Efektivitas Kampanye Vaksin Difteri di Media Sosial Instagram @Biofarmaid
Abstract
Abstract. This research entitled "The Effectiveness of Diphtheria Vaccine Campaign on Instagram @biofarmaid" Social Media, "which aims to find out how @biofarmaid meets the needs expected by @biofarmaid Instagram followers. This research was conducted in Instagram's direct social media message with the object of research, namely the @biofarmaid Instagram followers. To get the effects and reality that occur among @biofarmaid Instagram followers. This study resulted in a conclusion that PT Bio Farma was considered to have good sense, good moral character, and good will.
Keywords: Communication, Online Media, Vaccine Campaign, Internalization, Identification, Submission
Abstrak. Penelitian ini berjudul “Efektivitas Kampanye Vaksin Difteri Di Media Sosial Instagram @biofarmaidâ€, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana @biofarmaid memenuhi kebutuhan yang diharapkan oleh para pengikut instagram @biofarmaid. Penelitian ini dilakukan di direct message media sosial instagram dengan objek penelitiannya yaitu para pengikut instagram @biofarmaid. Untuk mendapatkan efek dan realitas yang terjadi di kalangan pengikut Instagram @biofarmaid. Penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan bahwa PT Bio Farma dinilai memiliki good sense, good moral character, dan good will.
Kata kunci: Komunikasi, Media Online, Kampanye Vaksin, Internalisasi, Identifikasi, Ketundukan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antar, Venus. 2004. Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekaatam Media
Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations.
Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian Untuk Public Relatios Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Atep Adya Barata. 2003. Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Elex Media Kompetindo.
Boyd, d. m., & Ellison, N. B. (2007 : p.2). Social network sites: Definition, history, and scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication. Sosial Media
Flew, T. 2005. New media : an introduction (edisi kedua). Oxford University Press
Gregoru, Anne. 2004. Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relations. Jakarta: Erlangga
Gudykunst, W.B. and B. Mody. 2002. Handbook of International and Intercultural Communication. London : Sage Publication
Hamidi. 2010. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: UMM Press
Handayaningrat, Soewarno. 1994. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Haji Masagung
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moch.Nazir. 2003. Metode Penelitian. Salemba Empat, Jakarta,63.
Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi Cetakan Pertama. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta:
Kencana Prenadamedia Group.
Pfau, Michael dan Roxanne Parrot. (1993). Persuasive Communication Campaign, Massachussets; Allyn dan Bacon
Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Roger, EM & Storey J.D. 1987. Communication Campaign. Dalam C. R. Berger & S.H. Chaffe (Eds.). Handbook of Communication Science. New Burry Park : Sage
Ruslan, Rusady. 1999. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi (Konsepsi Dan Aplikasi). Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Ruslan, Rosady. 2005. Kiat dan Strategi Kampanye Publik Relations.
Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.
Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Supranto. 2008. Statistika Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Erlangga
Sugiyono. 1997. Metodologi Penelitian Administrasi. Yogjakarta: CV Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Van Dijk, Jan. 2006. The Network Society: Social Aspect of New Media Second Edition. London: Sage Publication
Zarella, Dan. 2010. The Social Media Marketing Book. Jakarta : PT Serambi Ilmu
Semesta
“Data Pengguna Instagram di Indonesiaâ€, https://www.tek.id/tek/instagram-di-indonesia-didominasi-pengguna-pria-b1U2A9bXi. Tanggal akses 24 Oktober 2018, pk. 16.20 WIB
“Kampanye Vaksin Difteri Bio Farmaâ€, https://www.instagram.com/biofarmaid. Tanggal akses 24 Oktober 2018, pk. 17.15 WIB.
“Pengertian Sosial Media Instagramâ€, https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram. Tanggal akses 27 Oktober 2018, pk. 13.57 WIB
“Sejarah Singkat PT Bio Farma (Persero)â€, http://www.biofarma.co.id/. Tanggal akses 5 November 2018, pk. 21.42 WIB
“Instagram PT Bio Farma (Persero) @biofarmaid†http://www.instagram.com/biofarmaid. Tanggal akses 3 November 2018, pk. 16.56 WIB.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16798
  Â