Aktivitas Humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam Menjalankan Media Internal E-Office

Nurahma Kuntum Rahdiani, M Subur Drajat

Abstract


Penelitian dengan judul Aktivitas Humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam Menjalankan Media Internal E-office adalah sebuah penelitian yang mengangkat tema aktivitas humas dalam memperkenalkan kegiatan kehumasan di perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang aktivitas Humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam Menjalankan Media Internal E-office. Sedangkan kerangka teori yang digunakan yaitu meliputi definisi public relations, fungsi public relations, tugas public relations, kegiatan public relations, media internal dan teori informasi organisasi dan teori hubungan manusia.

Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan pengertian bahwa penelitian ini ingin menggambarkan aktivitas humas dalam menjalankan media internal e-office, sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan studi kepustakaan.Hasil penelitian menggambarkan bahwa penggunaan media internal e-office dapat mempermudah para karyawan untuk memperoleh informasi seputar perusahaan dan dapat melakukan penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak lain dengan cara yang cepat dengan menggunakan system teknologi yang melibatkan media perusahaan dalam bentuk e-office. Selain itu dengan adanya e-office dapat menciptakan hubungan baik antar karyawan dengan atasan, bawahan atau rekan kerja karena e-office memiliki peranan penting bagi setiap karyawan dan pekerjaan humas sangat berkaitan dengan media internal e-office.


Keywords


Aktivitas, Humas, Media Internal

References


Anggoro, M. Linggar. 2008. Teori & Profesi Kehumasan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Effendy, Onong Uchjana. 1993. Human Relations dan Public Relations. Bandung : Penerbit Mandar Maju.

Morisan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Muhammad, Arni. 2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nurrahmawati, Neni Yulianita dan Dadi Ahmadi. 2004. “Pengaruh Kinerja Humas PTS Terhadap Upaya Membantu Aktivitas Promosi Pihak Fakultasâ€. dalam Jurnal Penelitian dan Pengabdian (Sains & Teknologi) Vol. 2, No. 1, 2004 (hal 2)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7124

Flag Counter   Â