Pengemasan Informasi Website Tentang Bahaya Kantong Plastik

Zharavina Idzni Hapsari, Nova Yuliati

Abstract


Abstract.A website’s main attraction is its message or content. Content is reflected by information available through electronic media or its products. Content is King, and its value will amount to nothing without it, despite the quality of web from design graphic perspective. As a tool, information has a devastating potential if properly distributed and exposed. It is why, that in order to ease the acceptance and understanding, therefore the information is packaged based on its quality in website. The topic in this article is “ Study on Website Information Packaging on the Danger of Plastic Bag.†This research intends to identify and analyze content quality, content availability and website consistency of dietkantongplastik.info in providing information regarding the danger of plastic bag. On another side, the research method chosen pertains to descriptive quantitative method. The population and respondent sample derives from IT website team of dietkantongplastik.info. The venue of research is located at GIDKP office, Bandung, Tikukur Street No 6, Bandung. Research data sheds light that the content presentation in dietkantongplastik.info website refers to the established major theme which is plastic bag diet, by considering the website message content quality comprised of clarity, accuracy, factuality and immediacy of message content. Then by considering the availability aspect of message content, it branches into informative and appealing message. Then lastly, the website also balances the consistency aspect of message content, comprised of theme based message content and illustrated message content

Abstrak.Sebuah website yang paling utama adalah isi pesan atau konten. Konten adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik  Content is King, sebagus apapun halaman secara desain grafis, tanpa konten yang berguna dan bermanfaat akan bernilai nol. Pendistribusian informasi melalui website bertujuan agar pengguna menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam mengakses informasi yang disebarkan. Informasi memiliki kekuatan yang dahsyat apabila informasi yang disebarkan dapat dipahami dengan baik, maka dari itu diperlukan kegiatan pengemasan informasi. Pengemasan informasi adalah memilih informasi yang sesuai, dan memproses ulang informasi tersebut dalam sebuah bentuk yang benar-benar dapat dipahami. Agar informasi mudah diterima dan dipahami di dalam website maka informasi dapat dikemas sesuai kualitas informasi di dalam website. Adapun perumusan masalah dari penulisan ini adalah “Bagaimana Pengemasan Informasi Website Tentang Bahaya Kantong Plastik?â€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kualitas isi, ketersediaan isi dan konsistensi ini website dietkantongplastik.info dalam memberikan informasi tentang bahaya kantong plastik. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Untuk populasi dan sampel yang dijadikan sebagai responden adalah tim IT website dietkantongplastik.info. penelitian dilakukan di Kantor GIDKP Bandung, Jalan Tikukur no 6 Bandung. Berdasarkan data-data penelitian, penyajian isi informasi dalam website dietkantongplastik.info berdasarkan tema besar yang sudah ditentukan yaitu diet kantong plastic, dengan  mempertimbangkan aspek kualitas isi pesan website yang terdiri dari kejelasan, keakuratan, kelengkapan, kefaktualan dan keaktualan isi pesan. Lalu mempertimbangkan aspek ketersediaan isi pesan yang terdiri dari isi pesan yang informatif dan isi pesan yang menarik. Dan yang terakhir mempertimbangkan aspek konsitensi isi pesan yang terdiri dari konsistensi isi pesan dengan tema dan konsisten antara isi pesan dengan gambar.


Keywords


packaging, information, website, content

References


Effendy, Onong Uchjana, 1995. Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosada Karya.

___________. 1996. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosada Karya.

Holtz, Shel. 1999. Public Relations On The Net. United States of America. Amacom

Suryawati, Indah. 2011. Jurnalistik Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.

Koeswara, E. 1998. Dinamika Komunikasi dalam Era Globalisasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Krisyantono, Rachmat. 2009. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Magdalena, Eva. 2000. Cakrawala Baru dalam Berinternet. Jakarta: Ghalia

Moekjijat. 1993. Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Madar Maju.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi, Bandung: Simbiosa.

Sankarto, Bambang S. 2008. Pedoman Pengemasan Informasi. Jakarta: Departemen Pertanian




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3940

Flag Counter   Â