillah Fajrin, Ratih Tresnati, Nina Maharani

Abstract


Abstrak. Persaingan industri ritel saat ini mengalami perkembangan cukup pesat. Perusahaan menggunakan berbagai strategi untuk merebut dan mempertahankan konsumen. Salah satunya dengan membuat citra merek yang kuat sehingga menjadi top of mind di hati pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan seragam sekolah di toko Resko Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan verifikatif, dengan menggunakan dua teknik sampling yaitu probability sampling dan nonprobability sampling. Pengambilan sampel dilakukan terhadap responden yang membeli seragam sekolah di toko Resko Bandung. Berdasarkan hasil uji hipotesis, citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan toko seragam Sekolah Resko. Hal ini dibuktikan dengan nilai berdasarkan uji koefisien determinasi sebesar 0,548 atau sebesar 54,8% artinya variabel loyalitas konsumen dipengaruhi oleh variabel citra merek sebesar 54,8 % sedangkan sisanya 45,2 % dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kualitas produk, kualitas layanan, harga, dll.


Keywords


Citra Merek, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Afra Wibawa Makna Hayat. 2012. Bandung. Pengaruh Lokasi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Distro Ouval Research Di Buahbatu Bandung.

Anung Pramudyo. 2012 . Yogyakarta. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Intervening (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Di Yogyakarta).

Christian A.D Selang,. 2013 . Manado. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado.

Danny Alexander Bastian. 2014 . Surabaya. Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia.

Fitri Anggraini,. RuziknaYustina. 2015. Pekanbaru. Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Koran Harian Riau Pos.

Gerry Sasongko. 2014 . Jakarta. Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Service Center Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Nokia Care Center Wilayah Jakarta)

Jimmi Tumpal Mangisi Hasugian,. 2015 Samarinda. Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Telkomsel (Survey Terhadap Pelanggan Telkomsel Di Grapari Samarinda).

Kotler, Philip and Armstrong. 2016 . Principle of Marketing Sixteen Edition. Edisi 16. Pearson.

Marheni Eka Saputri,. Tutut Ratna Pranata,. 2014 . Bandung. Pengaruh Brand Image Terhadap Kesetiaan Pengguna Smartphone Iphone.

Mohamad Ilham Hardiyanto,. 2016 . Surabaya. Pengaruh Harga, Produk, Merek, Dan Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan.

Nur Oktalia Dwine Arwanda,. Hartoyo,. Sri Hartoyo,. 2014 . Bogor. Kepuasan, Citra, Dan Loyalitas Pada Lembaga Pendidikan Tinggi: Kasus Di Akademi XYZ.

Ravita Dwi Yana, Suharyono,. Yusri Abdillah. 2015 . Malang. Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Konsumen Produk Busana Muslim Dian Pelangi Di Malaysia).

Sugiyono, 2015 . Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Yuda Melisa,. 2012. Padang. Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Konsumen Mega Prima Swalayan Payakumbuh.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10387

Flag Counter   Â