Usulan Perbaikan Proses Bisnis dan Standard Operating Procedures Terkait Ruang Kuliah pada Universitas Islam Bandung Menggunakan Metodologi Model-Based And Integrated Process Improvement

Ahmad Farhan Dwi Putra, Rakhmat Ceha, Reni Amaranti

Abstract


Universitas Islam Bandung (UNISBA) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta terkemuka di Bandung yang berdiri pada tahun 1958. Untuk menjaga kualitas layanannya, UNISBA melakukan survey kepuasan mahasiswa satu kali setiap satu (1) semester. Pada survey kepuasan mahasiswa semester genap tahun 2015-2016, terdapat hasil yaitu dari 25 aspek kualitas layanan yang dinilai, hanya 4  aspek (16%) yang dinilai baik dan 16 aspek (64%) diniliai cukup oleh mahasiswa. Pada aspek proses akademik, faktor ruang kuliah adalah faktor yang paling rendah tingkat kepuasannya. Proses akademik merupakan aspek yang utama dalam penyelenggaraan pendidikan, karena proses belajar mengajar yang efektif merupakan hasil utama yang ingin dicapai dalam pendidikan. Dilakukan perancangan proses bisnis terkait fasilitas ruang kuliah. Rancangan yang dilakukan yaitu pada proses pengadaan barang inventaris, aktivitas menemukan barang inventaris yang rusak, diusulkan untuk dilakukan lebih sistematis, yaitu dengan menambahkan job description pada petugas ruang tunggu Dosen untuk melakukan pemeriksaan terhadap fasilitas barang inventaris dan penambahan indikator untuk menentukan barang yang akan dilakukan penggantian dan diajukan pengadaan baru. Pada proses perbaikan dan perawatan gedung perkuliahan, aktivitas mengecek kondisi yang tidak layak disulkan untuk dilakukan dengan indikator untuk menentukan barang yang akan diperbaiki., Penambahan job description juga diusulkan pada petugas ruang tunggu dosen untuk melakukan pemeriksaan terhadap fasilitas gedung perkuliahan.


Keywords


Proses Bisnis, Model-Based and Integrated Process Improvement.

References


Adesola dan Baines, 2005. Developing and evaluating methodology for business process improvement. Business Process Management Journal, Vol. 11 No. 1, hal. 37-46.

Christianti, Meliana dan Saputra, 2013. Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan IDEF0 dengan Studi Kasus Bank X. Jurnal Sistem Informasi, 8 (1), h. 56-57.

Christopher, M., 1998. Logistics and Supply Chain Management: Strategies for Reducing Cost and Improving Service. London: Financial Times Pitman Publishing.

Davenport, T.H., 1993. Process Inovation : Reengineering Work Through Information Technology. Boston, MA: Havard Business Press.

Draft Federal Information Processing Standards Publication, Desember 1993. Integration Definition For Function Modeling (IDEF0), [e-journal]. Tersedia pada: website Integration Definition For Function Modeling (IDEF0), http://www.idef.com/pdf/idef0.pdf [Diakses 27 Februari 2016].

Dyadem Engineering Corporation, 2003. Guidelines for Failure Mode and Effects Analysis, For Automotive, Aerospace and General Manufacturing Industries.

Gaspersz, V, 2012. All-in-one Management Toolbook. Bogor: Tri-Al-Bros Publishing.

Ginting, Rosnani, 2007. Sistem Produksi. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Grusenmeyer, S. D., 2003. Developing Effective Standard Operating Procedures. [pdf] Tersedia pada: https://ecommons.cornell.edu/bitstream/handle/1813/36910/sopsdir.pdf?sequence=1 [Diakses 9 Maret 2016].

Harrington, H. J., 1991. Bussiness Process Improvement: The Breakthrough Strategy for Total Quality, Productivity, and Competitiveness. New York: McGraw-Hill.

Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, 2013. Kebijakan Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Pemerintahan. [pdf] Tersedia pada: < http://birohukum.bappenas.go.id/data/data_presentasi/SOP%20KEBIJAKAN%202013.pdf> [Diakses 18 Maret 2016].

Keyte dan Locher, 2004. The Complete Lean Enterprise: Value Stream Mapping for Administrative and Office Processes. Florida: CRC Press Taylor and Francis Group,.

Laguna, M dan Marklund, J, 2005, Business Process Modeling, Simulation, and Design. Upper Saddle River: Prentice Hall.

Lupiyoadi , Rambat, 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT. Salemba Empat.

Liker, 2006. The Toyota Way. 14 Prinsip Manajemen Dari Perusahaan Manufaktur Terhebat Di Dunia. Erlangga. Jakarta.

Rangkuti, Freddy, 2004a. The Power of Brand. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2006b. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Measuring Customer Satifaction. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Rasmussen, Nils H, 2003. Process Improvement For Effective Budgeting And Financial Reporting. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Saleh, A. R, 2010. Standard Operating Procedure di Perpustakaan Perguruaan Tinggi.[pdf] Tersedia pada: http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/481/jbptunikompp-gdl-sriutamile-24021-1-scanasli.pdf [Diakses 6 Maret 2016].

Stup, Richard, 2001. Standard Operating Procedures : A Writing Guide. Dairy Alliance, . [e-journal] Tersedia pada: http://dairyalliance.psu.edu/pdf/ud011.pdf [Diakses 27 Februari 2016].

Tambunan, Rudi M., 2013. Pedoman Penyusunan Standard Operating Procedures (SOP). Edisi kedua. Jakarta: Maiestas Publishing.

Tjiptono, Fandi, 2001. Kualitas Jasa: Pengukuran, Keterbatasan dan Implikasi Manajerial, majalah Manajemen Usahawan Indonesia. Jakarta.

Universitas Islam Bandung, 2015. Tata Kelola Universitas Islam Bandung. Bandung: Universitas Islam Bandung.

William, Kevin dan Irwansyah K. R., 2013. Prosedur Pemutakhiran SOP Keuangan Siklus Inventory Pada Pt X. [e-journal]. Tersedia pada: website Perpustakaan Universitas Indonesia, http://lib.ui.ac.id/naskahringkas/2015-09/S54670-Kevin%20William [Diakses 27 Februari 2016].

Winata, Sheila V., 2016. Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Pada Chocolab. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1 (1), h. 78.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.8495

Flag Counter    Â