Strategi Community Development yang Dilakukan Oleh Unit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan di PT. Taspen (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Bandung

Khilyatul Auliya, M Subur Drajat

Abstract


Strategi Community Development pada program kemitraan di PT. Taspen (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Bandung merupakan suatu langkah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang disusun senantiasa berorientasi pada pengembangan sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  strategi Community Development yang dilakukan oleh PT. Taspen (Persero) Tbk  KCU Bandung pada program kemitraan dalam rangka memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik Pengumpulan Data yang didapatkan dari penelitian ini dengan menggunakan studi pustaka, studi lapangan yaitu dengan wawancara, dan dokumen. Subjek dalam penelitian ini adalah Unit PKBL di PT. Taspen (Persero) Tbk KCU Bandung,Peneliti mendapat data responden dengan mewawancarai seorang Penanggungjawab di Unit PKBL dan seorang Pelaksana di Unit PKBL. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan, peneliti mengambil kesimpulan bahwa Strategi untuk melakukan kegiatan Community Development diseimbangkan dengan strategi pelaksanaan yang disesuaikan dengan kemampuan dari PT. Taspen (Persero) Tbk KCU Bandung itu sendiri. Strategi Community Development yang dilakukan oleh PT. Taspen (Persero) Tbk KCU Bandung ialah pertama-tama mengkondisikan manajemen. Kedua, mengidentifikasi kebutuhan masyarakat. Ketiga, melakukan sosialisasi Program. Keempat, mendorong sumber daya manusia yang memiliki potensi untuk dikembangkan yang berbasis kegiatan ekonomi. Kelima, program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh PT. Taspen (Persero) Tbk KCU Bandung berporos pada masyarakat. Keenam, program pemberdayaan masyarakat sinergi dengan program pemerintah dan Undang-undang.


Keywords


Strategi, Community Development, Program Kemitraan

References


Alfitri. 2011. Community Development Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Hikmat, Harry. 2013. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora Utama Press

Ife, Jim. & Tesoriero, Frank. 2016. Community Development:Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi.Edisi Ke-3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mardikantoro, Totok. & Soebiato, Poerwoko. 2015. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Cetakan Ketiga. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Mulyana, Deddy. 2001.Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Cetakan Pertama. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Yin, Robert K. 2015.Studi Kasus : Desain dan Motode. Cetakan ke-14. Penerjemah : M. Djauzi Mudzakir. Jakarta: Rajawali Pers.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Cetakan ke-5. Bandung : Pusat Penerbitan Universitas Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung (P2U – LPPM UNISBA)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6908

Flag Counter   Â