Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Menggunakan Sistem Autodebet di BRI Syari’ah Kantor Kas Unisba

Sena Septian, Ratih Tresnati, Eva Misfah Bayuni

Abstract


Abstract. The decision the purchase of customers an achievement of a corporation. The decision to use a customers to autodebet in a bank bri syari’ah cash offices unisba is weak. And to draw customers the bank admitted has using means marketing using the word of mouth marketing. The based on the above analysis , points a problem which was formulated in this research is: how the implementation of word of mouth in bri syari’ah kk unisba ?How the decision is the utilization of the system autodebet in bri syari’ah kk unisba ?How the influence of word of mouth of the decision of college students to use a autodebet in bri syari’ah kk unisba ?. Research methodology used in research is using analysis descriptive with the quantitative approach used software spss 22.0 version. The research results show that: the first , the implementation of the word of mouth in bri syari’ah kk unisba was assessed as good with a score of the continuum of as much as 4144 with the percentage a score as much as 74.8 % of the total score 1100 – 5500. Second , the decision to use a student in autodebet in bri syari’ah kk unisba was assessed as good with a score of the continuum of as much as 2371 with the percentage a score as much as 79,03 % of the total score 600 -3000. Third , variable x ( word of mouth ) significant on variables y ( a decision use the autodebet ). With the significance < 0,05 ( 0,000 < 0,05 ) , so that we can conclude that variable x ( word of mouth ) influences variable y ( use the decision autodebet ) with an R square is 0,485 or 48,5 %. Shows that how major word of mouth of the decision use the autodebet of 48,5 %.This means that although significant but a given influence weak.

Keywords: Word Of Mouth, The Dicision Use the Autodebet System

 

Abstrak. Keputusan pembelian nasabah merupakan prestasi dari sebuah perusahaan. Keputusan nasabah untuk menggunakan sistem autodebet di Bank BRI Syari’ah Kantor Kas UNISBA masih kurang. Padahal untuk menarik para nasabah pihak bank mengakui sudah menggunakan cara pemasaran dengan menggunakan alat pemasaran word of mouth. Berdasarkan uraian tersebut, poin masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan word of mouth di BRI Syari’ah KK UNISBA? Bagaimana keputusan penggunaan sistem autodebet di BRI Syari’ah KK UNISBA? Bagaimana pengaruh word of mouth terhadap keputusan mahasiswa untuk menggunakan sistem autodebet di BRI Syari’ah KK UNISBA?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan software SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan word of mouth di BRI Syari’ah KK UNISBA dinilai baik dengan skor kontinum sebesar 4144 dengan persentase skor sebesar 74,8% dari total skor 1100 – 5500. Kedua, keputusan mahasiswa dalam menggunakan sistem autodebet di BRI Syari’ah KK UNISBA dinilai baik dengan skor kontinum sebesar 2371 dengan persentase skor sebesar 79,03% dari total skor 600 – 3000. Ketiga, variabel X (word of mouth) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (keputusan menggunakan sistem autodebet). Dengan nilai signifikansi <0,05 (0,000<0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X (word of mouth) berpengaruh terhadap variabel Y (keputusan menggunakan sistem autodebet) dengan nilai R Square adalah 0,485 atau 48,5%. Menunjukkan bahwa besarnya pengaruh word of mouth terhadap keputusan menggunakan sistem autodebet sebesar 48,5%. Hal ini berarti meskipun signifikan namun pengaruh yang diberikan lemah.

Kata Kunci: Word Of Mouth, Keputusan Menggunakan Sistem Autodebet


Keywords


Word Of Mouth, Keputusan Menggunakan Sistem Autodebet

Full Text:

PDF

References


Boonlertvanich Kawee, “Journal Consumer Buying and Decision Making Behaviour of a Digital Camera in Thailandâ€, 2009, RU. Int vol. 3(1)

Buchori Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung, 2008.

Kotler & Keller, Manajemen Pemasaran Edisi.13 Jilid.1, Erlangga, Jakarta, 2008.

…., Marketing Management: 14th Edition, Prentice Hall, New Jersey, 2012.

…., Op.Cit.,2012, hlm. 190.Philip Kotler dan Kevin Lane, Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta, 2008.

Puji Rahayu, “Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Smartfren Andromaxâ€, E-Journal UNESA, 2013.

Year Yulista, “Model Word Of Mouth Komunikasi Pemasaran Perguruan Tinggiâ€, Journal Communication Spectrum, Vol.2 No.1, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v4i1.8799

Flag Counter   Â