Strategi Customer Mix Pikiran Rakyat dalam Meningkatkan Citra Perusahaan

Wina Sorayapratiwi Gunawan, Riza Hernawati

Abstract


Peran Divisi Marketing Communication dalam sebuah perusahaan dianggap penting untuk melakukan proses kegiatan Public Relations, salah satunya yaitu mengenai Customer Mix (bauran konsumen) sebagai upaya memberikan pelayanannya secara prima (service of excellent) kepada para konsumen. Kegiatan Customer Mix tersebut tentunya memerlukan strategi-strategi agar tercapainya tujuan tersebut. Dalam penelitian ini akan membahas mengenai strategi Customer Mix yang dilakukan oleh Divisi Marketing Communication Pikiran Rakyat kepada para konsumennya dalam meningkatkan citra Pikiran Rakyat. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana customer value yang dilakukan oleh divisi Marketing Communication dalam melaksanakan strategi Customer Mix dalam meningkatkan citra Pikiran Rakyat? (2) Bagaimana cost to customer yang dilakukan oleh divisi Marketing Communication dalam melaksanakan strategi Customer Mix dalam meningkatkan citra Pikiran Rakyat? (3) Bagaimana convenient for the customer yang dilakukan oleh divisi Marketing Communication dalam melaksanakan strategi Customer Mix dalam meningkatkan citra Pikiran Rakyat? (4) Bagaimana communication yang dilakukan oleh divisi Marketing Communication dalam melaksanakan strategi Customer Mix dalam meningkatkan citra Pikiran Rakyat? (5) Bagaimana citra Pikiran Rakyat melalui strategi Customer Mix yang dilakukan oleh divisi Marketing Communication?. Metode yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif, dalam hal ini Peneliti menggambarkan kegiatan yang terjadi berdasarkan fakta dan data yang diperoleh melalui wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik penarikan sampel stratified sampling disproporsional, sebanyak 64 responden, serta menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Aspek customer value Marcomm Pikiran Rakyat dinilai rendah oleh customer, (2) Aspek cost to customer Marcomm Pikiran Rakyat dinilai sangat baik oleh customer, (3) Aspek convenient for the customer Marcomm Pikiran Rakyat dinilai sangat baik oleh customer, (4) Aspek communication Marcomm Pikiran Rakyat dinilai baik oleh customer, dan (5) Citra Pikiran Rakyat dinilai baik atau memiliki citra positif.


Keywords


Customer Mix, Marketing Communication, Pikiran Rakyat, Citra Perusahaan

References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Saputra, Romy. 2012. Soyjoy Healthylicious Sebagai Strategi Marketing Public Relations PT. Amerta Indah Otsuka. e-Jurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran Vol. 1 (1), hlm. 6. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=103785&val=1378&title=SOYJOY%20Healthylicious%20sebagai%20Strategi%20Marketing%20Public%20Relations%20PT.%20Amerta%20Indah%20Otsuka

Soemirat, Soleh dan Elvinaro. 2008. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suwandi, Iman Mulyana Dwi. 2010. Citra Perusahaan. https://oeconomicus.files.wordpress.com/2007/07/citra-perusahaan.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7072

Flag Counter   Â