Kegiatan Personal Selling Usaha Waralaba Parfum GUE di Kota Bandung
Abstract
Untuk dapat memasarkan produk kepada konsumen, perusahaan harus menetapkan strategi promosi yang tepat, yaitu mengetahui selera konsumen dan harus dapat menganalisa kebutuhan pasar serta bagaimana perusahaan dapat mengkomunikasikan produk yang dihasilkannya kepada konsumen. Salah satu bauran promosi adalah personal selling. Personal Selling merupakan suatu bentuk promosi yang menggunakan komunikasi langsung yang memungkinkan adanya komunikasi dua arah antara tenaga penjual dengan calon konsumen sehingga penjual harus aktif mendatangi calon konsumen untuk menawarkan produk. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan gabungan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah Parfum GUE, dan narasumber penelitian ini adalah founder Parfum GUE dan franchise Parfum GUE. Hasil dari penelitian ini yaitu Pada kegiatan personal selling, wiraniaga Parfum GUE menjalankan tahapan-tahapan kegiatan personal selling, yaitu melakukan Pendekatan atau interaksi langsung, presentasi, menjawab pertanyaan dan memperoleh pemesanan dari calon konsumen. Dalam menjalankan kegiatan personal selling, wiraniaga Parfum GUE menggunakan Strategi Personal Selling dalam memberikan informasi dan mempromosikan produk Parfum GUE.. Tujuannya supaya masyarakat mengetahui Parfum GUE dan berminat untuk membeli Parfum GUE, serta berminat menjadi franchise dan reseller Parfum GUE.
Kata kunci : personal selling, usaha waralaba, parfum GUE
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.67
  Â