Kegiatan Stakeholder Relations di Trans Studio Mall Bandung

Ghinaa Raisya Fauziyyah, M. Subur Drajat

Abstract


Trans Studio Mall (TSM) Bandung is one of shopping mall that has become main destination to shop and spend times, with many tenants and stores to attract customers. TSM has Tenant Relations Department that is specialized to handle all tenant necessities. The objectives of this research are: (1) To understand reason why TSM have Tenant Relations Dept, (2) To understand Tenant Relations Dept roles in developing stakeholder relations in TSM, (3) To find out the results of stakeholder relations activities carried by Tenant Relations Dept in managing relatinships with tenant at TSM. Purposive method is used for sample taking where the subject is choosen according to research objective. Data collection taken by interview, observation, literature study and internest sources. Based on this study the result shows that the reason for the existence of Tenant Relations includes promotion, the source of income for the mall, qualifying tenants, fostering relationships with stakeholders, conveying management policies to tenants, maintaining stakeholder loyalty and overcoming if tenants experience complaints. These reasons can be grouped into two aspects, namely business aspects and management aspects. Tenant Relations in carrying out its role as a bridge of communication between management and tenants and conducts socialization related to policies, programs or activities that will be implemented. In addition, there are also results obtained from the establishment of Tenant Relations which can be divided into two aspects, namely business aspects and aspects of public relations. These business aspects include increasing sources of income, loyal tenants and increasing number of visitors. Whereas from the aspect of public relations, the results obtained include improving the image, facilitating the dissemination of information and creating familiarity with stakeholders.

 

Trans Studio Mall (TSM) Bandung merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang banyak diminati masyarakatnya yang ingin berbelanja maupun hanya sekedar jalan-jalan. Kehadiran tenant atau gerai-gerai toko merupakan salah satu daya tarik masyarakat untuk berkunjung. Manajemen TSM ini memiliki departemen khsusus yang bertugas untuk menangani seluruh kebutuhan yang berkaitan dengan kepentingan tenant yaitu Dept. Tenant Relations. Penelitian ini difokuskan pada peran Tenant Relations dalam mengelola hubungan dengan tenant sebagai salah satu kegiatan Public Relations. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mengetahui mengapa terdapat Tenant Relations di TSM. (2) Untuk mengetahui peran Tenant Relations dalam membangun stakeholder relations di TSM. (3) Untuk mengetahui hasil kegiatan stakeholder relations yang dilakukan oleh Tenant Relations dalam mengelola hubungan dengan tenant di TSM. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pemilihan sampling di sini dengan menggunakan teknink purposive dimana subjek dipilih dengan menyesuaikan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan antara lain mengguakan wawancara mendalam, observasi, dokumen, studi kepustakaan dan sumber internet. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan terdapatnya Tenant Relations ini antara lain sebagai wadah promosi, sumber pemasukan bagi mall, melakukan kualifikasi terhadap tenant, membina hubungan dengan stakeholder, menyampaikan kebijakan manajemen kepada tenant, menjaga loyalitas stakeholder dan mengatasi apabila tenant mengalami keluhan. Alasan-alasan tersebut dapat dikelompokkan ke dalam dua aspek yaitu aspek bisnis dan aspek manajemen. Tenant Relations dalam menjalankan perannya sebagai jembatan komunikasi antara manajemen dengan tenant dan mengadakan sosialisasi terkait kebijakan, program atau kegiatan yang akan dilaksanakan. Selain itu juga terdapat hasil yang diperoleh dari kegiatan stakeholder relations  yang dilakukan oleh Tenant Relations yang dapat dibagi ke dalam dua aspek yaitu aspek bisnis dan aspek humas. Aspek bisnis ini antara lain sumber pendapatan meningkat, tenant loyal dan jumlah pengunjung yang meningkat. Sedangkan dilihat dari aspek humas, hasil yang diperoleh diantaranya meningkatkan citra, mempermudah penyebaran informasi dan terciptanya keakraban dengan stakeholder. 


Keywords


Kegiatan Public Relations, Tenant Relations, Stakeholder, Trans Studio Mall Bandung

Full Text:

PDF

References


Kriyantono, Rachmat. 2014. Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Kumariyah, Tutik. 2016. Peran Public Relations dalam Meningkatkan Citra Perusahan. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri.

Pureklolong, Florensius. 2017. Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi (Konsepsi dan Aplikasi). Jakarta: PT Grafindo Persda.

Suparna, Tine Silvana dan Yunus Winoto. 2013. “Keterbukaan Komunikasi dalam Menciptakan Iklim Komunikasi yang Kondusif di Perpustakaanâ€, dalam Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, Vol 1, No. 2, Desember 2013.

Susanto, Y.K & Tarigan, J. 2013. “Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report terhadap Profitabilitas Perusahaanâ€, dalam Jurnal Business Accounting Review. Vol. 1, No. 2.

Yulianita, Nurrahmawati dan Tresna Wiwitan. 2016. “Pengaruh Knowledge Public Relations terhadap Kualitas Pelayanan ‘Reliability’ kepada Stakeholdersâ€, dalam Jurnal Prosiding SnaPP2016 Sosial , Ekonomi dan Humaniora. Vol. 6, No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17993

Flag Counter   Â