Hubungan Tayangan Youtube “Nussa Official†terhadap Sikap Religi

Putri Wirasanti, Erik Setiawan

Abstract


Abstract. Youtube is everyone’s favourite form of new media and become the number one social media used in Indonesia. Youtube users is consist from the younger age to the elderly. Various content available at this media so users can determine which content that they want. Knows that kids programs that related to religious content are very minim and several Youtube content or programs are apprehensive and can be damaging to the morale of the audience, then a few youth creator came up with an kids animation that has Islamic values, “Nussa Official†program. Nussa is a clever boy who loves to read Qur’an so he will teach his friends to know more about Islamic values. The purpose of this program is to give an education and became a valuable entertainment and also to educate kids. This study aims to know about the relationship of “Nussa Official†program with the elementary school students’ religious behaviour. This research used a quantitative method by using corellational approach. Data collecting technique that is used by researcher were questionnaire and literature review. Sampling technique used is Probability Sampling. The result of this research, there is strong relationship between watching Youtube show “Nussa Official†and religious attitude of elementary school childern in Bandung. Among the viariables that have been calculated, there is one aspect is low. However, the another aspects have a strong relationship and strong enough relations.

 

 

Abstrak. Youtube merupakan media baru yang banyak diminati masyarakat dan menjadi media sosial nomer satu yang digunakan oleh orang Indonesia. Pengguna YouTube terdiri dari beberapa kalangan mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Berbagai konten ada di dalam media tersebut hingga pengguna dapat menentukan konten seperti apa yang diinginkan. Merasa konten tayangan anak-anak sangat minim khususnya terkait bidang keagamaan dan juga beberapa konten Youtube yang dirasa memprihatinkan dan merusak moral penontonnya, maka munculah kreator dari pemuda-pemuda yang sedang berhijrah menciptakan sebuah animasi bertemakan nilai-nilai keislaman anak dengan nama tayangan “Nussa Officialâ€. Nussa merupakan seorang kecil yang pandai dan gemar mengaji sehingga akan mengajarkan teman-temannya mengenai nilai-nilai keislaman. Tujuan dari tayangan ini yaitu untuk memberikan edukasi dan juga menjadi hiburan yang berkualitas juga mendidik pada anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tayangan “Nussa Official†dengan sikap religi anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dengan menggunakan grand theory Stimulus – Organism - Respons. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner dan studi pustaka. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampel Probabilitas Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang kuat dalam menonton tayangan Youtube “Nussa Official†terhadap sikap religi anak sekolah dasar negeri kota Bandung. Diantara variabel yang telah dihitung terdapat aspek registrasi yang tidak memiliki keterhubungan dengan sikap religi anak sehingga kategori hubungannya pun rendah, selebihnya aspek-aspek lain memiliki hubungan yang kuat dan cukup kuat. 


Keywords


Program, Religious, New Media, Social Media, Youtube

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, S. 1988. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Edisi ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, dalam Ananda. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, S., 2011. Sikap dan Perilaku. Dalam: Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

McQuail, Denis. 2012. Teori Komunikasi Massa buku 1 edisi 5. Jakarta : Salemba Humanika

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik (Cetakan Kelimabelas). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Putri, Dian Widya, Stephani Raihana Hamdan, Yulianti. 2017. Perilaku Bermedia Digital dalam Pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi di Kalangan Dosen Unisba. Vol 10, No 1. ISSN: 2581-0758. Universitas Islam Bandung. Bandung. Available at

https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/2731/pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18857

Flag Counter   Â