Program Gempungan sebagai Strategi Pelayanan Publik

Mayang Anjas Sesari

Abstract


Abstract.This research is based on services public activities in the form of government programs named â€gempungan†or that defined in indonesian language as “musyawarahâ€. Deliberation here involve the functionary of Purwakarta Regency’s government and the villagers in Purwakarta Regency. These programs have done routinely every sunday and attended directly by the regant of Purwakarta and staff and functionary of Purwakarta Regency. Deliberation on “Gempungan†program talks about the society’s problem and how to solve it, it related to agriculture aspects, health aspects, education aspects and so many more. But, the background of the “Gempungan†program is not clear yet, so how the implementation and the impact that appear  as a result from that program still need to be researched. Therefore the researcher wants to do a research about the background, implementation. And the impact of “Gempungan†program.  The research is using a descriptive method with Positivisme paradigm. Descriptive method emphasize to the observation and natural atmosphere (natural setting).  Researcher go directly to the field, take a step as a observer (Ardianto. 2010 : 60). The sources are from the functionary of  public relation of  Purwakarta regency and some of the people that get involved in purposive sampling. The technique of collecting data in this research are interview, observation, and documentation as long as library research. The result of the research shows that the public service strategy in the Gempungan program form has done well, although still has some problems. Gempungan program going well and attracted the society’s interest because of the strategy that gain benefit. Strategy to increase people’s participation in gempungan program that is a daily needs, pro-active services, and free services. 

Abstrak.Penelitian ini dilandasi dari kegiatan pelayanan public dalam bentuk program pemerintahan bernama “Gempungan†atau yang diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu “Musyawarahâ€. Musyawarah disini melibatkan antara pejabat pemerintahan Kabupaten Purwakarta dengan warga desa-desa di Kabupaten Purwakarta. Program tersebut telah dilakukan secara rutin setiap minggu dan dihadiri langsung oleh Bupati Purwakarta beserta staff dan pejabat Pemerintahan Kabupaten Purwakarta. Musyawarah dalam program “Gempungan†ini membahas mengenai permasalahan masyarakat dan bagaimana penyelesaiannya, hal tersebut menyangkut aspek pertanian, kesehatan, pendidikan, dan masih banyak lagi. Namun demikian, latar belakangan dari program “Gempungan†tersebut masih belum jelas, lalu bagaimana pelaksanaan dan dampak yang timbul akibat dari program tersebut masih perlu untuk diteliti. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti mengenai latar belakang, pelaksanaan, dan dampak dari program “Gempungan†tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Metode penelitian studi Desktiptif dengan paradigma Positivisme. Metode Deskriptif menitikberatkan pada observasi dan suasana alamiah (natural setting). Peneliti terjun langsung ke lapangan, bertindak sebagai pengamat (Ardianto. 2010 : 60). Informannya terdiri dari pejabat humas pemerintah kabupaten purwakarta dan beberapa masyarakat yang terlibat dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi serta penelitian kepustakaan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa strategi pelayanan publik dalam bentuk program Gempungan sudah sangat baik dilakukan, meskipun masih ada kendala. Program Gempungan berjalan dengan baik dan menarik minat masyarakat karena strateginya yang sangat menguntungkan. Strategi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Program Gempungan yaitu sembako, pelayanan jemput bola, dan pelayanan gratis.


Keywords


Gempungan Program, public relation of government, purwakarta regency.

References


Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan

Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Moenir. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Morissan. 2009. Teori Komunikasi Organisasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sinambela, L.P. 2010. Reformasi Pelayanan Publik; Teori, Kebijakan dan

Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4036

Flag Counter   Â