Hubungan Terpaan Media Iklan dengan Keputusan Masyarakat Mendaftarkan Anggota BPJS Kesehatan

Putri Fadhila, Ani Yuningsih

Abstract


Abstract.BPJS Kesehatan is national healt insurance that apply on 1st January 2014. The socialization of BPJS Kesehatan that happen an two year, are still unable to withdraw all the society to participate become a member of BPJS Kesehatan. Moreover, many reporting in the media that report complaining of BPJS Kesehatan society. The government needs to provide clear information on the BPJS Kesehatan advertising such as television. Television is one of the media that offer people use to gain on information or entertainment. The purpose of this research is to know how much relationship between media exposure advertisement media of BPJS Kesehatan on  television with the decision of Tanjungsari villager to register as a member of BPJS Kesehatan. This research using the theory media exposure and AIDDA. Respondens in this research are the villagers of Tanjungsari as many as 74 people using a technique the withdrawal of technique (Cluster Randon Sampling). Media exposure of the media as variable (x) measure (frequency, duration, attractiveness, and clarity message), and variable (y) referring to the theory AIDDA which are (attention, interest, desire, decision, action). The methodology that used to this  research is a method of surveying by using poll and adopting both of correlational study. Data analysis technique calculated by using formulas correlation rank order (Spearmen‘s Rho) 23. The result of this research is there was no correlation between the frequency with decision about become a member of BPJS Kesehatan. However the duration, attractions and clarity message get the result significant correlation by decisions about sign up to be a member of bpjs kesehatan

Abstrak.BPJS Kesehatan adalah Jaminan Kesehatan Nasional yang diberlakukan sejak tanggal 1 Januari 2014. Sosialisasi BPJS Kesehatan yang berjalan hampir 2 tahun ini, masih belum bisa menarik seluruh masyarakat untuk ikut serta menjadi anggota BPJS Kesehatan. Disamping itu, banyak pemberitaan-pemberitaan di media yang menayangkan keluhan-keluhan masyarakat tentang BPJS Kesehatan. Maka pemerintah perlu memberikan sosialisasi yang jelas tentang BPJS Kesehatan berupa iklan di televisi. Televisi adalah salah  satu media yang lebih banyak orang gunakan untuk mendapatkan informasi atau hiburan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara terpaan media iklan BPJS Kesehatan di televisi dengan keputusan warga Desa Tanjungsari mendaftarkan anggota BPJS Kesehatan. Penelitian ini menggunakan teori terpaan media dan AIDDA. Responden dalam penelitian ini adalah warga Desa Tanjungsari RW.02 sebanyak 74 orang dengan menggunakan teknik penarikan sampel Teknik acak berkelompok (Cluster Random Sampling). Terpaan media sebagai variabel (x) mengukur (frekuensi, durasi, daya tarik,dan  kejelasan pesan), dan variabel (y) yang mengacu pada teori AIDDA yaitu (Attention, Interest, Desire, Decision, Action). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan angket dan menggunakan pendekatan penelitian korelasional. Teknik analisis data dihitung dengan menggunakan rumus korelasi rank-order (Spearmen’s Rho) 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara Frekuensi menonton iklan di televisi dengan keputusan masyarakat mendaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan. Namun terdapat hubungan antara Durasi, Daya tarik dan Kejelasan Pesan dan hasil korelasi menunjukan signifikan dengan keputusan masyarakat mendaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan 


Keywords


Media Exposure , Socialization , Advertising , Television , BPJS Kesehatan , Decision.

References


Ardianto, Elvinaro. Lukiati, dan Karlinah, Siti. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

M. Suyanto, 2005. Strategi Perencanaan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Penerbit Andi

Morissan, 2010. Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Rakhmat, Jalaludin, 2005. Metode Penelitian Komunikasi, Bandung. PT. Remaja

Rosdakarya.

Widyatama, Rendra. 2007. Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5108

Flag Counter   Â