Struktur Jaringan Komunikasi Kelompok pada Komunitas Business Initiative Movement (BIM) Indonesia

Annissa Siti Fatimah Ahmad, Mohamad Husen Fahmi

Abstract


Abstract. Community is a social group of several people who have the same interests and habitats. Same as at Business Initiative Movement (BIM) Indonesian’s Community which aims to develop social businesses and also entrepreneurship of each members. The study was entitled Group Communities Communication of Business Initiative Movement (BIM) in Indonesian’s in a Business Forum in Bandung City. The research objectives were to find out the reasons why the BIM Community expanded its network to various regions, to see the groups carried out by the core committee to members and regional coordinators, to identify barriers community management, and to see how to manage responses, criticism or suggestions from each member. The research method used is a qualitative method with a case study approach. Data obtained from interviews, observation and literature study. Information in this study is the Founder, Co-Founder, CEO of BIM and Management of the BIM Indonesian’s Community, and additional information who are members of the BIM community in Bandung City. The theory used in this research is the diffusion theory of innovation. The result of this research is that the Business Initiative Movement (BIM) Indonesian’s community is needed by its members so that the distribution of members to various regions has been massive in the last 4 years. The structure of the communication network in BIM Indonesian’s Community is also quite effective because it minimizes passive members so that has an active members of the community. The existing obstacles can be overcome properly. Co-founders and Management of BIM Indonesia’s also have their own techniques in the maintain responses, criticisms and suggestions of their members, so that the actions taken in this regard are quite effective because they maintain harmony within the community.

Keywords : Case Studi, Group Communication, Community, Communication Network Structure, Groupthink Theory

Abstrak. Komunitas merupakan sebuah kelompok sosial dari beberapa orang yang memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Sama halnya seperti pada Komunitas Business Initiative Movement (BIM) Indonesia yang bertujuan untuk pengembangan bisnis sosial dan juga kewirausahaan  masing-masing anggotanya. Penelitian ini berjudul Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Business Initiative   Movement (BIM) Indonesia Dalam Forum Bisnis Di Kota Bandung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui alasan Komunitas BIM memperluas jaringan ke berbagai daerah, untuk mengetahui komunikasi kelompok yang  dilakukan oleh pengurus inti kepada anggota dan koordinator daerah, untuk mengetahui hambatan dalam mengelola komunitas, dan untuk mengetahui cara pengelolaan tanggapan, kritik atau saran dari masing-masing anggota. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pedekatan studi kasus. Data didapatkan dari hasil wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Informan dalam penelitian ini adalah Founder, Co Founder, CEO BIM serta Pengurus dari Komunitas BIM Indonesia, serta informan tambahan yaitu anggota dari komunitas BIM di Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Difusi inovasi. Hasil dari penelitian ini adalah komunitas Business Initiative Movement (BIM) Indonesia dibutuhkan oleh para anggotanya sehingga penyebaran anggota ke berbagai daerah begitu masif dalam kurun waktu 4 tahun terakhir. Struktur jaringan Komunikasi dalam Komunitas (BIM) Indonesia juga cukup efektif karena meminimalisir para anggota yang pasif sehingga keaktifan para anggota komunitas tetap terus terjaga. Hambatan yang ada dapat ditangani dengan baik. Co-Founder serta pengurus komunitas (BIM) Indonesia pun memiliki teknik sendiri dalam mengelola tanggapan, kritik dan saran dari para anggotanya, sehingga adanya tindakan dalam menangani hal tersebut, hasilnya cukup efektif karena tetap menjaga keharmonisan di dalam kelompok komunitas.

Kata Kunci : Studi Kasus, Komunikasi Kelompok, Komunitas, Struktur Jaringan Komunikasi, Teori Pemikiran Kelompok.



Keywords


Studi Kasus, Komunikasi Kelompok, Komunitas, Struktur Jaringan Komunikasi, Teori Pemikiran Kelompok

Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwar. 1994. Strategi Komunikasi. Bandung: CV. Amrico

Basyaib, Fachmi. 2006. Teori Pembuatan Keputusan. Jakarta: PT. Gramedia

Didi Adiwidia, et al. 2017. Strategi Komunikasi Manajer PT. PLN Area Purwakarta Dalam Mencapai Target Kinerja. Bandung: Prosiding Hubungan Masyarakat. Vol 3, No 2: 1-7

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Irianta, Yosal. 2004. Community Relation. Konsep dan Aplikasinya. Simbiosa Rekatama Media, Bandung.

Littlejohn, Stephen W dan Karen A Foss. Theories of Human Communication, 9th ed. USA : Thomson Wadsworth. 2008

Littlejohn, Stephen W. 2011. Teori Komunikasi Terjemahan edisi Indonesia Chapter 1-9 (Theories of Human Communication). Salemba Humanika . Jakarta

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung :

Pace R. Wayne dan Faules Don F. 2010. Komunikasi Organisasi : Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

PT Mizan Publika

Rogers, Everett M. 2003. Diffusion of Innovation 5 th Ed. New York : Free Press

Richard West, Lynn H.Turner. 2008 Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan

Aplikasi. Jakarta : Salemba Humanika

Wenger, Etienne et al. 2002. Cultivating Communities of Practice. Harvard Business School Press.

Tulisan dari Internet :

“Tentang BIMâ€

https://bimindonesia.id/terms/about-us. Tanggal akses Agustus 2020, pk 19:20 WIB

“BIM masuk Tiga Besar Star Up di JDIA 2019†https://www.inilahkoran.com/berita/34427/bim-masuk-tiga-besar-star-up-di-jdia-2019. Tanggal akses Februari 2020, pk 19:40 WIB

“Jabar Digital Innovation Award 2019†https://jabar.tribunnews.com/2019/12/06/jabar-digital-innovation-award-2019-inisiatif-digital-perangkat-daerah-dan-warga-jawa-barat. Tanggal akses Februari 2020, pk 19:45 WIB

Harvianti, Rahmadhani Ayu , Kurniadi, Oji. (2021). Kampanye Komunikasi Ecotransport dalam Mengurangi Transportasi Pribadi. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 8-14




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.28533

Flag Counter   Â