Analisis Dampak Ketidaksesuaian Informasi Jaminan Pembiayaan Mikro IB 25 terhadap Loyalitas Nasabah BRI Syariah Cabang Citarum Bandung

Reni Maryani, Asep Ramdan Hidayat, Ifa Hanifia Senjiati

Abstract


Abstract.Bank BRI Syariah offering a full range of financing, one of which is micro-financing products are divided into 3 groups. Among them are 25 iB microfinance, micro and micro iBiB 75 500. In making such financing there are requirements that must be met, one relating to warranties. According to information contained in brochures and online media, guarantees only apply to micro-finance and micro-iB75 and iB500, while the micro-iB 25 are unsecured. But in practice, at Bank BRI SyariahCitarum Bandung branch of microfinance iB 25 was subject to a guarantee, in this case there is a mismatch of information (not up to date) of the micro-financing guarantee iB 25. Based on these descriptions, points problems are formulated and wants to know is: how to deliver information assurance Micro Financing iB 25 at Bank BRI Syariah branch Citarum Bandung, how customer loyalty at Bank BRI Syariah branch Citarum Bandung, and how the impact of mismatch of information assurance Micro Financing iB 25 on customer loyalty in BRI Syariah Bank branch Citarum Bandung. The method used is quantitative method, data collection through a questionnaire to determine the response of respondents to each variable as well as conducting interviews with staff of the Division Microfinance iB 25 BRI Syariah Branch Citarum. The results of the study through questionnaires distributed to 16 microfinance clients iB 25, as many as 54.8% agree that information about the financial guarantees given micro-iB 25 through the website and brochure are not in accordance with the practice in the field. Only 48.4% of respondents who feel loyal to BRI Syariah branch Citarum. That is, many customers who doubted to be a loyal customer with microfinance products in BRI SyariahiB 25 due to the terms of any information not in accordance with the practice.Then through hypothesis testing using t-test showed that the sig. 0,011 <0,05 so Ho rejected, which means there are significant, suggesting that the mismatch information iB micro financing guarantees 25 significant effect on customer loyalty Citarum BRI Syariah branch.

Abstrak.Bank BRI Syariah menawarkan berbagai jenis produk pembiayaan, salah satunya yaitu produk pembiayaan mikro yang terbagi ke dalam 3 kelompok. Diantaranya adalah pembiayaan mikro iB 25, mikro iB 75 dan mikro iB 500. Dalam melakukan pembiayaan tersebut terdapat persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya berkaitan dengan jaminan. Menurut informasi yang terdapat di dalam brosur dan media online, jaminan hanya dikenakan terhadap pembiayaan mikro iB 75 dan mikro iB 500, sedangkan mikro iB 25 tidak dikenakan jaminan. Tetapi pada prakteknya, di Bank BRI Syariah cabang Citarum Bandung pembiayaan mikro iB 25 pun dikenakan jaminan, dalam hal ini terdapat ketidaksesuaian informasi (tidak up to date) mengenai jaminan pembiayaan mikro iB 25. Berdasarkan uraian tersebut, poin masalah yang dirumuskan dan ingin diketahui adalah: bagaimana penyampaian informasi jaminan Pembiayaan Mikro iB 25 di Bank BRI Syariah cabang Citarum Bandung, bagaimana loyalitas nasabah di Bank BRI Syariah cabang Citarum Bandung, dan bagaimana dampak ketidaksesuaian informasi jaminan Pembiayaan Mikro iB 25 terhadap loyalitas nasabah di Bank BRI Syariah cabang Citarum Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui kuesioner untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel serta melakukan wawancara terhadap Staf Divisi Pembiayaan Mikro iB 25 BRI Syariah Cabang Citarum. Hasil penelitian melalui kuesioner yang disebar kepada 16 nasabah pembiayaan mikro iB 25, sebanyak 54,8% menyatakan setuju bahwa informasi mengenai jaminan pembiayaan mikro iB 25 yang diberikan melalui website dan brosur tidak sesuai dengan praktik di lapangan.Hanya 48,4% saja responden yang merasa loyal terhadap BRI Syariah cabang Citarum. Artinya, banyak nasabah yang meragukan untuk menjadi nasabah yang setia dengan produk pembiayaan mikro iB 25 di BRI Syariah dikarenakan dari segi informasi saja tidak sesuai dengan praktiknya. Kemudian melalui pengujian hipotesis menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa nilai sig. 0,011 < 0,05 sehingga Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh, menunjukkan bahwa ketidaksesuaian informasi jaminan pembiayaan mikro iB 25 berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah BRI Syariah cabang Citarum. Kata kunci: Informasi, Jaminan, Pembiayaan Mikro iB 25, Loyalitas.


Keywords


Information, Security, Microfinance iB 25 Loyalty.

References


Frieda, Ellena, Analisis Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah, 2011.

Griffin, Pengantar Bisnis, Erlangga, Jakarta, 1995.

Ratih, Huriyati, Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen, Alfabeta, Bandung, 2005.

Samsul Ramli, Seri Bacaan Wajib Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, VisiMedia, Jakarta, 2015.

Jeperson Hutahaean, Konsep Sistem Informasi, Deepublish, Yogyakarta, 2014.

Y. Maryono dan B. Patmi Istiana, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Yudhistira, Yogyakarta, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.3426

Flag Counter   Â