Citra Jardin Cafe Pasca Pelanggaran PSBB
Abstract
Key words : Image, Jardin Cafe, Video PSBB Violations
Abstrak: Cafe saat ini seolah menjadi kebutuhan sosial dan perwujudan eksistensi personal maupun kelompok. Banyak yang menjadikan Cafe sebagai rumah ketiga setelah rumah dan kantornya. Mulai dari sekedar bersantai, berkumpul bersama teman dan keluarga, hingga melakukan pekerjaan secara remote. Jardin Cafe merupakan salah satu Cafe populer di Bandung. Lokasi ditengah kota yang berdekatan dengan hotel dan Cafe lainnya, menjadikan Jardin Cafe sebagai tempat strategis untuk dikunjungi dan mudah ditemui. Ditengah masa pandemi saat ini Jardin Cafe menjadi banyak diperbincangkan di media sosial terkait beredarnya vidio penggerebekan Satpol PP Bandung pada Jardin Cafe yang sedang dikungjungi oleh banyak pengunjung. Hal ini menjadi sorotan masyarakat maupun media mengenai Cafe Jardin yang melanggar peraturan yang sedang diterapkan di Indonesia terutama pada seluruh wirausaha untuk melakukan social distancing, tidak tertibnya pihak Jardin ini dianggap melanggar protokol kesehatan terutama dapat memprovokasi masyarakat luas. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui Kesan, Kepercayaan dan Sikap konsumen Jardin Cafe. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Public Relations, dan Teori Citra dengan indikator kesan, kepercayaan dan sikap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan dekskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan observasi, dokumentasi, penyebaran angket dan studi pustaka. Analisis terhadap data dilakukan untuk membuat kesimpulan dalam menggambarkan Kesan, Kepercayaan dan Sikap konsumen Jardin Cafe pasca vidio penggrebekan Jardin Cafe muncul di Media Sosial. Hasil kesimpulan sesuai data kuesioner yang dijawab oleh 92 responden adalah bahwa Kesan yang ditampilkan oleh responden dinyatakan rendah, Kepercayaan responden rendah, dan Sikap dari responden juga rendah, dari hal tersebut dinyatakan bahwa Citra Jardin Cafe pasca pelanggaran PSBB disimpulkan negatif.
Kata Kunci : Citra, Jardin Cafe, Video Pelanggaran PSBBÂ Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta :Rajawali Pers
Rulli Nasrullah, 2016, Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi, Cet.kedua, Simbiosa Rekatama Media, Bandung
Rohmadi, M. (2016). Pragmatik Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka
Soemirat, Soleh & Ardianto, Elvinaro, 2007, Dasar-Dasar Public Relations, Bandung, Rosdakarya.
Siswanto Sutojo, 2004. Membangun Citra Perusahaan. Jakarta: Damar Mulia Pustaka
Sugiyono, 2013). Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zarella, Dan. 2010. The Social Media Marketing Book. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta Anggota IKAPI.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25724
  Â