Semiotika Makna Edukasi Iklan Layanan Masyarakat Bank Indonesia versi "Perjalanan Rupiah" di Youtube

Via Rini Anggraeni

Abstract


Abstract. Semiotic analysis is one of the sciences or methods of analysis to examine signs. It is undeniable that humans live and communicate using many signs in Public Service Ads. In Public Service Ads messages are conveyed that are used to arouse public awareness of the problems they face, namely conditions that can be carried out in harmony and general life. When someone is watching Public Service Ads, the message (message) delivered by Public Service Ads takes in making it into the services of the Public Service Ads. The purpose of this study is the meaning of Education contained in the Bank Indonesia Public Service Advertisement "Perjalanan Rupiah" version on Youtube through semiotic interpretation.This study uses a qualitative method with approach of Charles Sanders Peirce's semiotic analysis, which these ads will be analyzed with more emphasis on aspects of the sign, object, and interpretant. Sign, object, and interpretant are a unity in Peirce's semiotic analysis, that interrelated and can not be separated from one another. From all of these aspects then will be drawn to a conclusion about how meaning of Education contained in the Bank Indonesia Public Service Advertisement "Perjalanan Rupiah"edition on Youtube.

 

Keywords: semiotics, the meaning of education, public service advertising

 

Analisis semiotik merupakan suatu ilmu atau metode analisis untuk mengkaji tanda. Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia hidup dan berkomunikasi dengan menggunakan banyak tanda misalnya saja dalam Iklan Layanan Masyarakat. Dalam Iklan Layanan Masyarakat disajikan pesan-pesan sosial yang dimaksudkan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keserasian dan kehidupan umum. Ketika seseorang menonton sebuah Iklan Layanan Masyarakat, maka pesan (message) yang disampaikan oleh Iklan Layanan Masyarakkat berperan dalam pembentukan persepsi seseorang terhadap maksud pesan dalam Iklan Layanan Masyarakat tersebut.Penelitian ini akan mencari makna Edukasi yang terdapat dalam Iklan Layanan Masyarakat Bank Indonesia versi "Perjalanan Rupiah" melalui semiotika. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data, penulis menggunakan cara yang relevan dengan metode analisis semiotik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Charles Sanders Peirce, dimana analisis iklan ini akan lebih ditekankan pada aspek sign, object, dan interpretant. Ketiga aspek tersebut merupakan satu kesatuan dalam analisis semiotika Peirce, yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dari ketiga aspek inilah nantinya dapat ditarik suatu kesimpulan mengenai bagaimanakah Makna Edukasi yang terkandung dalam Iklan Layanan Masyarakat Bank Indonesia versi “Perjalanan Rupiah†di Youtube.

 

Kata kunci : semiotika, makna edukasi, Iklan Layanan Masyarakat


Keywords


semiotika, makna edukasi, Iklan Layanan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar Edisi Revisi. Bandung PT Remaja Rosdarkarya.

Pujiyanto. 2013. Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Sobur, Alex. 2017. Semiotika Komunikasi. Bandung .Remaja Rosdakarya.

Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia

Jurnal

Kurniadi, Oji dalam “Perempuan dalam Tayangan Iklan di Televisi†jurnal mediator vol.8 No.1v. Juni 2007




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18834

Flag Counter   Â