Penerapan Human Relations dalam Memotivasi Kerja Pegawai pada PT. Batik Danar Hadi

Indri Sari, Rizky Fauzi

Abstract


Abstract. This study aims to determine the application of Human Relations in employee motivation at PT. Danar Hadi Batik. The type of research used is descriptive qualitative, with the basis of research using case study methods. The writing describes the state of the object of research based on the object of this research based on the existing facts. The data collection technique is an in-depth interview. In an effort to increase employee work motivation, the Human Relations Principle is used, which is applied by the leadership to motivate employees with the leadership caring about the interests of employees, the leadership respects employees/subordinates, the leadership prioritizes common interests, openness in employees/subordinates in all matters related to work, praise leadership towards employees and employee rights are considered by the leadership. The results of this study indicate that Human Relations in improving employee performance is based on several points, namely, employees/employees work according to procedures, motivated employees are disciplined to come on time, employees are motivated to achieve company goals, employees are motivated to complete work on time and there are rewards from superiors who improve employee performance. Thus, there are obstacles faced by Human Relations in improving employee performance, namely, working conditions that have not provided a comfortable physical working environment, and inadequate equipment or work facilities and infrastructure that affect the effectiveness, efficiency and job satisfaction of employees and the inability of subordinates. initiate communication with the leadership because employees feel reluctant to the leader.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Human Relations dalam motivasi kerja pegawai di PT. Batik Danar Hadi. Tipe penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif, dengan dasar penelitian menggunakan metode studi kasus. Penulisan menggambarkan keadaan objek penelitian bedasarkan objek penelitian ini berdasarkan fakta yang ada. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam. upaya meningkatkan motivasi kerja karyawan, namun penerapannya belum maksimal.  Konsep yang digunakan Prinsip Human Relations, yang di terapkan oleh pimpinan untuk memotivasi pegawai dengan pimpinan memperdulikan kepentingan pegawai, pimpinan menghargai karyawan/bawahan, pimpinan sangat mengutamakan kepentingan bersama, keterbukaan  dalam karyawan/bawahan segala hal terkait dengan pekerjaan, pujian pimpinan terhadap karyawan dan hak pegawai diperhatikan oleh pimpinan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Human Relations dalam memotivasi dapat meningkatkan kinerja pegawai, yaitu pegawai/karyawan bekerja sesuai prosedur, pegawai termotivasi disiplin datang tepat waktu, pegawai termotivasi mencapai tujuan perusahaan, pegawai termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan adanya  reward  dari  pimpinan  yang membuat kinerja pegawai akan meningkat. Sehingga, ada kendala yang dihadapi Human Relations  dalam meningkatkan  kinerja  pegawai  yaitu, kondisi kerja yang belum menyuguhkan kondisi fisik lingkungan kerja yang nyaman, serta tidak memadainya alat perlengkapan atau sarana dan prasarana kerja yang berpengaruh pada efektifitas, efisiensi dan kepuasan kerja karyawan dan ketidak mampuan bawahan memulai komunikasi  dengan  pimpinan karena  pegawai merasa segan terhadap pimpinannya.


Keywords


Public Relations, Motivasi, Karyawan, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Amrullah, M. N. (2013). Pentingnya Human Relations Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Burgin, B. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Raja Grafindo Persada.

Erliana, H. (2014). Komunikasi Pemerintahan. In Jurnal Komunikasi Pemerintahan. PT. Refika Aditama.

Fitriani. (2016). Analisis Jaringan Komunikasi Informal " Adidas Team " Di PT. Damco Indonesia Jakarta Pusat. Jurnal Visi Komunikasi, 15(02), 275–285.

Gora, R. (2019). Riset Kualitatif Public Relations. Jakad Publishing Surabaya.

Hartatik, I. P. (2014). Praktis Mengembangkan SDM. Laksana.

Kriyantono, R. (2016). Teknik Praktisi Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktisi Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana.

Makbul. (2017). PENERAPAN HUMAN RELATIONS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA DI PT. BANK BUKOPIN WISMA KALLA MAKASSAR. Al-Qisthi (Jurnal Sosial Dan Politik, VII(2), 203–224.

Moleong, L. J. (2006). metodologi penelitian kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Relations, P. H., Redaksi, P., & Kerja, M. (2019). Pentingnya Human Relations Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai. 6(2), 357–370.

rulina, poppy. (2016). komunikasi organisasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Sadarmayanti. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Refika Aditama.

Sulaiman, A. I. (2013). Model Komunikasi Formal dan Informal dalam Proses Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 16(2), 173–188. https://doi.org/10.20422/jpk.v16i2.38

Tunggadewi, H. (2015). Bauran Komunikasi Pemasaran dan Keputusan Membeli.

Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM RANGKA PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA UNTUK MENJADI WARGA NEGARA YANG BAIK DI SMA KORPRI BANJARMASIN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11), 963–970.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31756

Flag Counter   Â