Kajian Birokrasi Organisasi Savoy Homan Bidakara Hotel

Yessi Octaviani Suparba, Wulan Trigartanti

Abstract


ABSTRACT

Savoy Homann Bidakara Hotel is one of landmark in Bandung which has owned a good management system since a long time ago. This is proven by the persistence of the good name of the hotel for more than 100 years. In running the business, Savoy Homann Bidakara Hotel has a clear and efficient organization structure. This is one of the classic organizational communication practices that has been developed since 1948, named Theory of Bureaucratic Organization. However, the application of this theory is rarely recognized by its practitioners since the business owners assume that what they do is common things occurred within an organization. This study aims to find out how this bureaucratic organization is applied in a company, especially in the Public Relations Department. The study uses qualitative descriptive methods. The main data is obtained by conducting interviews with the public relation officers of Savoy Homann Bidakara Hotel; and by conducting observation as well as literature review as the secondary data. The results show that the main authority of public relation is to have coordination with the other departments. In addition, the job descriptions of Savoy Homann Bidakara Hotel public relations are focused on the information deployment and promotion. Finally, the communications regulatory practices conducted by the Savoy Homann Hotel Bidakara PR are more focused on upward communication as the job evaluation step.

Keyword: Public Relations, Hospitality, Bureaucratic Organization, Organizational Communication.

Abstrak. Savoy Homann Bidakara Hotel merupakan salah satu landmark kota Bandung yang sejak dahulu kala memiliki sistem manajemen yang baik. Terbukti dengan bertahannya nama baik hotel tersebut selama lebih dari 100 tahun. Dalam menjalankan bisnisnya, Savoy Homann Bidakara Hotel tentu memiliki struktur organisasi perusahaan yang jelas dan efisien. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk praktik teori komunikasi organisasi klasik yang berkembang sejak tahun 1948 bernama Teori Birokrasi Organisasi. Namun, praktik dari teori ini jarang disadari oleh para praktisinya karena para pemilik usaha menganggap bahwa praktik yang sebetulnya mereka lakukan adalah hal yang lumrah terjadi dalam sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebetulnya Birokrasi Organisasi diterapkan dalam sebuah perusahaan, terutama divisi Public Relations. Dengan menggunakan metodologi Deskriptif dan pengumpulan data Kualitatif. Data primer yang digunakan adalah Wawancara kepada Public Relations Officer dari Savoy Homann Bidakara Hotel dibantu dengan data sekunder Observasi dan Studi literatur. Dalam penelitian ini, peneliti menjabarkan bahwa kewenangan utama seorang public relations adalah koordinasi dengan berbagai departemen. Job Description yang dimiliki public relations Savoy Homann Bidakara Hotel berfokus pada penyebaran informasi dan promosi. Praktik regulasi komunikasi yang dilakukan oleh PR Savoy Homann Bidakara Hotel lebih berfokus pada komunikasi ke atas sebagai langkah evaluasi pekerjaannya.

Kata kunci : Public Relations, Perhotelan, Birokrasi Organisasi, Komunikasi Organisasi


References


DAFTAR PUSTAKA

Ardianto, Elvinaro. 2010. Handbook of Public Relations: Pengatar Komprehensif. Simbiosa Rekatama. Bandung

Butterick, Keith. 2012. Pengantar Public Relations Teori dan Praktik. Rajagrafindo Persada. Jakarta

Gaffar, Vanessa. 2007. CRM dan MPR Hotel. Alfabeta. Bandung

Kriyanto, Rachmat. 2006. Riset Komunikasi. Kencana. Jakarta

Morissan, Teori Komunikasi Organisasi, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2009

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Remaja Rosdakarya. Bandung

Romli, Khomsahrial. 2014. Komunikasi Organisasi Lengkap. Grasindo. Jakarta, 2014

Soemirat, Soleh & Ardianto, Elvinaro. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Remaja Rodakarya. Bandung

Pace, Wayne & Faules, Don F. 2010. Komunikasi Organisasi, Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Remaja Rosdakarya. Bandung

Yulianita, Neni, Dasar-Dasar Public Relations, P2U-LPPM UNISBA, Bandung, 2007




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.44

Flag Counter   Â