Analisis Pengaruh Total Qualith Management (TQM) terhadap Kinerja Manajerial di Bank BRI Syariah KCI Citarum Bandung

Amanah Wardiah Jannah, N Eva Fauziah, Dudung Abdurrahman

Abstract


Total Quality Management (TQM) merupakan alat atau pendekatan yang dilakukan perusahaan dengan melakukan perbaikan secara kontinyu terhadap seluruh aspek bagian organisasi yaitu produk, proses, lingkungan termasuk sumber daya manusia yang bertujuan untuk mencapai kesuksesan jangka panjang serta mampu bersaing dengan perusahaan lain. Perusahaan akan maju dan berkembang dengan meningkatkan kinerja manajerial yang berdampak pada peningkatan keuntungan serta menambah kepercayaan investor ke perusahaan. Indikator TQM yang digunakan dalam penelitian ini yaitu fokus pada pelanggan, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, kerjasama tim, perbaikan sistem secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, keterlibatan dan pemberdayaan karyawan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan sampel jenuh berjumlah 42 orang karyawan. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Metode analisis data yaitu metode deskriptif verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi pelaksanaan total quality management (TQM) di Bank BRISyariah KCI Citarum Bandung dinilai sangat baik dengan skor kontinum sebesar 3277 dari total skor 756 - 3781. Namun kondisi pelaksanaan kinerja manajerial di Bank BRISyariah KCI Citarum Bandung dinilai cukup dengan skor kontinum sebesar 999 dari total skor 336 – 1681. Adapun pengaruhnya sebesar 11,4% dengan nilai sig < 0,05 (0,029 < 0,05).

Abstrak. Total Quality Management (TQM) merupakan alat atau pendekatan yang dilakukan perusahaan dengan melakukan perbaikan secara kontinyu terhadap seluruh aspek bagian organisasi yaitu produk, proses, lingkungan termasuk sumber daya manusia yang bertujuan untuk mencapai kesuksesan jangka panjang serta mampu bersaing dengan perusahaan lain. Perusahaan akan maju dan berkembang dengan meningkatkan kinerja manajerial yang berdampak pada peningkatan keuntungan serta menambah kepercayaan investor ke perusahaan. Indikator TQM yang digunakan dalam penelitian ini yaitu fokus pada pelanggan, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, kerjasama tim, perbaikan sistem secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, keterlibatan dan pemberdayaan karyawan.

Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan sampel jenuh berjumlah 42 orang karyawan. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Metode analisis data yaitu metode deskriptif verifikatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi pelaksanaan total quality management (TQM) di Bank BRISyariah KCI Citarum Bandung dinilai sangat baik dengan skor kontinum sebesar 3277 dari total skor 756 - 3781. Namun kondisi pelaksanaan kinerja manajerial di Bank BRISyariah KCI Citarum Bandung dinilai cukup dengan skor kontinum sebesar 999 dari total skor 336 – 1681. Adapun pengaruhnya sebesar 11,4% dengan nilai sig < 0,05 (0,029 < 0,05).

Kata Kunci : Total Quality Management (TQM), Kinerja Manajerial.

 

Abstract. Total Quality Management is a tool or an approach taken by a company to conduct continual improvement of all aspects of the organization, namely, product, process, and environment including human resources in order to achieve long term success and to be competitive against other companies. The company will be developed and developing managerial performance with improving that impact on improving investor confidence as well as add profit to the company. The TQM indicators used in this research are focus on the customers, scientific approach, long term commitment, teamwork, continual system improvement, education and training, and employee involvement and empowerment.

The research method used was the quantitative with saturated samples totaling 42 employees.The data collection techniques used were documentation, interview, and questionnaire. The method of data analysis used was the verificative/verified descriptive method.

The result of the research shows that the condition of the implementation of Total Quality Management in Citarum Branch of BRI Syariah Bank Bandung is considered to be very good with the continuum score of 3277 from the total span of scores of 756 – 3781. But the condition of the implementation of managerial performance in Citarum Branch of BRI Syariah Bank Bandung is considered to be adequate with the continuum score of 999 from the total span scores of 336 – 1681. And there was the influence 11,4% with the value of sig < 0,05 (0,029 < 0,05).


Keywords


Total Quality Management, Managerial Performance

References


Benyamin Molan. 2002. Glosarium Prentice Untuk Manajemen Dan Pemasaran. Jakarta : PT. Prenhallindo. 2014.

Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana. TQM Total Quality Management Edisi Revisi. Yogyakarta : Andi. 2002.

Juliansyah Noor. Penelitian Ilmu Manajemen. Jakarta : Penada Media Group.

M.N.Nasution. 2015. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Mangement). ed. 3. Bogor : Ghalia Indonesia. 2013.

Susatyo Herlambang. Pengantar Manajemen. Yogyakarta : Gosyen Publishing. 2013.

Timotius Duha. Perilaku Organisasi. Yogyakarta : CV Budi Utama. 2014.

Jaeqline Citraluki. Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM) terhadap Kepuasan Pelanggan pada Indomaret Sekecamatan Kartasura, Jurnal. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 2016.

Nugroho Widiastomo. Analisis Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajerial pada PT. Arismandiri Pratama di Kota Demak. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. 2015.

Muslikun dkk. Analisis Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Manajerial dengan Gaya Kepemimpinan, Sistem Pengukuran Kinerja Dan Sistem Penghargaan sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi,Vol 24. No 40. 2016.

Henny Zukira Lubis. Pengaruh Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial dengan Sistem Pengukuran Kinerja sebagai Variabel Moderating (Studi pada Perusahaan Manufaktur di KIM). Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. Vol 8 No.1. 2008.

Andrea Venty Meidiyana dkk. Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Manajaerial dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan (Reward) sebagai Variabel Moderating pada PT INKA (Persero) Madiun. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi. Vol. 20 No. 01. 2014.

http://repository.uin-suska.ac.id/2841/3/BAB%20II.pdf. Diakses pada tanggal 30 Mei 2017, pukul 21.21 wib.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v3i2.6659

Flag Counter   Â