PENGARUH PENERAPAN MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN DI BRI SYARIAH KANTOR CABANG SUNIARAJA BANDUNG

Ika Karmina, Asep Ramdan Hidayat, Epi Fitrah

Abstract


BRI Syariah merupakan salah satu bank syariah yang juga berusaha menjaga kinerja keuangannya, Untuk menjaga pelaporan keuangan secara efisien, tepat dan cepat, maka BRI menggunakan sistem Good  Corporate Governance (GCG), yang mana GCG adalah sistem yang digunakan untuk mengarahkan dan mengendalikan kegiatan perusahaan. Penerapan nilai-nilai Good Governance tersebut akan berdampak pada keputusan para invenstor, nasabah, deposan, dan pihak-pihak lain terkait kegiatan BRI Syariah KC Suniaraja untuk melakukan aktivitas keuangan bersama BRI Syariah. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut. Rumusan masalah penelitian ini (1) bagaimana penerapan mekanisme GCG dalam hal pelaporan keuangan pada bank BRI syariah KC Suniaraja, (2) Bagaimana ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan yang dilakukan BRI  syariah KC Suniraja, (3) bagaimana pengaruh penerapan meknisme GCG terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan KC Suniaraja. Penelitian ini bertujuan  (1) untuk mengetahui Penerapan mekanisme GCG dalam hal pelaporan keuangan di BRI Syariah KC Suniaraja Bandung, (2) untuk mengetahui ketepatan waktu dalam penyampaian laporan keuangan yang dilakukan BRI Syariah KC Suniaraja,  (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan mekanisme GCG terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan di BRI Syariah KC Suniaraja Bandung.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis verifikatif metode studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi liner sederhana. Dengan sumber data  menggunakan  kuisoner dan wawancara terhadap  penerapan GCG di BRI Syariah periode 2010-2013.

Berdasarkan hasil dan pembahasan peneliti menyatakan bahwa (1) penerapan mekanisme GCG dalam penyajian laporan keuangan di BRI Syariah KC Suniaraja masuk pada kriteria baik, (2) ketepatan penyampaian laporan keuangan yang dilakukan BRI Syariah KC Suniaraja Bandung periode 2011 – 2013 sudah tepat dan  sesuai dengan aturan perundang-undangan serta peraturan Bank Indonesia lainnya, (3)  pengaruh mekanisme Good Corporate  Governance (GCG) terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan pada BRI Syariah KC Suniaraja  sebesar 4.41% dan 95.59% dipengaruhi faktor lain.


References


Arief, & Bambang, Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan (Studi pada Perusahaan Go Publik Sektor Perbankan). Simposium Nasional Akuntansi X. 2001

Algoud, Latifa M dan Mervyn K. Lewis, Perbankan Syariah Prinsip, Praktik dan Prospek, PT. Serambi Ilmu Semesta, Jakarta. 2001.

Bambang Riyanto, Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, BPFE, Yogyakarta,1995.

Beasley, An Empirical Analysis of the Relation between Corporate Governance and Management Fraud, The Accounting Review , Vol.71 No.4. 1996.

Brigham Houston, Manajemen Keuangan, Buku II Edisi 8, Erlangga, Jakarta. 2011.

Dwi Prastowo, Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat Cetakan Ketujuh, BPFE, Yogyakarta. 2001.

Depag RI, Al Quran dan Terjemah, CV Diponegoro, Bandung. 2000.

Earl K. Stice, James D. dan K Fred Skousen, Akutansi Intermediate, Edisi 15 Buku 1, Salemba Empat, Jakarta. 2004.

Gunarsih, Struktur Corporate Governance dan Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan: Studi Pada Perusahaan Jasa di BEI. Jurnal Keuangan dan Perbankan, FE-UI, Jakarta. 2008.

Imam At Tabrani, Mukhtar Al Hadits III Hadits No. 283, Darul Fiqri, Beirut, tt.

Imam. S Tunggal dan Amin W. Tunggal, Membangun Corporate Governance. PT. Prenhalindo, Jakarta. 2002.

Ikatan Akuntan Indonesia, Standar Akuntasi Keuangan, Edisi 1 Cetakan 4, Salemba Empat, Jakarta. 2004.

Kasmir, Dasar-Dasar Perbankan, PT Grafindo, Jakarta. 2000.

Komite Nasional Kebijakan Governance. Pedoman Good Corporate Governance. Gramedia Group Jakarta. 2004.

M. Quraisy Shihab, Tafsir Al Misbah Jilid X, Mizan, Bandung, 2001.

Mohammad Nazir, Metode Penelitian. PT. Ghalia Indonesia, Jakarta, 1983.

Mohammad Wahyudin Zarkasyi, Good Corporate Governance Pada Badan Usaha Manufaktur, Perbankan, Jasa Keuangan Lainnya. Bandung: Alfabeta, 2008.

Nurul Huda dan Mustafa Edwin Nasution, Current Issues Lembaga Keuangan Syariah. Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2009.

Rees, W., & Giner, B., On Asymmetric Recognition of Good and Bad News in France, Germany and the UK. Journal of Business Finance and Accounting, 2001.

Siswanto, Sutojo dan E. Jhon Aldrige, GCG (Tata Kelola Perusahaan yang Sehat) Cetakan I. PT. Damar Mulia Pustaka. Jakarta, 2005.

Sita Supomo, Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Prinsip GCG, UI Press, Jakarta, 2008.

S. Munawir, Analisa Laporan Keuangan untuk Perbankan, Edisi Revisi 4 Cetakan 6, Djambatan, Jakarta. 1999.

Tjager, I Nyoman, Humprey R. Djimat dan Bambang Soembono, Corporate Governance, PT. Prenhalindo, Jakarta. 2003.

Uma Sekaran, Metodologi Penelitian Untuk Bisnis (Edisi 4, Buku 2), Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2006.

Veitsal Rivai, Bank and Finacial Intitutions Management, PT Rajawali Press, Jakarta, 2007.

Virginia, A., & Eleni, K.. The Role of Financial Accounting Information in Strengthening Corporate Control Mechanisms to Alleviatiate Corporate Corruption. Greece: University of Macedonia, 2008.

Van Horn, Wachowicz, Fundamentals Of Financial Management, eight edition, New Jersey: Prantice Hall. 1992.

Walsh, & Seward, On the Efficiency of Internal and External of Corporate Control Mechanisms, Academy Management Review , 1990.

www.brisyariah.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.516

Flag Counter   Â