Hubungan Antara Pelayanan Customer Service PT. KAI (Persero) dengan Kepuasan Penumpang Commuter Line di Stasiun Depok
Abstract
Salah satu strategi PT. KAI agar mampu bersaing dan mempertahankan kepuasan pelanggan adalah melalui operasional public relations yaitu customer service dengan memberikan pelayanan terbaik pada penumpang. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan antara pelayanan customer service PT. KAI (Persero) dengan kepuasan penumpang commuter line di Stasiun Depok dilihat dari lima dimensi pelayanan yaitu reliability, responsiveness, assurances, empathy, dan tangible. Metode penelitian menggunakan korelasional dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data menggunakan Rank Spearman. Hasil kajian menunjukkan pelayanan customer service berhubungan secara signifikan dengan kepuasan penumpang dilihat dari aspek pelayanan yaitu reliability, responsiveness, assurances, empathy, dan tangible. Peningkatan pelayanan customer service yang baik dapat meningkatkan kepuasan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Herlambang, S. (2010). Public Relations Ana Customer Service. Yogyakarta : Gosyen
Kotler, Philip & Keller KL. Penerjemah: Bob Sabran. (2009). Manajemen Pemasaran. Surabaya: Erlangga.
Majid, A.S. (2009). Customer Service dalam Bisnis Jasa Transportasi. Jakarta : Rajawali Press.
PT KAI. (2014). Juklak Pelayanan Customer Service. PT KAI (Persero) Indonesia Ralways
Supranto, J. (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikan Pangsa Pasar. Jakarta : PT Rineka Cipta
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2367
  Â