Pengaruh Terpaan Media Youtube terhadap Citra Perusahaan PT. Garuda Indonesia

Reza Rizky Rizal, Gita Widiasanty

Abstract


Abstract: Garuda Indonesia is one of the companies that has experienced the impact of media exposure in July 2019, namely the alleged defamation by YouTubers after Garuda reported officially on Saturday, July 13, 2019, thus making the image of the Garuda Indonesia company negative in the eyes of the public. The purpose of this study was to determine the effect of YouTube social media exposure on the corporate image of PT. Garuda Indonesia (Case study of the business class handwritten menu on YouTube Rius Vernandes). The theory used in this research is media exposure and corporate image. This study uses a positivistic paradigm and a quantitative approach by distributing questionnaires. The results of this study explain that Ha which states that there is an influence between YouTube media exposure variables on the company's image of PT. Garuda Indonesia accepted. So Ho which states that there is no influence between YouTube media exposure variables on the company's image of PT. Garuda Indonesia was rejected. So it can be concluded that there is a positive and significant influence between YouTube media exposure variables on the corporate image of PT. Garuda Indonesia.

Keywords: Corporate Image, Garuda Indonesia, Public Relations, Media Exsposure

Abstrak: Garuda Indonesia adalah salah satu perusahaan yang pernah mengalami pengaruh dari terpaan media pada Juli 2019 yaitu adanya dugaan pencemaran nama baik oleh youtuber setelah pihak Garuda melapor secara resmi pada Sabtu 13 Juli 2019 sehingga membuat citra perusahaan Garuda Indonesia menjadi negatif dimata khalayak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari terpaan media sosial YouTube terhadap citra perusahaan PT. Garuda Indonesia (Studi kasus menu tulisan tangan business class di YouTube Rius Vernandes). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah terpaan media dan citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Ha yang menyatakan adanya pengaruh antara variabel terpaan media YouTube terhadap citra perusaahn PT. Garuda Indonesia diterima. Maka Ho yang menyatakan tidak adanya pengaruh antara variabel terpaan media YouTube terhadap citra perusaahn PT. Garuda Indonesia ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel terpaan media YouTube terhadap citra perusahaan PT. Garuda Indonesia.

Kata Kunci: Citra Perusahaan, Garuda Indonesia, Hubungan Masyarakat, Terpaan Media

 


Keywords


Citra Perusahaan, Garuda Indonesia, Hubungan Masyarakat, Terpaan Media

Full Text:

PDF

References


Aedi, N. (2010). Instrumen Penelitian dan Pengumpulan Data.

Akbar, A. (2018). Efektivitas Youtube Sebagai Media Penyebaran Informasi.

Artis. (2011). Srategi Komunikasi Public Relations. Jurnal Sosial Budaya, 8(02), 184–197.

Azizah, N. Z. N., & Imran, A. I. (2019). Proses Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam Membangun Citra Positif melalui Media Sosial Instagram @Keretaapikita. Performance, 26(1), 19–27.

https://doi.org/10.1017/CBO978110 7415324.004

Budhirianto, S. (2014). Sikap Masyarakat Terhadap Kampanye Televisi Digital Pada Media Televisi.

Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, Vol. 18 No. 3, 189-

Fachrurozi, K. M. (2016). Analisis Sikap dan Perilaku Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Program Bank Sampah (Studi Kasus Masyarakat Kelurahan Bahagia Bekasi Utara). Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen dan Kewirausahaan "Optimal", Vol. 10 No. 2, 185-198.

Fitriansyah, F. (2018). Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja). Cakrawala, 18(2), 171–178. doi: https://doi.org/10.31294/jc.v18i2

I K. Ade Siswanta, I. K. (2014). Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Pemilihan Rumah Tinggal Pada Kawasan Sunset Garden Di Kota Denpasar, Bali. Jurnal Spektran, Vol. 2 No. 1, 44-

Kholisoh, N. (2015). Strategi Komunikasi Public Relations dan Citra Positif Organisasi (Kasus Public Relations Rumah Sakit “X†di Jakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(3), 195–209. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/k omunikasi/article/view/1459

Kriyantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Kurniawan, Z. F. (2017). Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Vol. 3 No. 1.

Lengkong, S. L., Sondakh, M., & Londa,

J. W. (2017). e-journal “Acta Diurna†Volume VI. No. 1. Tahun 2017. VI(1).

Mahesa, W. P. (2017). Analisis Framing Pemberitaan Aksi Supar Damai 212 Di Media Online Kompas dan Republika.

Maludi, A. A. (2013). Implementasi Model Pendekatan Taktis Dalam Permainan Bolatangan Terhadap Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis.

Munawwaroh, P. R. (2018). Pengaruh Terpaan Media Pada Akun Instagram @exploresiak Terhadap Minat Kunjungan Wisata Ke Siak Sri Indrapura. JOM FISIP Vol. 5 No. 1, 1-13.

Mustika, T. (2019). Pengaruh Terpaan Media Terhadap Reputasi Lembaga Pemerintah. Inter Script: Journal of Creative Communication, 1(1), 66–79. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.350

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi). Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Normasari, S. (2013). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN, CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN

Survei padaTamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 6(2), 77767.

Pangestuti, M. A. (2017). Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Terhadap Citra Destinasi Dan Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Kampung Warna Warni Jodipan, Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 49 No. 2,

-164.

Rahman, A. (2016). Bentuk-Bentuk Komunikasi Dalam Pembelajaran. 198-217.

Ramadanty, S. (2014). Penggunaan Komunikasi Fatis Dalam Pengelolaan Hubungan Di Tempat Kerja. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 5 No. 1, 1-118.

Ratnasari, A. O. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Ulang Dengan Menggunakan Produk Yang Lain Melalui Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Boulevard Di Surabaya. JESTT, Vol. 1 No. 8, 546-564.

Riduwan. (2004). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarsi, D. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Usaha Mandiri Jakarta.

JENIUS, Vol. 1 No. 2, 1-24.

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2 No. 2, 103-




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27248

Flag Counter   Â