Pengaruh Bauran Promosi terhadap Peningkatan Jumlah Minat Calon Jamaah Umraj di PT Dewangga Tour dan Travel Cabang Kabupaten Cilacap

Okti Listiani, Neneng Nurhasanah, Ratih Tresnati

Abstract


Abstract.Company tour and travel Hajj and umrah must have a special strategy because the segmentation more specific market share. In this case, rather than just developing good products, set prices and make it accessible to the target customers, but also must meet the appropriate values with religious teachings also values devotion. PT Dewangga Tour and Travel has been carrying out a promotional mix by using four promotional tools, namely advertising, direct marketing, sales promotion, personalselling. However this has not been able to increase the amount of interest in worshipers ' umrah. This research aims to find out how promotional mix implemented PT Dewangga Tour and Travel branch of Cilacap; to find out how the amount of interest the prospective pilgrims to. Mecca in PT Dewangga Tour and Travel branch of Cilacap; to find out how promotional mix Islamic influence against an increasing number of umrah pilgrims PT Dewangga Tour and Travel branch of Cilacap. Research methods used in this research is descriptive method and the verivikatif method. Data collection techniques used are documentatiton, interview guidelines, questionnaires and the study of librarianship. The data analysis was done using quantitative analysis, as well as seeking an independent variable influence the dependent variables against using simple regression analysis method and hypothesis testing. The result of this research show that the implementation of the promotion mix implemented by the management of PT Dewangga Tour and Travel the country Branch of the Cilacap i. e. advertising, direct marketing, sales promotion, and personal selling. The amount of interest the prospective pilgrims to Mecca in PT Dewangga Tour and Travel branch of Cilacap decline though with a little amount. There is a promotional mix Islamic influence towards increasing the amount of interest the prospective pilgrims to Mecca in PT Dewangga Tour and Travel Branch of 78.8% i.e. Cilacap.

Abstrak.Perusahaan tour and travel haji dan umrah harus mempunyai strategi khusus karena segmentasi pangsa pasar yang lebih khusus. Dalam hal ini, bukan hanya mengembangkan produk yang baik, menetapkan harga yang menarik dan membuat produk itu mudah diakses oleh pelanggan sasaran, tetapi juga harus memenuhi nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran agama juga nilai-nilai ketaqwaan. PT Dewangga Tour and Travel telah melaksanakan bauran promosi dengan menggunakan empat alat promosi yaitu periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan, penjualan pribadi. Namun hal ini belum mampu meningkatkan jumlah minat jamaah umrah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bauran promosi yang dilaksanakan PT Dewangga Tour and Travel Cabang Cilacap; untuk mengetahui bagaimana jumlah minat calon jamaah umroh di PT Dewangga Tour and Travel Cabang Cilacap; untuk mengetahui bagaimana pengaruh bauran promosi Islami terhadap peningkatan jumlah jamaah umrah di PT Dewangga Tour and Travel Cabang Cilacap.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, pedoman wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Analisa data yang dilakukan menggunakan analisis kuantitatif, serta mencari pengaruh variable independen terhadap variable dependen menggunakan metode analisa regresi sederhana dan pengujian hipotesis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bauran promosi yang dilaksanakan oleh manajemen PT Dewangga Tour and Travel Cabang Kabupaten Cilacap yaitu periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan, dan penjualan pribadi. Jumlah minat calon jamaah umroh di PT Dewangga Tour and Travel Cabang Cilacap mengalami penurunan walaupun dengan jumlah sedikit. Terdapat  pengaruh bauran promosi Islami terhadap peningkatan jumlah minat calon jamaah umroh di PT Dewangga Tour and Travel Cabang Cilacap yaitu sebesar 78,8 %.


Keywords


promotion, Umrah, and Marketing.

References


Herman Kartajaya dan M. Syakir Sula, 2006.Syariah Marketing, Bandung : Mizan.

Paul Peter J dan Olson, 2000, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi Empat, Jilid satu, Jakarta : Erlangga.

Philip Kotler dan Kevin Lane, 2009, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Jakarta :

Erlangga.

Ratih Hurriyati, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung : Alfabeta.

Sofyan assauri, 2003, Manajemen Pemasaran Jasa, Jilid Satu, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.3491

Flag Counter   Â