Pencitraan Pariwisata Indonesia melalui Program No Reservations Di TLC dalam Episode Garut Indonesia

Muhammad Fahmi Kesuma Putra, Maya Amalia Oesman

Abstract


Pariwisata sangat erat kaitannya dengan citra,  para turis yang berada di dalam dan luar negeri harus diberikan informasi tentang kota Garut yang cukup sebagai upaya pembentukan citra yang positif. Hal ini yang kurang disadari oleh pemerintah tapi beberapa media asing banyak yang menyusuri dan mengakui keindahan dari kota Garut. Seperti yang terlihat pada salah satu episode No Reservations dalam TLC, TLC merupakan TV kabel yang mendokumentasikan suatu perjalanan pariwisata yang memiliki keunikan dalam hal budaya maupun kuliner di dunia. Bagi setiap orang yang berlangganan tv kabel maka ia akan mendapatkan TLC sebagai salah satu saluran (channel). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencitraan pariwisata Indonesia melalui program No Reservations di TLC dalam episode Garut Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis datanya menggunakan analisis framing Gamson yang terdiri dari framing devices (perangkat framing) dan reasoning devices (perangkat penalaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Frame central idea dalam tayangan program No Reservations di saluran televisi TLC menggambarkan kunjungan seorang pembawa acara bernama Anthony Bourdain ke Garut, Jawa Barat, kemudian framing device yang berkaitan dengan penelitian ini dapat dilihat dari bagaimana Anthony menggambarkan keindahan alam yang ditemuinya di Kampung Sampireun, rasa dari makanan dodol serta durian yang disukainya. Sedangkan reasoning device dalam penelitian ini berkaitan dengan penalaran yang berasal dari pendapat Anthony sebagai pembawa acara berkaitan dengan keindahan alam di Garut, serta bagaimana nikmatnya kuliner yang dirasakannya selama berada di Garut.

Keywords


No Reservations, Anthony Bourdain, Kampung Sampireun, Garut.

References


Eriyanto. 2012. Analisis Framing : Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta.

McIntosh, W., Goeldner, C. R., Ritchie, J. R. B., 1995, Tourism: Principles,

Practices, Philosophies, John Wiley & Sons, Inc., New York. Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Sobur, Alex. 2012.Analisis Teks Media; Suatu Pengantar Untuk Nalisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Sobur, Alex. 2009. Analisis Teks Media; Suatu Pengantar Untuk Nalisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Yulianita, Neni. 2007. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2898

Flag Counter   Â