Strategi Media Relations Humas SKK Migas sebagai Sarana Komunikasi Publik
Abstract
Strategi media relations meliputi: mengelola relasi, mengembangkan relasi, dan mengembangkan jaringan. Penelitian ini berjudul “Strategi Media Relations Humas SKK Migas  Sebagai Sarana Komunikasi Kepada Publikâ€. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data untuk penelitian ini didapat dari wawancara mendalam dengan Kepala Urusan Hubungan Media SKK Migas dan staff Urusan Hubungan Media SKK Migas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasca kasus korupsi yang menimpa SKK Migas, Humas SKK Migas memiliki strategi khusus dalam mengelola relasi yaitu menjalin kontak regular dengan para pembentuk opini dari akademisi maupun praktisi melalui bantuan media. Kemudian, dalam mengembangkan strategi Humas SKK Migas memiliki taktik khusus serta kebijakan yaitu KPI (Key Performance Indicator) menjadi target kinerja bagi setiap divisi Humas. Program yang berjalan mengenai media relations juga sudah berjalan baik. Namun setelah ditelaah lagi dari hasil wawancara dengan para wartawan media, menunjukkan bahwa beberapa program media relations yang seharusnya gencar dilakukan, frekuensinya malah agak menurun pasca kejadian tersebut. Hal itu dikarenakan pasca kasus tersebut kinerja dari para staff Humas agak menurun, keterbatasan mekanisme anggaran dana dan terpaku dengan program-program yang sudah ada. Dengan kondisi tersebut, Humas SKK Migas terus melakukan perbaikan-perbaikan kinerja dan meningkatkan lagi kreatifitasnya untuk membuat strategi-strategi serta taktik khusus dalam melaksanakan media relations serta dalam menanggapi pemberitaan negatif.
Â
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Dr. Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook of Public Relations.Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Darmastuti, Rini. 2012. Media Relations, Konsep, Strategi & Aprilkasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosada Karya
Hidayat, Dedy. N. 2003. Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia
Iriantara, Yosal. 2005. Media Relations, Konsep, Pendekatan dan Praktek. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
--------------------------. 2004. Manajemen Strategis Public Relations.
Jakarta: Ghalia Indonesia
Jefkins, Frank. 1992. Public Relations. Jakarta: Penerbit Erlangga
Kusumastuti, Frida. 2002. Dasar-Dasar Humas. Jakarta:Ghalia Indonesia
Prof.Dr. Moleong, Lexy J. M.A. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Mulyana, Dedy. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Nawawi, Hadari. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press
Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosada Karya
Ruslan, Rosadi, S.H.M.M. 2003. Metode Penelitian Public Relations & Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Prof.Dr. Soemirat, Soleh dan Dr. Ardianto, Elvirano. 2008. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosada Karya
Prof.Dr. Yin, Robert K. 2014. Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Vivian, John. 2008. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Prenada Media Group
Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas (P2U) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNIBSBA
Referensi skripsi:
Maulana, Reynaldi.â€Strategi Media Relations Humas Pemerintah Provinsi Bantenâ€. Skripsi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Yunita, Elsa. “Pelaksanaan Media Relations di Lembaga Pemerintah dari Sudut Pandang Praktisi Humas Kementrian dan Wartawanâ€. Skripsi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Internet:
Prof.Dr. Basuki, Heru. M.Si. 2006. “Paradigma dan Prinsip-Prinsip Implementasinya dalam penelitianâ€. http://slideshare.net/ihyaizzudin/gabungan-23379224. Tanggal akses Kamis, 8 Oktober 2015
“Profile SKK Migas†https://humasskkmigas.wordpress.com/ Tanggal akses Kamis, 7 Mei 2015
“Arti Kata Sarana“ www.kbbi.web.id Tanggal akses Rabu, 10 Juni 2015
“SKK Migas Raih WTP†http://www.skkmigas.go.id Tanggal akses Rabu, 10 Juni 2015
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2372
![](/public/site/images/dadiahmadi/1438601799.png)