Hubungan Tayangan Sinetron Ikatan Cinta dengan Sikap Followers Akun Fanbase

Farhanah Budiarti, Maya Amalia Oesman Palapah

Abstract


Abstract. Television programs nowadays have various kinds of shows. One of the most attached viewers is the tv shows called "Ikatan Cinta" with the highest rating of 11.7% according to Nielsen. And for that, this tv series come up with a lot of enthusiastic fans that oftentimes they get carried away by the story. This study aims to determine whether there is a relationship or not, between the Ikatan Cinta tv series and the attitude of the viewers who joined in fanbase account community in Instagram. The method of this research is correlational quantitative. The samples taken in this study were the followers of the Instagram fanbase account as many as 99 followers, which were chosen randomly using a random sampling technique with the Slovin formula. The results of this study found that there is a high or strong relationship between the Ikatan Cinta tv series and the attitude of the fanbase account followers with a correlation coefficient of 0.812.

Keyword : Shows, tv series, attitude, followers, fanbase

Abstrak. Televisi menayangkan berbagai macam tayangan salah satunya adalah sinetron yang seringkali menayangkan permasalahan sehari-hari, salah satunya adalah sinetron Ikatan Cinta yang menjadi sinetron dengan rating tertinggi yakni 11,7% menurut Nielsen dan juga memiliki penggemar atau fans yang banyak dan fanatik atau selalu terbawa alur cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan antara tayangan sinetron Ikatan Cinta dengan sikap followers yang tergabung dengan komunitas akun fambase Ikatan Cinta di Instagram. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah followers sebanyak 99 followers,  yang dipilih secara acak denagn menggunakan teknik random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Dari hasil penelitian ini, didapatkan bahwa terdapat hubungan antara yang tinggi atau kuat antara tayangan sinetron Ikatan Cinta dengan sikap followers akun fanbase dengan koefisien korelasi sebesar 0,812.

Kata Kunci : Tayangan, Sinetron, Sikap, Followers, Fanbase


Keywords


Shows, tv series, attitude, followers, fanbase , Tayangan, Sinetron, Sikap, Followers, Fanbase

Full Text:

PDF

References


Atmoko, Bambang Dwi. (2012). “Instagram Handbookâ€. Jakarta: Media Kita.

Budianto heri.(2018). “Media Dan Komunikasi Politik†Yogyakarta. Mbridge Press.

Budiarjo, Miriam,. 2014. “Dasar-dasar Ilmu Politikâ€, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama,

Butar Butar Christhoper Rafael dan Dini Salmiyah Fitrah Ali. 2018. Strategi Personal

Branding Selebgram Non Selebriti. Bandung:Volume 2,No. 2 Cangara Hafied. 2016.

“Komunikasi Politikâ€. Depok. PT.Rajagrafindo Persada.

Fadilla Lavie Insani, M.E. Fuady. 2017. “Strategi Personal Branding Praktisi Komunikasi Melalui Linkedin The Personal Branding Strategy of Communication Practitioners Through Linkedinâ€. Bandung: Volume 3, No 2.

Flew, Terry. 2002. New Media: An Introduction. UK: Oxford University Press. Hikmat,M.Mahi. 2019. “Komunikasi Politik dalam pilkada langsungâ€. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Moleong, L. J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Montoya, Peter & Vandehey, Tim.(2008). “The Brand Called You: Make Your Business Stand Out in a Crowded marketplace (paperback)â€. United States of America: McGraw -Hill.

Nasrullah,R.(2016). Media sosial perspektif komunikasi,budaya,sosioteknologi (2nd ed.). Sembiosa Rekatama Media.

Ramdhani Dikdik. Wiwitan Tresna. 2018. “Citra Ridwan Kamil Dikalangan Wartawan(Studi Kasus Citra Ridwan Kamil Di Media Sosial Sebagai Walikota Bandung Dikalangan Wartawan). Bandung: Volume 4, No. 2

Raharjo Farco Siswiyanto.2020.â€The Master Book Of Personal Brandingâ€.Yogyakarta.Quadrant.

Restusari Firda Nurafifah. Farida Nuke. 2019. “Instagram Sebagai Alat Personal Branding Dalam Membentuk Citra Diri (Studi Pada Akun Bara Pattiradjawane)â€. Depok: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 3 No. 2

Sastrawati Nila. 2017. “Personal Branding Dan Kekuasaan Politik Di Kabupaten Luwu Utaraâ€. Makassar: Vol. 6 / No. 2.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Swasty, Wirania. 2016. “Branding: Memahami dan Merancang Strategi Merekâ€. Bandung: Rosda

Van Dijck, J. 2013. “The Culture of Connectivity : A Critical history of Social Mediaâ€. Oxford, UK: Oxford University Press.

Widjaja, H.A.W. 2010. “Komunikasiâ€. Jakarta: Bumi Aksara.

Yasundari. (2016). “Hubungan Penggunaan Instagram dengan Motivasi Wirausaha Pebisnis Daring (Online) dalam Meningkatkan Produktivitasâ€. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(2).

Andriansyah,T.,&Karsa,S.I. 2019. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Scremous Clothing 1.

Harmoni, Ati. 2014. Media richness theory dan potensi website sebagai media komunikasi CSR oleh perusahaan. Depok. http;/Media Richness Theory dan Potensi Website sebagai Media Komunikasi CSR oleh Perusahaan_UG.pdf.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Alfabet.

Weninggalih, Laras, Fuady, M E. (2021). Hubungan Kampanye Politik Calon Presiden 2019 melalui Media Sosial Instagram dengan Keputusan Memilih Mahasiswa Indonesia di Thailand. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 22-32




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.28790

Flag Counter   Â