Aktivitas Public Relations dalam Membina Hubungan dengan Karyawan melalui Program Pembinaan “Sehati†di Yayasan Kesehatan Telkom

Fricellia Fadia Ramadhan, Mohamad Subur Drajat

Abstract


Abstract. PT. Telkom is experiencing problems in health that affect performance. So, it is necessary to create public relations communication activities in managing health education messages and information, assisted by the West Java Telkom Health Foundation (Yakes), through the 'SEHATI' (Healthy in Our Office) program. This study aims to determine the management of employee health information data, management of health coaching media, management of health coaching messages and to find out the reasons for the importance of carrying out public relations activities. The method used is qualitative with a case study approach. The results of the study show that public relations communication activities in fostering employee relations still need to be improved in terms of delivery and development which begins with the data management process and employee disease classification, in utilizing digital media for health coaching, and the effectiveness of health education messages is hampered due to the covid-19 pandemic. . Public relations activities at "SEHATI" are based on getting feedback from both parties, namely employees and Yakes Telkom in creating, supervising, and improving the company's image so that it remains stable.

Keywords : Public Relations, Organizational Communication, Health Communications.

Abstrak. PT. Telkom mengalami masalah dalam kesehatan yang berpengaruh terhadap kinerja. Maka, perlu diciptakan aktivitas komunikasi public relations dalam mengelola pesan edukasi dan informasi kesehatan, dibantu oleh Yayasan Kesehatan (Yakes) Telkom Jawa Barat, melalui program ‘SEHATI’(Sehat di Kantor Kita). Bertujuan untuk mengetahui pengelolaan data informasi kesehatan karyawan, pengelolaan media pembinaan kesehatan, pengelolaan pesan pembinaan kesehatan dan mengetahui alasan pentingnya menjalankan aktivitas public relations. Adapun metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas komunikasi public relations dalam membina hubungan karyawan masih perlu diperbaiki dari segi penyampaian dan pengembangan yang diawali proses pengelolaan data serta klasifikasi penyakit karyawan, dalam memanfaatkan media digital untuk pembinaan kesehatan, dan efektivitas pesan edukasi kesehatan menjadi terhambat karena pandemic covid-19. Aktivitas public relations pada “SEHATI†didasari untuk mendapat timbal balik dari kedua belah pihak yaitu karyawan dan Yakes Telkom dalam menciptakan, mengawasi, dan meningkatkan citra perusahaan agar tetap stabil.

Kata Kunci : Hubungan Masyarakat, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Kesehatan.


Keywords


Hubungan Masyarakat, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Kesehatan.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E., 2018. Handbook of Public Relations (Pengantar Komprehensif). Cetakan ke-5: Simbiosa Rekatama Media, Bandung.

Duha,T., 2018. Perilaku Organisasi. Ed.1, Cet.1,: Deepbublish; Yogyakarta.

Mulyana,D.,Ganiem, M.L., 2021. Komunikasi Kesehatan Pendekatan Antarbudaya. Ed.1, Jakarta; Kencana.

Ruslan, R., 2012. Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi; Konsep Dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suwatno, H., 2018. Pengantar Public Relations Kontemporer. Cetakan ke-1: PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Tench, Ralph; Yeomans. L. 2009. Exploring Public Relations. Harlow: Prentice Hall.

Yulianita, Neni. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung, Bandung.

Ebook:

Gora, Radita. 2019. Riset Kualitatif Public Relations. Surabaya: Jakad Publishing.

Sari, A. Anditha. Ed.1, Cet.1, 2017. Dasar-Dasar Public Relations Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish

Silviani, Irene. 2020. Komunikasi Organisasi. PT Scopindo Media Pustaka, Surabaya.

Rosady, R. 2012. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. PT Raja Grafindo, Jakarta.

Jurnal:

Harivarman,D. 2017. Hambatan Komunikasi Internal di Organisasi Pemerintahan. Jurnal ASPIKOM, Volume 3, Nomer 3. Hlm 508-519.

Irawan, E. P. 2015. Penerapan Peran Public Relations Pada Program Employee Relations Sebagai Upaya Meningkatkan Loyalitas Karyawan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 3, Nomer 3.

Konli, Steven. 2014. Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Desa Gunawan Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung. eJournal Ilmu Pemerintah, Volume 2, Nomer 1.

Novitaria, R.D., dkk. 2018. Hubungan Motivasi Hidup Sehat Dengan Pelaksanaan My Five Moment For Hand Hygiene Perawat Di Ruang Unit Stroke Dan Ruang ICU Rumah Sakit Tentara Dr. Soepraoen Malang. Nursing News, Volume 3, Nomer 1.

Oktaviani, F., dkk. 2020. Aktivitas Komunikasi Public Relations Dalam Menjaga Reputasi Perusahaan. Jurnal Signal, Volume 8, Nomer 1.

Purnama, H. D.,dkk. 2009. Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Melalui Media Website untuk Materi Ajaran Fisika. Jurnal Komunikasi Pembangunan, Volume 07, Nomer 1.

Rusmeikawati, Risma; Drajat, M. S. 2016. Hubungan Aktivitas Public Relations dengan Kinerja Financial Consultant. Dalam jurnal Prosiding Hubungan Masyarakat. Volume. 2, Nomer,1. hlm 305-310.

Teguh M, Priska A, Burhan B. 2020. Aktivitas Public Relations Di Mall Ciputra World Surabaya. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, Universitas Ciputra Surabaya.Volume 8, Nomer 1. hlm 1-7.

Loka, Purnama Febby; Yuningsih. A. 2016. Strategi Perencanaan Corporate Social Responbility (CSR) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial. Prosiding Hubungan Masyarakat, Volume 2, Nomer 1.

Putri Mulia, Firstsishella Shabrina, Fauzi, Rizky . (2021). Kampanye Public Relations “Ngopi tapi Go Green†di RBoJ Coffee. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 39-56

Skripsi:

Kamal, Abdillah. 2014. Pola Komunikasi Organisasi Forum Komunikasi Pemuda Indonesia. Universitas Islam Negeri. Jakarta

Indrawan, C.D. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan. Universitas Diponegoro Semarang.

Artikel:

Sanusi, Ahmad. 2019. Model Komunikasi Terapeutik Dalam Pendidikan.hlm 418-434.

Umanailo, M.C.B. & Basrun, C. 2018. Teknik Praktis Grounded Theory dalam Penelitian Kualitatif. hlm 127.

Internet:

https://covid19.go.id/berita/data-vaksinasi-covid-19-update-6-februari-2021. (Data jumlah Indonesia terpapar covid-19). Diakses hari Selasa, 9 Febuari 2021 Pukul 17.00

https://yakestelkom.or.id/profil (Profile Yakes Telkom), Diakses hari Sabtu, 17 April 2021 Pukul 15.46

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20210215121049-33-223352/jangan-terkejut-banyak-karyawan-sakit-mental-karena-pandemi (Data kesehatan karyawan saat pandemic). Diakses hari Rabu, 30 Juni 2021 Pukul 23.00




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29873

Flag Counter