Strategi Internal Public Relations dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan

Anisa Miranda, Sigit Pramono Hadi

Abstract


Abstract: the Competition in the electronics industry is increasingly strict, so that the required quality of every aspect of the company, including human resources. There are a few things that must be met to achieve good employee performance, including namely how to implement reward and punishment. This study aims to determine the strategy of Public Relations of the reward and punishment in improving the performance of employees of PT. Samsung Electronics Indonesia. The Data obtained through interviews to three employees, PT. Samsung Electronics Indonesia. This study uses a qualitative approach, using the paradigm of postpositivistik and the nature of this research is descriptive. The results of the analysis show that the strategy of reward and punishment to give a strong contribution in improving the performance of employees. Looks from some of the problems in the company resolved, such as the value of the pennualan reached, increased earnings and growth performance of employees is increasing.
Keywords: Strategy, Internal Public Relations, employe

Abstrak: Persaingan dalam industri elektronik semakin hari semakin ketat, sehingga semakin dituntut kualitas dari setiap aspek perusahaan, termasuk sumber daya manusia. Ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk mencapai kinerja karyawan yang baik, termasuk didalamnya yaitu bagaimana untuk menerapkan reward dan punishment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Public Relations yaitu reward dan punishment dalam meningkatkan kinerja karyawan PT. Samsung Electronics Indonesia. Data yang didapatkan melalui wawancara kepada tiga karyawan PT. Samsung Electronics Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan paradigma postpositivistik dan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi reward dan punishment memberi kontribusi yang kuat dalam meningkatkan kinerja karyawan. Terlihat dari beberapa masalah di perusahaan yang mulai teratasi, seperti nilai pennualan yang tercapai, laba yang meningkat dan pertumbuhan kinerja karyawan yang semakin meningkat.
Kata Kunci: Strategi, Internal Public Relation, Kinerja karyawan.


Keywords


Strategi, Internal Public Relation, Kinerja karyawan.

Full Text:

PDF

References


Aksara. Kadarisman. (2012). Manajemen Kompensasi. Jakarta: Rajagrafindo

Amirul Hadi dan Haryono, (1998).

Metodologi Penelitian Pendidikan.

Bandung: Pustaka Setia.

Ardianto, Elvinaro dan Soemirat, S. (2010).

Dasar-Dasar Public Relations.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bernardin, H. John. & Rusell, J.E.A. (1993). Human Resources Management. New York : Mc Graw Hill Inc.

Effendy, Onong U. (1983). Human Relations dan Public Relations dalam Management, Alumni, Bandung.

George Ritzer. (2009). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Terjemahan Alimandan, PT. RajaGrafindo Perkasa, Jakarta : 7

Hasibuan, Malayu S P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi

Jefkins, F. dan D. Y. (2004). Public Relations. Judul asli Public Relations. Alih

bahasa Haris Munandar. Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Mangkunegara. Anwar Prabu. (2010). Evaluasi Kinerja SDM.

Refika Aditama.

Mathis and Jackson. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat. Nugroho, Bambang. 2006.

Oliver, Sandra. (2001). Strategi Public Relations. Jakarta : Erlangga.

Sutrisno. Edy. (2007), Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Kencana Prenada Jakararta: Media Group.

Soemanagara. (2012). Strategic Marketing Communication, Konsep Strategis dan Terapan. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Rivai, (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Rosady, Ruslan. (2007). Seri Manajemen Public Relations I. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Tahir, Muh. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. : Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Wiryanto. (2006). Teori Komunikasi. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27224

Flag Counter   Â