HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PEMBENTUKAN CITRA DIRI

Zaim Qashmal, Dadi Ahmadi

Abstract


Penggunaan media sosial saat ini tidak dapat dilepaskan dari kegiatan masyarakat modern khususnya di Bandung. Percepatan informasi menjadi dampak yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat, salah satu bentuk pemanfaatan tersebut adalah media sosial. mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, sampai Path. salah satu dari media sosial tersebut yang banyak digunakan adalah Instagram. Semenjak media sosial ini diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012 penggunanya terus meningkat. Media sosial ini hanya memfasilitasi pengguna untuk posting Foto dan Video beserta effect untuk menunjangnya, ada juga fasilitas pendukung seperti Like dan Comment. Dengan memanfaatkan fasilitas yang ada, juga beberapa kerabat, teman dekat, saudara, teman kampus, teman kerja, dan masih banyak lagi orang lain sebagai Followers, maka akan adanya potensi hubungan yang kuat antara penggunaan media sosial Instagram dengan pembentukan citra diri seseorang, khususnya di lingkungan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Unisba. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Korelasional. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa: (1) Terdapat hubungan antara penggunaan Instagram berdasarkan Kognitif (kebutuhan informasi) terhadap pembentukan citra diri seseorang. (2) Terdapat hubungan antara penggunaan Instagram berdasarkan Integratif Personal (kebutuhan Personal) terhadap pembentukan citra diri seseorang. (3) Terdapat hubungan antara penggunaan Instagram berdasarkan Integratif Sosial (kebutuhan sosial) terhadap Pembentukan Citra Diri. (4) terdapat hubungan antara penggunaan Instagram berdasarkan pelepasan ketegangan terhadap Pembentukan Citra Diri.

 


Keywords


Media Sosial, Instagram, Citra Diri

References


Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala & Siti Karlinah. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Gibson, James L. Ivancevich, John M. Donnelly. James H Organisasi : Perilaku, Struktur, dan Proses.1993. Jakarta: Erlangga

Kotler, Phillip. 2000. Manajemen Pemasaran, Jakarta : PT Prenhallindo

Maslow, Abraham H. 1993. Motivasi dan Kepribadian. Jakarta: PT. Pustaka Binawan Presindo

Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda

Nurudin, 2011. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Rakhmat, Djalaludin, 2011. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Rosda Karya

Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Astuti Santi Indra dan Hasbiansyah O. Panduan Penyusunan Skripsi, Usulan Penelitian, dan Karya Ilmiah Fikom Unisba. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna.Jakarta: Kencana PMG

Maryani Anne dan Ahmadi Dadi. 2011. Komunikasi Virtual: Teori dan Praktek. Bandung: Ihsan Press




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.305

Flag Counter   Â