Pengaruh Efektivitas Promosi Above The Line dan Below The Line Terhadap Keputusan Pembelian Produk di BRI Syariah KK Unisba

Lisda Yunita, Sri Suwarsi, Eva Misfah Bayuni

Abstract


Above the line yaitu aktivitas promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk citra merek yang diinginkan. Dan below the line yaitu promosi yang dilakukan tingkat retail dengan tujuan merangkul konsumen supaya aware dengan produk. Fenomena yang terjadi bahwa sejumlah promosi yang dilakukan oleh BRI Syariah KK UNISBA belum mampu menarik minat nasabah baru karena promosi yang dilakukan oleh bank dirasa belum efektif  maka tidak semua produk di BRI Syariah diketahui oleh masyarakat, sehingga kuantitas dari nasabah masih dirasa belum memenuhi target. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana efektifitas dari promosi above the linedanbelow the line yang dilakukan BRI Syariah KK UNISBA, bagaimana pengaruh efektifitas promosi above the line dan below the line terhadap keputusan pembelian produk di BRI Syariah KK UNISBA secara parsial maupun secara simultan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif, pengujian dilakukan dengan analisis regresi linier berganda, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh efektivitas promosi above the line dan below the line terhadap keputusan pembelian produk di BRI Syariah KK UNISBA.Hasil penelitian menunjukan bahwa: pelaksanaan promosi above the linedikatakansudahefektif dengan diukur 4 dimensi periklanan, promosi penjualan, acara khusus & pengalaman, hubungan masyarakat & publisitas,skor tertinggi adalah dimensi periklanan sebesar 1635 (Baik). Below the linepun dikatakansudahefektifdengandiukur  4 dimensi penjualan perorangan, pemasaran langsung, pemasaran dari mulut ke mulut, dan pemasaran interaktif,skor tertinggi dimensi penjualan perorangan dengan skor 1631 (Baik). Keputusan pembelian produk di BRI Syariah KK UNISBA dikatakansudahbaikdiukurdengan5 dimensi pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian, skor tertinggi adalah dimensi perilaku pasca pembelian dengan skor 1243 (Baik). Hasil penelitian uji t, tidak terdapat pengaruh yang signifikan dalam pelaksanaan promosi above the line karena tingkat signifikansi X1 0,740>0,05. Hasil penelitian uji F, terdapat pengaruh dalam pelaksanaan promosi above the line dan below the line secara simultanterhadap tingkat keputusan pembelian produk di BRI Syariah KK UNISBA. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai F hitung>F tabel sebesar 14,068>3,090 dan tingkat signifikansi 0,000<0,05.


Keywords


Above The Line, Below The Line, Keputusan Pembelian

References


BasuSwastadanIrawan.ManajemenPemasaran Modern.

FandyTjiptono danGregorius Chandra. 2012. PelayananStrategik. Yogyakarta:

ANDI.http://www.brisyariah.co.id/?q=sejarah diakses 28 Desember 2016 pukul 15:35 WIB

NurIndriartoro. 2002. MetodePenelitianBisnisEdisiPertama. Yogyakarta: BPFE.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. 2009.Manajemen Pemasaran. Jakarta:PT Indeks.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management, Pearson Education, 14th Editions. USA

SuharsimiArikunto. 2010.Dasar-dasarEvaluasiPendidikan. Jakarta: PT.BumiAksara.

Wiyono. 2007.TeoriEfektifitas. Depok: PT Graha Gresik.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v3i2.7732

Flag Counter   Â