Tanggapan Mahasiswa Mengenai Iklan Layanan Masyarakat di Media Videotron

Anta Reza Ladika, M Subur Drajat

Abstract


Abstract.One of ads is public service announcement. This PSA is ad for social needs. This type of ad is to create or form good government image in front of the public. PSA is intended to provide information and regulations as well as education to public to participate and to perform positive action toward it. Thus, what differentiate commercial ads and  PSA is the purpose and the benefit of it. This research focuses on ‘The Feedback of Students of the Faculty of Communication Bandung Islamic University (Unisba) Force 2013-2014 Concerning Public Service Ads on. Online Integrated Licensing Arrangements in Media Videotron’. Subject of research is PSA on Online Integrated Licensing Arrangements in Media Videotron. The research object is Students of the Faculty of Communication Bandung Islamic University (Unisba) Force 2013-2014. Researcher used descriptive quantitative research methods with the basic theory of AIDA from Kotler and Keller, where researcher is trying to determine the students' responses on public service announcements about online licensing arrangements. If it can make the government's goal to change the form of society that licensing can now be done easily, is reached or not. After its commission research, it was found that the response of the students through four indicators: attention, interest, desire and action on them, Can conclude that the students agree that public service ads on online licensing sucsefully reached government target Because these ads according to respondents already meet all four AIDA's indicators.

Abstrak.Salah satu bagian dari iklan adalah Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bersifat sosial. Keuntungan iklan ini adalah berusaha untuk mendapatkan atau membentuk citra baik pemerintah di tengah masyarakat. Umumnya iklan layanan masyarakat bertujuan memberikan sebuah informasi dan penerapan serta pendidikan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dan bersikap positif terhadap pesan yang disampaikan. Jadi esensi yang membedakan iklan komersil dengan iklan layanan masyarakat terdapat pada tujuan dan keuntungan yang ingin diraih dan diharapkan oleh pengiklan. Adapun perumusan masalah yang dikemukanan adalah: “Bagaimana Tanggapan Mahasiswa Fakultas Komunikasi Universitas Islam Bandung (Unisba) Angkatan 2013-2014 Mengenai Iklan Layanan Masyarakat Pengurusan Perizinan Online Terpadu Di Media Videotronâ€. Subjek penelitiannya adalah Iklan Layanan Masyarakat tentang pengurusan perizinan secara Online yang diiklankan melalui media videotron. Objek penelitian dari penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Komunikasi Universitas Islam Bandung (Unisba) angkatan 2013 dan 2014. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan dasar teori AIDA dari Kotler dan Keller, di mana peneliti mencoba untuk mengetahui nagaimana tanggapan para mahasiswa terhadap iklan layanan masyarakat tentang pengurusan perizinan secara online ini. Apakah iklan tersebut dapat membuat tujuan pemerintah yaitu mengubah benak masyarakat bahwa pengurusan perizinan sekarang dapat dilakukan dengan mudah, tercapai atau tidak. Setelah diakukannya penelitian, ditemukan kesimpulam bahwa; tanggapan para mahasiswa melaui keempat indikator yaitu perhatian, ketertarikan, keinginan dan tindakan terhadap iklan tersebut. Dapat simpulkan bahwa para mahasiswa setuju bahwa iklan layanan masyarakat pengurusan perizinan secara online ini dapat membuat tujuan pemertinah tercapai. Karena iklan tersebut menurut responden dirasa sudah memenuhi keempat indikator AIDA dengan baik.


Keywords


Feedback, Public Service Ads, AIDA

References


Dunn dan Barban, 2007. Pengantar Periklana. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Lee, Monle dan Carla Johnson. 2007. Prinsip-Prinsip Periklanan Dalam Perspektif Global. Diterjemahkan oleh Haris Munandar dan Dudi Priatna. Jakarta: Kencana Prenada Media

Saladin, Djaslim. 2003. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Cetakan Ketiga. Bandung: Linda Karya.

Kasali, Rhenald. 2007. Manajemen Periklanan, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyana, Dedy, 2000. Ilmu Komunikasi, Pengantar. Bandung : Remaja Rosadakarya

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1.

Jakarta: Salemba Humanika

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori & Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kotler, Philip dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5153

Flag Counter   Â