Pengaruh Terpaan Media Instagram @Lightologyindonesia terhadap Intensi Membeli

Kelly Oktaviany, Kresno Yulianto Soekardi, Poppy Ruliana, Guntur Freddy Prisanto

Abstract


Abstract.:The Covid-19 pandemic in Indonesia caused a decrease in the number of visitors who came to the Lightology’s lighting showroom, until no visitors at all due to the closure of the showroom during Large Scale Social Distancing. So Lightology's Public Relations plays a role in shaping publications through digital media, namely Instagram as an online catalog, thereby fostering consumer intention to buy lights either through other messaging applications or e-commerce. So the researcher aims to find out how much influence the Instagram @ Lightologyindonesia media exposure has on buying intentions. The theory used in this research is Media Exposure by Rosengren. The paradigm used is positivism. This type of research is quantitative research with an explanative approach. The population is the social media followers Instagram @lightologyindonesia, amounting to nine thousand two hundred and twenty. The sample was taken using purposive sampling technique with the Taro Yamane formula and produced as many as ninety nine respondents. Primary data collection was obtained directly through interviews with credible sources, namely the Lightology manager and research data was obtained through distributing questionnaires on a Likert scale which were given to followers online. The data processing technique of this research uses statistical analysis software SPSS (Statistical Package for Social Science) version 20.0 with validity testing using the KMO test, reliability testing with a reference value of alpha Cronbach, descriptive analysis using frequency tables and mean values and regression analysis using the test. T and r2 values. The results of this study indicate that the influence of Instagram @lightologyindonesia media exposure on buying intention is quite strong. So the theory used in this research is sufficient to support this research.

Keywords: Public Relations,media exposure, Instagram, intention to buy, sales.

Abstrak: Pandemi Covid-19 di Indonesia menyebabkan turunnya jumlah pengunjung yang datang ke showroom lampu Lightology, sampai tidak ada pengunjung sama sekali karena tutupnya showroom saat Pembatasan Sosial Berskala Besar. Maka Public Relations Lightology berperan dalam membentuk publikasi melalui media digital, yaitu Instagram sebagai katalog online, sehingga menumbuhkan intensi konsumen untuk membeli  lampu baik secara aplikasi pesan lain ataupun e-commerce. Maka peneliti bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh terpaan media Instagram @Lightologyindonesia terhadap intensi membeli. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Terpaan Media oleh Rosengren. Paradigma yang digunakan  adalah positivisme. Jenis penelitian yang digunakan adalah riset kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Populasinya adalah followers media sosial sosial Instagram @lightologyindonesia yang berjumlah sembilan ribu dua ratus dua puluh. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan rumus Taro Yamane dan menghasilkan sebanyak sembilan puluh sembilan responden. Pengumpulan data primer diperoleh langsung melalui wawancara dengan sumber yang kredibel, yaitu manager Lightology serta data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan skala Likert yang diberikan kepada followers secara online. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan analisis statistik software SPSS (Statistical Package For Sosial Science) versi 20.0 dengan uji validitas menggunakan uji KMO, uji reliabilitas dengan acuan nilai alpha cronbach, analisis deskriptif menggunakan tabel frekuensi dan nilai mean serta analisis regresi menggunakan uji T dan nilai R2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh terpaan media instagram @lightologyindonesia terhadap intensi membeli cukup kuat. Jadi teoi yang digunakan dalam penelitian cukup mendukung penelitian ini.

Kata Kunci:Public Relations, terpaan media, Instagram, intensi membeli, penjualan.


Keywords


Public Relations, terpaan media, Instagram, intensi membeli, penjualan.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro, Komala, L., & Karlinah, S. (2014). Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatama Media.

Jefkins, F. (2003). Public Relations (Erlangga).

Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.

Dianastuti, W. A., Rahmiaji, L. R., Lestari, S. B., & Naryoso, A. (2015). Penggunaan Instagram sebagai Media Promosi Kuliner Kota Semarang (Studi Kasus pada Komunitas Online @jakulsemarang). In Interaksi Online (Vol. 4, Issue 1).

Nuraini, A. S. (2016). Hubungan Terpaan Media Sosial Instagram Akun @pemkot _ semarang dan Intensitas Komunikasi Kelompok Referensi terhadap Minat Berwisata ke Kota Semarang. Interaksi Online, 4(4).

Puspawardhani, I., Herieningsih, S. W., Pradekso, T., & Ulfa, N. S. (2014). Hubungan Terpaan Iklan Berniaga. com di Media Massa dan Intensitas Komunikasi Word Of Mouth dengan Minat Bertransaksi. In Ilmu Komunikasi (Vol. 2, Issue 4).

Wulansari, K. B., Pradekso, T., Setiabudi, D., & Purbaningrum, D. (2015). Pengaruh Terpaan Iklan Promosi Penjualan melalui Media Sosial (Facebook, Twitter, dan Instagram) dan Reference Group terhadap Minat Belanja secara Online. In Interaksi Online (Vol. 4, Issue 13).

