IMPRESSION MANAGEMENT MAHASISWA DALAM MEDIA SOSIAL

Talitha Salsabila, M.E Fuady

Abstract


Abstrak

Pokok pembahasan dalam penelitian ini adalah bagaimana mahasiswa Fikom Unisba membentuk citra diri melalui penampilannya di media sosial sebagai panggung depan. Penampilan mahasiswa Fikom Unisba di media sosial ini sangat menarik untuk diteliti karena memiliki perbedaan karakter antara penampilan di panggung depan dengan kehidupan mereka di kampus Fikom Unisba sebagai panggung belakangnya. Melalui impression management berupa penampilan, manner, dan setting di panggung depan akan diperoleh dramaturgi yang menunjang impression management dalam membentuk citra diri mahasiswa Fikom Unisba sebagai seorang model dan fashion stylist professional. Teori yang digunakan  dalam penelitian ini adalah dramaturgi. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode penelitian kualitatif melalui pendekatan dramaturgi. Informan yang diteliti yaitu tiga orang mahasiswa Fikom Unisba dengan karakteristik yang telah ditentukan. Hasil beserta kesimpulan pada penelitian ini yaitu bahwa ketiga informan membentuk citra diri melalui dramaturgi dan impression managemen di media sosial sebagai panggung depannya.

 

Kata Kunci : Pengelolaan Kesan, media sosial, dramaturgi

 

The issue in this study is how Fikom Unisba college students forming self-image through the appearance in social media as the front stage. The appearance of these Fikom Unisba college students in social media is very interesting to study because it has a difference of character between their appearances in the front stage with their life in Fikom Unisba College as the back stage. Through impression management in the form of appearance, manner, and setting in the front stage will be obtained dramaturgy that support the impression management in forming Fikom Unisba college student's self-image as a professional models and fashion stylists. The theory used in this study is the dramaturgy. The method that researchers used is a qualitative research method through dramaturgical approach. Informants studied are three Fikom Unisba college students with predetermined characteristics. The results and conclusions in this study is that the three informants form their self-image through dramaturgy and impression management in social media as the front stage.

 

Keyword : impression management, media sosial, dramaturgi


Keywords


impression management, media sosial, dramaturgi

References


Agustiani, Hendrianti. 2006. Psikologi perkembangan : Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Bandung: Refika Aditama.

Komunikasi, Mediator Jurnal Komunikasi, volume 9 edisi 1. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung, Bandung.

Kuswarno, Engkus. 2009. Fenomenologi. Bandung: Widya Padjajaran.

Kuswarno, Engkus. 2009. Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Widya Padjadjaran.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Nurudin, 2013. Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Komunikasi Baru. Yogyakarta: Buku Litera.

Rakhmat, Jalaludin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.671

Flag Counter   Â