Hubungan antara Public Relations Management By Objective ( PR-MBO ) dengan Kinerja Karyawan di PT. Ciptamedia Kreasi Mandiri

Risca Ristantia Ambari, Ani Yuningsih

Abstract


Abstract.Thesis by Risca Ristantia Ambari, 2016, Title: The Relationship between The Implementation of Public Relations Management by Objective with Employee’s Performance at PT. Ciptamedia Kreasi Mandiri. Supervisor: Dr. Hj. Ani Yuningsih Dra., M.Si.Management by objective (MBO) and Employee’s Performance is one way to manage and establish an objective goal-oriented management to make a Company which done well in its work. In previous studies noted that employee’s motivation is influenced by MBO. The formulation of the problem in this research is if there is a Relationship between a Public Relations Management by Objective with Employee Performance in PT.Ciptamedia Creative Mandiri . This study aims to determine the Relationship Between Implementation of Public Relations Management by Objective with Employee’s Performance in PT.Ciptamedia Kreasi Mandiri. The company is engaged in the Exhibition, Show (Entertainment), and Advertising.This research uses quantitative research method where there are two variables, PR and MBO as independent variables and employee performance as the dependent variable. Using several source of data such as primary, secondary, and sample population data. This research also helped by correlation and data collection methods by spreading questionnaire, observation and documentation.This study concluded that H0 is Denied, means that there is a relationship between the Implementation of Public Relations Management by Objective with Employee’s Performance at PT. Ciptamedia Kreasi Mandiri. There are four aspects of MBO in the process of employee’s performance or activities of the employee in the company. There are the Determination of Interest (X1), Developing Action Plans (X2), Monitoring Progress (X3), Performance Assessment (X4) gives the effect of 78.30% of the employee performance (Y) and the remaining 21.70% are influenced by other variables that are not described in this study.

Abstrak.skripsi oleh Risca Ristantia Ambari, 2016, Judul: Hubungan antara Penerapan Public Relations Management by Objective dengan Kinerja Karyawan Di PT. Ciptamedia Kreasi Mandiri. Pembimbing: Dr. Hj. Ani Yuningsih Dra., M.Si. Manajemen by objective (MBO) dan Kinerja Karyawan merupakan salah satu cara untuk mengelola serta membentuk suatu manajemen berorientasi sasaran yang objekif untuk menjadikan perusahaan yang baik dalam bekerja . Dalam penelitian terdahulu disebutkan bahwa motivasi kerja karyawan dipengaruhi oleh MBO. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat Hubungan Antara Penerapan Public Relations Management by Objective dengan Kinerja Karyawan di PT.Ciptamedia Kreasi Mandiri?.Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Hubungan Antara Penerapan Public Relations Management by Objective dengan Kinerja Karyawan di PT.Ciptamedia Kreasi Mandiri. Perusahaan ini bergerak di bidang Penyelenggara Pameran (Exhibition), Pertunjukan (Entertainment), dan Periklanan (Advertising). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif di mana terdapat dua variabel yaitu PR dan MBO dan sebagai variabel bebas (independent) dan kinerja karyawan sebagai variabel terikat (dependent), dengan menggunakan sumber data diantaranya data primer, sekunder, populasi dan sampel. Menggunakan metode korelasional dan pengumpulan data yang digunakan yaitu menyebar angket (kuisioner), observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpukan bahwa H_0 = Ditolak, Artinya terdapat Hubungan antara Penerapan Public Relations Management by Objective dengan Kinerja Karyawan Di PT. Ciptamedia Kreasi Mandiriterdapat 4 (empat) aspek MBO dalam proses kinerja karyawan atau kegiatan yang dilakukan karyawan di perusahaan tersebut yaitu dalam Penetapan Tujuan (X1), Mengembangkan Rencana Aksi (X2), Pemantauan Kemajuan (X3), Penilaian Kinerja (X4) memberikan pengaruh sebesar 78,30% terhadap Kinerja Karyawan (Y) dan sisanya sebanyak 21,70% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.


Keywords


Public Relations, Management by Objectives, Employee’s Performance

References


PT. Ciptamedia Kreasi Mandiri

Sumber dari buku :

- Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations: Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

- Dharma, Surya, MPA.2013. Manajemen Kinerja: Falsafah Teori dan Penerapannya .Yogyakarta: Pustaka Pelajar

- Harold Koontz,Cyril O’Donnel, Heinz Weihrich. 1996. Management, Eighth Edition. Jakarta: Erlangga

- Handoko, T. Hani. 1989. Manajemen Edisi II. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

- Mulyana, Deddy. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

- Nazir, Moh Ph.D. 1998 .Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

- Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi.Jakarta:PT RajaGrafindo Persada

- Yulianita, Prof.Dr.Neni, Hajjah. 2012 .Dasar – Dasar Public Relations. Bandung: P2uLppm Unisba

- Siegel, Sidney.2011. Statistik Nonparametrik: untuk ilmu- ilmu social. Jakarta: Gramedia

- Sendjaja, 1994, Teori-Teori Komunikasi, Universitas Terbuka

Sumber dari Internet :

- Anwar Nuris, 2010: “Implementasi Management by Objectives (MBO) dalam Proses Pengambilan Keputusan di MTs Negeri 3 Surabaya.†Surabaya.Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel.

- “Landasan Teori†http://liberary.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2011-2-01172-MC%20Bab2001.pdf. Tanggal Akses 5 Maret 2016, pk. 19.40 WIB

- http://www.distrodoc.com/274580-pengaruh-management-by-objective-mbo-dan-penerapan-prinsip.Tanggal Akses 5 April 2016, pk. 19.18 WIB

- http://prabawaticahyaningrum.blogspot.co.id/2014/04/management-by-objectives-mbo_5.html. 5 Maret 2016, pk. 19.10

- http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=49791. 6 Maret 2016, pk. 10.04

- http://hablilkikiberbagiilmu.blogspot.co.id/2011/09/contoh-proposal-skripsi-bab-i-sd-bab.html. 5 April 2016, pk. 11.16

- http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/734. 6 April 2016, pk. 13.26

- Rumiah,2012.â€Pengaruh Management By Objective (Mbo) Dan Penerapan Prinsip Syari’ah Terhadap Kinerja Karyawan:. Study Kasus Pada UJKS Surya Amanah Di Mijen†Semarang:Institut Agama Islam Negeri Walisongo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4424

Flag Counter   Â