Corporate Identity Badan Usaha Milik Negara
Abstract
Abstract. This research is entitled "Corporate Identity Badan Usaha Milik Negara (Analitict Semiotic on YouTube Kementerian BUMN RI version #SemangatBaruBUMN". The purpose of this study is to showing sign has a video from perspective sign, object, interpretant model semiotic Charles Peirce and how to pay attension version "#SemangatBaruBUMN" showing corporate identity BUMN. The method used a qualitative research method with Charles Peirce's semiotic approach. The results of the research are (1) With visuals displayed in every scene regarding various fileds and their companies of BUMN, and emphasized values in the visuals so that they become a signs that interprets a message, namely the new spirit of BUMN. (2) The black and white background dominates in every scene and a few are not black and white, because as a reference for the signs, the focus is green line that represents BUMN and the values conveyed in the visual. (3) The narrative of each scene further clarifies the priorities of BUMN in the new era, at the end of the video there is a new logo that is side by side with the Garuda Pancasila symbol and the new tagline of BUMN untuk Indonesia with the intention of introducing a new identity. (4) #SemangatBaruBUMN has introduced the new face of BUMN with Mr. Erick Thohir's seriousness as a leader as a voice actor in reading the narrative, so that what is conveyed can be trusted to be realized and form a show BUMN corporate identity.
Keywords:Â corporate identity, semiotics Charles Peirce, BUMN
Abstrak. Penelitian ini berjudul "Corporate Identity Badan Usaha Milik Negara (Analisis Semiotika pada YouTube Kementerian BUMN RI versi #SemangatBaruBUMN". Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui tanda yang ditunjukan dalam tayangan tersebut dari persepektif sign, object, interpretant model semiotika Charles Peirce dan memperhatikan bagaimana versi “#SemangatBaruBUMN†menunjukan corporate identity BUMN. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika Charles Peirce. Hasil dari penelitiannya adalah (1) Dengan visual yang ditampilkan di setiap scene mengenai berbagai bidang perusahaan-perusahaan BUMN, dan ditekankan nilai-nilai pada visualnya sehingga menjadi tanda yang mengartikan sebuah pesan yaitu semangat baru BUMN. (2) Latar belakang hitam putih mendominasi di setiap scene dan sedikit yang berwarna tidak hitam putih, karena sebagai acuan tanda sehingga membuat fokus garis hijau yang mewakili BUMN dan nilai-nilai yang disampaikan pada visualnya. (3) Narasi dari setiap scene semakin memperjelas prioritas BUMN pada era baru, diakhir video terdapat logo baru yang bersanding dengan Lambang Garuda Pancasila serta tagline barunya BUMN untuk Indonesia dengan maksud sebagai pengenalan identitas baru. (4) #SemangatBaruBUMN telah mengenalkan wajah BUMN yang baru dengan keseriusan Pak Erick Thohir sebagai pemimpin menjadi pengisi suara dalam membacakan narasi, sehingga apa yang disampaikan dapat dipercaya untuk direalisasikan dan menunjukan corporate idenity BUMN yang baru.
Kata Kunci: corporate identity, semiotika Charles Peirce, BUMN
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alex Sobur 2017. Semiotika Komunikasi. Bandung .Remaja Rosdakarya.
Amir Piliang,Yasraf. 2003. Hipersemiotika Tafsir Cultural Studie Atas Matinya Makna. Yogyakarta : Jalasutra.
Cenadi, Christine Suharto. 1999. “Corporate Identity, Sejarah dan Teorinya,†dalam Nirmana. Volume 1, Nomor 2, (hlm. 71-78)Melewar dan Karaosmanoglu (dalam Mohammed et al, 638 : 2015).
Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Kartika, Jessica Diana dan Rudyant Siswanto Hidayat. 2015. Logo: Visual Asset Development. Jakarta : PT Gramedia
Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian PR dan Komunikasi. Jakarata : PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Wawancara dengan Bu Almadina Rakhmaniar, S.Psi., M.I.Kom, tanggal 17 Desember 2020.
Wawancara dengan Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Fasilitasi Dukungan Strategis BUMN RI, tanggal 8 Januari 2021.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/indonesia-habiskan-hampir-8-jam-untuk-berinternet (Diakses 30-08-2020 jam 21.20)
https://bumn.go.id/about/profile (Diakses 10-08-2020 jam 14.26)
https://kumparan.com/kumparantech/riset-64-penduduk-indonesia-sudah-pakai-internet-1ssUCDbKILp/full (Diakses 30-08-2020)
Ramadhan, M Fadil, Drajat, M. Subur. (2021). Kegiatan Marketing Pr Label Musik Digital Audio Tape Bandung. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 33-38
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30045
  Â