Impression Management Seorang Selebgram sebagai Eksistensi Diri melalui Media Sosial Instagram

Fany Ariani, Wulan Trigartanti

Abstract


Pokok bahasan dalam penelitian ini mengenai impression management seorang selebriti di media sosial Instagram atau yang lebih dikenal dengan selebgram. Peneliti mengungkap komponen-komponen apa saja yang dipersiapkan oleh seorang selebgram agar tetap eksis di media sosial Instagram. Impression management yang mereka lakukan sangat menarik untuk diteliti karena memiliki perbedaan karakter antara penampilan di panggung depan dengan kehidupan nyata mereka di panggung belakang. Melalui dramaturgi berupa appeareance, manner, dan setting di panggung depan akan diperoleh impression management dalam membentuk citra sesuai dengan apa yang diinginkan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dramaturgi. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode penelitian kualitatif melalui pendekatan dramaturgi. Informan yang diteliti yaitu tiga selebgram dengan karakteristik yang telah ditentukan. 


Keywords


pengelolaan kesan, selebgram, dramaturgi

References


Akkanat, Kaan, 2015, Communication and Interaction on Instagram. a Psychological Science Perspective, BOD Third Party Titles.

Cangara, Hafield. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Daymon, Christine dan Immy Holloway, 2008, Riset Kualitatif dalam Public Relations & Marketing Communications. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Devito, Joseph A. 1997. Komunikasi Antarmanusia. Jakarta: Profesional Books.

Effendy, Onong Uchyana. 2000. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

______________. 2003a. Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

______________. 2003b. Ilmu Komunikasi Teori Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

McQuail, Denis. 1996. Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar (Terjemahan Agus Dharma & Aminudin Ram). Jakarta: Erlangga.

_______________. 2001. Teori Komunikasi Massa. (Edisi ke-6). Jakarta: Salemba Humanika.

_______________. 2011. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Moleong, Lexy J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

_______________. 2009. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_______________. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Morissan, 2013. Teori Komunikasi (Komunikator, Pesan, Percakapan, dan Hubungan (Interpersonal)). Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyana, Deddy. 2001. Nuansa-Nuansa Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

_____________. 2002. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

_____________. 2006. Metode Penelitan Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

_____________. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_____________. 2008. Metode Penelitian Komunikasi, Contoh-contoh Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_____________. 2009. Sistem Manajemen Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

_____________. 2010a. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

_____________. 2010b. Metodologi Penelitian Kuanlitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

_____________. 2014. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pilliang. Yasraf Amir. 2004. Postrealitas : Realitas Kebudayaan dalam Era Postmetafisika. Yogyakarta : Jalasutra

Rakhmat, Jalaluddin. 2008. Psikologi Komunikasi.Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Ritzer, George dan Goodman. 2004. Teori Sosiologi Modern.

Severin, Werner J. & James W. Tankard, Jr. 2005. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi, Jilid I, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_____________. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

_____________. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3160

Flag Counter   Â