Makna Logo Lampion dalam Kemasan Mochi Kota Sukabumi

Ringky Samudra, Teguh Ratmanto

Abstract


Abstract. Logos are used for established an identity in a company and also to convey a messages that the company wants to convey. The lantern logo used by a souvenirs product of Sukabumi City, it contained a message, background, values, beliefs, knowledge, and the producer’s point of view. This research was expected to provide a knowledge and insight into a logo by using Charles Sanders Pierce’s semiotics. There were three purposes of knowing the logo : firstly, to find out the meaning of the lantern logo icon. Secondly, to find out the meaning of the lantern logo index and also to find out the meaning of the symbol on the lantern logo. This study used a qualitative approach and semiotic analysis. Semiotics is a science or method of analysis to examine a sign. Data collection techniques used by analyzing logos, intereviews, documentation and literature. There were three ways to analyze data, reduce data, display data, and draw the conclusions. Based on the data analysis, it concluded that as the Mochi Kaswari logo was the lantern, it meant that it would as light as a lantern lamps. The logo was dominated by two different colors which were red and silver/white. The colors were intended as the gols to be achieved by the company. Indirectly, the logo established an image for the Mochi Kaswari Company. The logo had a cultural connection with a Chinese culture, but for the meanings, not all meanings were the same as Chinese culture.

Keyword: Logo, Lantern, Charles Sanders Pierce

Abstrak. Logo berguna untuk membangun identitas dalam suatu perusahaan dan juga dapat menyampaikan suatu pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan. Logo lampion yang digunakan oleh suatu produk oleh-oleh khas Kota Sukabumi, didalamnya terkandung suatu pesan, latar belakang, nilai-nilai, keyakinan, pengetahuan, dan pandangan hidup dari produsen tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan ilmu pengetahuan dan wawasan mengenai suatu logo dengan menggunakan semiotika Charles Sanders Pierce. Ada tiga bagian tujuan dalam mengetahui logo tersebut, untuk mengetahui makna ikon logo lampion, makna indeks logo lampion, dan makna simbol pada logo lampion. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan juga jenis dari penelitian ini menggunakan analisis semiotika. Semiotika adalah suatu ilmu atau metode analisis untuk mengkaji suatu tanda. teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara menganalisis logo, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Terdapat tiga cara dalam melakukan analisis data, reduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa, logo Mochi Kaswari berbentuk lampu lampion yang memiliki kesamaan sebagai penerang. Logo tersebut di dominasi oleh dua warna yang berbeda yaitu warna merah dan warna silver atau putih, warna-warna tersebut dimaksudkan sebagai tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Secara tidak langsung logo tersebut membentuk suatu citra bagi perusahaan Mochi Kaswari. Logo tersebut memiliki keterkaitan budaya dengan budaya Cina atau Tionghoa, tetapi maknanya tidak semua sama dengan budaya tersebut.

Kata Kunci: Logo, Lampion, Charles Sanders Pierce.


Keywords


Logo, Lampion, Charles Sanders Pierce

Full Text:

PDF

References


Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Ed ke-1. Yogyakarta:C.V Andi Offset.

Liao, Sabrina. 2018. Chinese Astrology. Cet ke-3. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mulyana, Deddy M.A. 2012. Suatu Pengatra Ilmu Komunikasi. Cet ke-16. Bandung: SRemaja Rosdakarya.

Purnama, Reka A. 2014. Komunikasi Bisnis. Cet ke-1. Sukabumi: Al Fath Zumar.

Sartini, Ni wayan. Tinjauan Teoritik tentang Semiotik, http://journal.unair.ac.id. Tanggal akses 26 April 2018, pk. 10.30 WIB.

Semita, Muryani J. 2018. Percakapan 3 Bahasa. Cet ke-1. Yogyakarta:Pusat Kajian Bahasa.

Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi. Cet ke-1. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sriwitari, Ni Nyoman., I.G.N. Widnyana. 2014. Desain Komunikasi Visual. Cet ke-1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tinarbuko, Sumbo. 2013. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Cet ke-1. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16900

Flag Counter   Â