Abubakar, F. (2016). Pengaruh Mendengar Acara Dialog Agama Islam di Radio Republik Indonesia Terhadap Pengamalan Agama Masyarakat di Muara Dua Lhokseumawe. Journal Pekommas, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.30818/jpkm.2016.2010104

Algi, A., & Irwansyah. (2018). Consumer Trust and Intention to Buy in Indonesia Instagram Stores. Proceedings - 2018 3rd International Conference on Information Technology, Information Systems and Electrical Engineering, ICITISEE 2018, 199–203. https://doi.org/10.1109/ICITISEE.2018.8721033

Hakasinawati, Widada, W., & Hanifah. (2017). Pengaruh Keyakinan Diri, Kemampuan Pemahaman Konsep, Motivasi Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kausalitas di MAN I Kota Bengkulu). Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 161–173. https://doi.org/10.31186/jpmr.v2i2.3968

Kosasih, I. (2016). Peran Media Sosial Facebook dan Twitter dalam Membangun Komunikasi (Persepsi dan Motifasi Masyarakat jejaring Sosial Dalam Pergaulan). Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 2(1), 29–42. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140–157. http://www.jurnal-unita.org/index.php/publiciana/article/download/79/73

Hidayat, T. (2015). Pengaruh Marketing Public Relation terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT . Jalur Nugraha Ekakurir (Jne) Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis, & Entrepreneurship, 9(2), 102–115. http://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/115

Irawan, E., & Yusuf, Y. (2017). Instagram Sebagai Gaya Hidup Masyarakat Kota Pekanbaru (Studi Komunitas Instagram Di Kota Pekanbaru). JOM FISIP, 4(2), 1–14. www.neliti.com

Irwan. (2018). Relevansi Paradigma Positivistik dalam Penelitian Sosiologi Pedesaan. Jurnal Ilmu Sosial, 17(1), 21–38. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/ilmusos/article/view/10364/8241

Laurent, F. (2016). Pengaruh E-Service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek melalui Kepuasan Pelanggan. Agora, 4(2), 95–100.

Linardi, L. N. (2015). Kepuasan Masyarakat Surabaya dalam Menonton Tayangan Stasiun Dangdut di JTV. E-Komunikasi, 3(1), 1–11.

Munawwaroh, P. R., & Lubis, E. E. (2018). Pengaruh Terpaan Media pada Akun Instagram @exploresiak terhadap Minat Kunjungan Wisata ke Siak Sri Indrapura. JOM FISIP, 5(1), 1–13.

Paranita, L. (2014). Sikap Masyarakat Surabaya terhadap Tayangan Talkshow @Show_Imah di Trans TV. E-Komunikasi, 2(1), 1–10.

Prabawati, N. (2013). Hubungan Antara Terpaan Media Tayangan Bima Satria Garuda Dengan Perilaku Kekerasan Yang dilakukan oleh Anak. Journal Universitas Airlangga, Vol. 2 / N(070810662), 160.

Prastya, N. M. (2013). Media Sosial dan Peran Manajerial Public Relations PT PLN Persero. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 10(2), 159–177. https://doi.org/10.24002/jik.v10i2.351

Rizki, M. A., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram terhadap Citra Destinasi dan Dampaknya pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Kampung Warna Warni Jodipan, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 49(2), 157–164.

Tedjasukmana, C. (2016). Proses Pengambilan Keputusan yang Dilakukan Oleh Murid di Sekolah “Premiere School Of Ballet.†E-Komunikasi, 4, 1–9.

Thendra, W., & Setiawan, R. (2014). Analisis Followership Style pada PT. X. Agora, 2(2).

Verawati, N. (2016). Pergeseran Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Bisnis Online (Studi Kasus pada Akun @Schonehazzle). Ilmu Komunikasi, 12(12), 12–25.

Wicaksono, M. A., & Rumyeni. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @wisatadakwahokura terhadap Minat Berkunjung Followers. JOM FISIP, 4(2), 1–13.

Wifalin, M. (2016). Efektivitas Instagram Common Grounds. E-Komunikasi, 4(1), 1–9.

Yudhiartika, D., & Haryanto, J. (2012). Pengaruh Personal Selling, Display, Promosi Penjualan Terhadap Kesadaran Merek Dan Intensi Membeli Pada Produk Kecantikan Pond’s. Buletin Studi Ekonomi, 17(2), 142–156.

Setiowati, E., Suharno, & Suparwi. (2017). Pelaksanaan BPJS Ketenagakerjaan bagi Karyawan di Kota Surakarta pada Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Surakarta. Seminar Nasional “Perlindungan Hukum Terhadap Tenaga Kesehatan Dan Pasien Dalam Perspektif UU No.36 Tahun 2014,†April 2017, 157–167. https://media.neliti.com/media/publications/170322-ID-pelaksanaan-bpjs-ketenagakerjaan-bagi-ka.pdf

VOIRE Project. (2018). Pengertian Lighting pada Desain Interior, dari https://voireproject.com/artikel/post/pengertian-lighting-pada-desain-interior-/, diakses pada 4 Maret 2020 pada pukul 20.47 WIB.

Shihab, Mohammad. (2019). Public Relations di Era Digital, dari https://www.kompasiana.com/mohammadshihab/5ca64d8ccc528337df2a28f6/public-relations-di-era-digital, diakses pada 3 Oktober 2020 pukul 16.04 WIB.

https://www.instagram.com/lightologyindonesia/, diakses pada 3 Maret 2020 pada 20.00 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27187

Flag Counter   Â