Hubungan antara Marketing PR PT PLN (Persero) Area Cimahi dengan Kepuasan Pelanggan di Kota Cimahi

Syifa Aulia Rahmani, Wulan Trigartanti

Abstract


Abstract. Human needs will receive electrical energy as an absolute and fundamental thing. Many activities cannot run optimally without electricity. PT PLN (Persero) is a State-Owned Enterprise (BUMN) engaged in electrical services. One of the tasks of the face is to provide services for the entire Indonesian nation. PT PLN (Persero) is the sole specialist in the electricity business, with the Government of the Republic of Indonesia as the largest shareholder. One of the services provided by PT PLN (Persero) Cimahi Area is a new electrical plug service. New Plug Electricity is the process of installing new connections to customers' homes or other buildings such as schools, religious facilities, companies, hotels, and others that issue electrical energy. Not understanding what happened at the end of 2017, namely the number of new customers in Cimahi City, making PT PLN (Persero) Area Cimahi aggressively conduct PR marketing activities to the people of Cimahi City. PT PLN (Persero) Cimahi Area is an implementing unit whose organizational structure is based on PT PLN (Persero) Distribution of West Java. The purpose of this activity is to evaluate and do not or not have a relationship between PR Marketing PT PLN (Persero) Cimahi Area with new customer satisfaction in Citeureup District, Cimahi City. Theory which is 6 (six) Mega Marketing according to Kotler, namely Product, Price, Place, Promotion, Power, and Public Relations. So, the results obtained from this process can indicate a relationship between Marketing PR PT PLN (Persero) Area Cimahi with customer satisfaction in Cimahi City with a degree of obsolescence of moderate relations and a positive direction.

Keywords: Public Relations Marketing, Customer Satisfaction, PT PLN (Persero).

Abstrak. Kebutuhan manusia akan adanya energi listrik merupakan hal yang mutlak dan mendasar. Banyak kegiatan manusia yang tidak dapat berjalan secara optimal tanpa adanya listrik. PT PLN (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang jasa kelistrikan. Salah satu tugas utamanya adalah menyediakan jasa kelistrikan untuk kebutuhan seluruh bangsa Indonesia. PT PLN (Persero) adalah pelaku tunggal dalam usaha kelistrikan, dengan Pemerintah Republik Indonesia sebagai pemegang saham terbesar. Salah satu jasa yang diberikan oleh PT PLN (Persero) Area Cimahi yaitu layanan pasang baru listrik. Pasang Baru Listrik adalah suatu proses pemasangan sambungan listrik baru ke rumah pelanggan atau bangunan lainnya seperti sekolah, sarana ibadah, perusahaan, hotel, dan lain-lain yang memerlukan energi listrik. Melihat permasalahan yang terjadi pada akhir tahun 2017, yakni belum tercapainya jumlah pelanggan pasang baru listrik di Kota Cimahi, sehingga membuat PT PLN (Persero) Area Cimahi gencar melakukan kegiatan Marketing PR kepada masyarakat Kota Cimahi mengenai layanan pasang baru listrik tersebut. PT PLN (Persero) Area Cimahi merupakan unit pelaksana yang struktur organisasinya menginduk kepada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menguji dan menganalisis ada atau tidaknya hubungan antara Marketing PR PT PLN (Persero) Area Cimahi dengan kepuasan pelanggan pasang baru listrik di Kecamatan Citeureup Kota Cimahi. Teori yang digunakan yakni 6 (enam) unsur Mega Marketing menurut Kotler, yakni Product, Price, Place, Promotion, Power, dan Public Relations. Maka, hasil yang diperoleh melalui penulisan ini dapat menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Marketing PR PT PLN (Persero) Area Cimahi dengan kepuasan pelanggan di Kota Cimahi dengan tingkat keeratan hubungannya adalah sedang dan arah hubungan yang positif.

Kata kunci : Marketing Public Relations, Kepuasan Pelanggan, PT PLN (Persero).

 


Keywords


Marketing Public Relations, Kepuasan Pelanggan, PT PLN (Persero)

Full Text:

PDF

References


Buku:

Ardianto, Elvinaro, Soemirat Soleh. 2008. Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations Praktis, Edisi pertama. Jakarta: Widya Padjajaran.

Barnes, James G. 2003. Secrets of Customer Relationship Management. (Terjemahan Andreas Winardi). Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2012. Marketing Management, 14th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Rangkuti, Freddy. 2003. Measuring Customer Satisfanction: Gaining Customer Relationship Strategy: Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan & Analisis Kasus PLN-JP. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif & RND. Bandung: Afabeta.

Sumber lain:

Tresnati, Ratih. 2005. “Pemasaran bagi Petualang sebagai Kegiatan Komunikasi Pemasaranâ€, dalam MediaTor Vol.7, No.2, Desember 2006 (hal. 203)

Wicaksono, Pebrianto Eko. 2018. Tambahan Pasokan Listrik di 2017 Tak Capai Target, dalam Liputan6.com. 10 Januari 2018, pk 16:45 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11629

Flag Counter   Â