Perancangan Sistem Pengelolaan Kinerja dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Pd. Tenun Iwan

Boyke Mardiansyah Ramadhan, Iyan Bachtiar, Dewi Shofi

Abstract


Abstract. In designing a company performance, a Balanced ScoreCard or commonly called a BSC has two stages, namely the formulation of strategies and planning strategies. BSC also considers non-financial performance, namely customers, internal business processes, and learning and growth. Referring to the problems faced by PD. Weave Iwan. Based on the results of the research and analysis that has been done for the formulation in determining the strategies that will be applied in PD. Weaving Iwan can be summarized as follows: 1) Formulation of trend teaching based on the formulation of PD manager. Weave Iwan. company. 3) Formulation of corporate envisioning, namely the determination of vision, mission, basic beliefs, basic values, and company goals. 4) Formulation of strategy and strategy acquisition will be formulated, namely differentiation strategy and cost leadership. 5) Establishing strategic goals based on the four perspectives referring to the BSC are financial perspective, consumer perspective, prespective of the learning process and perspective and growth.6) The company scorecard design is proposed as an initial stage in employee performance assessment based on a balanced scorecard. Performance Management System Design Using Approach

Balanced Scorecard

 

Keywords : Balance Scorecard, Trendwatching, Envisoning ,Diferensiasi dan Costleadershi  dan Company Scorecard.

 

 

Abstrak. Dalam melakukan perancangan kinerja perusahaan Balanced ScoreCard atau biasa disebut juga BSC mempunyai dua tahapan yakni perumusan strategi dan perencanaan strategi. BSC juga mempertimbangkan kinerja-kinerja non keuangan, yaitu pelanggan, proses internal bisnis, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Mengacu pada permasalahan yang dihadapi oleh PD.Tenun Iwan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan untuk perumusan dalam menetapkan strategi yang akan diterapkan di PD.Tenun Iwan dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 1) Dirumuskanya trendwaching bedasarkan perumusan manager PD.Tenun Iwan.2) Didapatnya Analisis SWOT yakni analaisis ekxternal dan Internal perusahaan.3) Dirumuskanya envisioning perusahaan yakni penetapan visi,misi,keyakinan dasar, nilai dasar, dan tujuan perusahaan.4) Dirumuskanya penetapan strategi dan didapatnya startegi yang akan digunkan yakni strategi diferensiasi dan cost leadership.5) Menetapkan sasaran-sasaran strategi yakni berdasar empat prespektif yang mengacu kedalam BSC yaitu prespektif keuangan, prespektif konsumen, prespekti proses dan prespektif pmbelajaran dan pertumbuhan.6)Diusulkannya rancangan company scorecard sebagai tahap awal dalam penilaian kinerja karyawan berbasis Balanced scorecard.

 

Kata Kunci : Balance Scorecard, Trendwatching, Envisoning ,Diferensiasi dan Costleadershi  dan Company Scorecard.


Keywords


Balance Scorecard, Trendwatching, Envisoning ,Diferensiasi dan Costleadershi dan Company Scorecard.

Full Text:

PDF

References


Gazperz, Vincent. 2003.“Sistem Pengukuran Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard dengan six sigma untuk organisasi pemerintahâ€, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Helfert, Erich A. 1996. “Tehnik Analisis Keuangan: Petunjuk Praktis Untuk Mengelola dan Mengukur Kinerja Perusahaanâ€, Edisi Kedelapan, Erlangga, Jakarta.

Kanter, R.M. 1996 . "The new managerial work", Harvard Business Review 66: pp. 85-92.

Kaplan, Robert. S., & David, P. Norton. 1996.Translating Strategy into Action: The Balanced Scorecard, Harvard Business School Press, USA.

Kaplan, Robert S., and David, P. Norton. 2000. Balanced Scorecard Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Terjemahan, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2003. “Marketing Managementâ€, Eleventh Edition. New Jersey: Person Education, Inc.

Lubis, 2003. Teori Organisasi: Suatu Pendekatan Makro. Jakarta.

Margono, S. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan.: PT. RINEKA CIPTA. Jakarta.

Mulyadi. 2001. “Balanced Scorecard : Alat Manajemen Kontemporer Untuk Pelipatgandaan Kinerja Keuangan Perusahaanâ€, Salemba Empat, Jakarta.

Retnaningsih, Sudarwanti. (2007). Analisis Pengaruh Keadilan Kompensasi, Peran Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Pada Sentral Pengolahan Pos Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Schneiderman, Arthur M. 1998. “Setting Quality Goalsâ€, ASQC,

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. CV. Alfabeta. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.15069

Flag Counter    Â