Hubungan Antara Kegiatan Customer Relations Agen Tupperware dengan Kepuasan Pelanggan

Hasti Dewi Suherman, Dadi Ahmadi

Abstract


Abstract.The business community is not only entrusted to provide qualified products to the customer, but also act as a company discover ways to provide value before, during and after selling product or services towards the customer’s life. A business entreprise require a customer relations to maintain good relationship and gain positive feedback for the company. It is why, the research attempts to research and identify the relationship between the internal activity of Tupperware customer relations with its customer satisfaction. The object in this research is the customer relations activity of Tupperware agent with customer satisfaction. Research conforms to simple correlation approach with 4R concept according to Barnes which is relationship, retention, referrals and recovery with customer satisfaction theory from Philip Kotler as dependent variable. On this research, the research applies correlational quantitative method, where the researcher attempts to elaborate structured relationship between two variables with observation to the impact and cause. Research samples are selected with saturation sampling technique and 52 respondents. Based on results of reliability test and research analysis, customer relations activity of Tupperware agent has indicated the satisfaction elements with customer satisfaction such as the existence of relationship, cohesiveness, recommendation and recovery with members in Party activity.

Abstrak.Dalam dunia bisnis tidak hanya menyediakan produk-produk yang berkualitas kepada pelanggan, tetapi juga bagaimana perusahaan menemukan cara untuk memberi nilai ke dalam kehidupan pelanggan sebelum, selama dan sesudah menjual produk atau jasa kepadanya. Sebuah perusahaan bisnis memerlukan seorang Customer relations untuk tetap menjaga hubungan baik agar mendapatkan feedback positif bagi perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha meneliti dan mengetahui adakah hubungan antara internal kegiatan customer relations tupperware dengan kepuasan pelanggannya. Objek dalam penelitian ini  adalah kegiatan customer relations agen tupperware dengan membina hubungan baik dengan pelanggannya. Pendekatan yang digunakan adalah menggunakan korelasi sederhana dengan konsep 4R menurut Barnes yaitu, relationship, retention, referrals dan recovery dengan teori kepuasan pelanggan dari Philip Kotler sebagai variabel terikat. Metode yang digunakan kuantitatif korelasional, dimana peneliti berusaha memaparkan hubungan tingkat antar dua variabel dengan cara mendasarkan pengamatan terhadap akibat yang terjadi yang mungkin menjadi penyebabnya. Sampel penelitian dipilih dengan teknik sampling jenuh yang menghasilkan 52 orang sebagai responden. Berdasarkan hasil uji reliabilitas dan analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara customer relations agen tupperware dengan kepuasan pelanggan telah memenuhi unsur kepuasan seperti dalam aspek adanya hubungan, ketahanan, perekomedasian dan pemulihan dengan member dalam kegiatan Party.


Keywords


Customer Relations, Tupperware, Customer Satisfaction

References


Ardianto, Elvinaro dan Soemirat, Soleh. 2003. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Barnes, James G., 2003. Secret of Customer Relationship Management, Alih Bahasa Andreas Winardi. Yogyakarta : Andi.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu komunikasi Teori dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Jefkins, Frank. 1995. Public Relations. Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama.

Kotler, P., Keller K,. L. 1997. Manajemen Pemasaran, Edisi Revisi Jilid 1. Jakarta : PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2010. Principles of Marketing (Edisi 13). Jakarta : PT. Prenhallindo.

Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. 2008. Metode Penelitian Public Relations dan komunikasi. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar – Dasar Public Relations. Fakultas Ilmu Komunikasi Unisba.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5148

Flag Counter   Â