Analisis Word of Mouth PT. GO – JEK dalam Menarik Publik untuk Menjadi Driver PT. GO - JEK

Rajamulya Gigantara Mintaredja

Abstract


Word of mouth adalah pertukaran informasi dari satu orang terhadap orang lain menggunakan komunikasi yang sederhana (percakapan), word of mouth sebagai strategi komunikasi mempunyai peranan sangat penting dalam mengkomunikasikan suatu hal/ pesan/ berita/ produk (barang/ jasa), word of mouth di lakukan sebagai salah satu daya tarik untuk menarik publik sebagai kedalam konteks public relations. Skripsi ini berjudul “Analisis Word Of Mouth PT. GO – JEK Dalam Menarik Publik Untuk Menjadi Driver PT. GO – JEK  (Studi Kualitatif dengan Pendekatan Studi Kasus mengenai Analisis Word Of Mouth PT. GO – JEK Dalam Menarik Publik Untuk Menjadi Driver PT. GO – JEK )â€. Permasalahan yang diangkat mengenai Bagaimana PT GO – JEK menarik publik untuk menjadi driver GO – JEK  menggunakan word of mouth, Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: aspek yang mempengaruhi word of mouth, analisis,  proses terbentuknya, serta hambatan yang di hadapi PT. GO – JEK dalam melakukan word of mouth untuk menarik publik untuk menadi driver. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk memberikan gambaran  yang lebih jelas dan lebih terperinci mengenai bagaimana word of mouth PT GO – JEK dalam menarik publik untuk menjadi driver. Sedangkan data untuk menunjang  penelitian ini diperoleh melalui lima sumber bukti pengumpulan data studi kasus yaitu: dokumen, rekaman arsip, wawancara, pengamatan langsung, dan perangkat-perangkat fisik (studi kepustakaan). Dalam hal ini subjek sebagai sumber yang diwawancarai adalah pihak manajemen PT GO –JEK dan driver PT. GO – JEK itu sendiri. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa tim manajemen memiliki kemampuan komunikasi dalam melakukan sosialisasi ke pangkalan – pangkalan ojek tradisional, juga kemampuan komunikasi dalam melakukan kegiatan publikasi untuk menarik publik menjadi driver melalui media internet, seperti facebook dan youtube, faktor yang menjadi alasan publik tertarik untuk menjadi driver adalah pendapatan yang menjanjikan meskipun menjadi side job, hambatan yang di hadapi dalam terbentuknya word of mouth adalah adanya persepsi negatif yang muncul terhadap PT. GO – JEK, terbentuknya word of mouth terjadi melalui proses secara continue, dari proses penyebaran informasi – Attention – interest – decision – action dan kembali menuju proses penyebaran informasi yang menghasilkan word of mouth.


Keywords


word of mouth, publik, PT. GO - JEK

References


Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Mannaggement Kotler Keller , United States: Pearson

Efendy, Onong Uchjana. 2001. Ilmu komunikasi Teori dan praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gladwell, Malcolm. 2003. The Tipping Point. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Rosen, Emanuel. 2004. Kiat Pemasaran Mulut Ke Mulut. Jakarta: Elex Media Komputindo

Cutlip, Scott M. Allen H. Center & Glen M. Broom, 2000, Effective Public Relations, Eight Edition, New Jersey.

Beebe, Steven A., Susan J. Beebe and Diana K. Ivy. 2010. Communication Principles For A Lifetime. Boston: Allyn& Bacon Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2820

Flag Counter   Â