Citra Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda di kalangan Wisatawan Domestik

Andra Gustian Pratama, Oji Kurniadi

Abstract


Abstract.This Research is called “Image Of Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Among Domestic Touristsâ€, which aims to see how the image in domestic tourist mind about Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda as a tour destination. The reason of the selection image of Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda as an object research is because increases the number of tourists of Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda that is improving every years, and the development did not only as a conservation of nature, but also as a tour destination that visited by a lot of people. The Method that used is descriptive quantitative method. Data gathering techniques in the form of research poll with 100 respondents, interview with the central management of Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, and also the study literature that relevant to this research. A basis theory in this research is the image theory, where the indicator of image consisting of four aspects, that is cognition, perception, motivation, and attitude. With regard to the result of research are experience domestic tourists is high, also perception tourists to Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda tended to be positive, for motivation tourists to Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda considered high, and last, attitude tourists to Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda tending to good. In the result of the overall image of Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda among domestic tourists in the good or positive grade.

Abstrak.Penelitian ini berjudul “Citra Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda di Kalangan Wisatawan Domestikâ€, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana Citra yang terdapat dibenak wisatawan domestik terhadap Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda sebagai suatu destinasi wisata. Alasan pemilihan Citra Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda sebagai objek penelitian karena perkembangan jumlah wisatawan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang kian meningkat setiap tahunnya, dan perkembangannya kini sebagai suatu destinasi wisata yang ramai dikunjungi. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya yaitu berupa angket penelitian dengan 100 orang responden, wawancara dengan pihak Balai Pengelola Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, ditambah dengan studi kepustakaan yang relevan dengan penelitian ini. Teori yang menjadi landasan dalam penelitian ini ialah teori pembentukan citra yang terdiri dari empat aspek, yaitu kognisi, persepsi, motivasi, dan sikap. Untuk hasil dari penelitian ini diantaranya pengalaman wisatawan domestik tergolong tinggi, juga persepsi wisatawan terhadap Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda cenderung positif, selanjutnya Motivasi wisatawan terhadap Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda dinilai tinggi, dan terakhir, sikap wisatawan terhadap Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda cenderung baik. Secara hasil keseluruhan, citra Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda di kalangan wisatawan domestik tergolong Baik atau Positif. 


Keywords


Image, Tour Destination, Domestic Tourist.

References


Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations.

Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Cooper, John Fketcher, David Gilbert and Stephen Wanhill. 1995. Tourism,

Principles and Practice. London: Logman.

Gerungan, W.A. 1996. Psikologi Sosial. Bandung. Eresco

Krisyantono, Rachmat. 2010. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Cetakan ke-6.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Mitchell, T. R. 1997. Research in Organizational Behavior. Greenwich, CT: JAI

Press.

Moleong, Lexy J. 2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Cetakan

ke-28. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Pendit. Nyoman S. 1994. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar. Perdana. Jakarta.

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ruslan, Rosady. 2008. Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi.

Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sunarjo, Djoenaesih S. 1997. Opini Publik. Yogyakarta: Liberty Offset.

Yoeti, A. OKA. 1982. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.

Yulianita. Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations, Pusat Penelitian Universitas

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung (P2U – LPPM UNISBA)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4576

Flag Counter   Â