Analisis Fikih Muamalah terhadap Perbedaan Harga Jual Beli Barang Dagangan Dalam Jumlah Banyak dan Sedikit (Studi Kasus Toko Grosir Sembako Daerah Rancakek)

Retna Ayu Nurwulan, Panji Adam Agus Putra, Yandi Maryandi

Abstract


Abstract—Muamalah activities are things that humans usually do. One of the muamalah interactions is buying and selling. In this study, buying and selling carried out at grocery stores in the Rancaekek area, there are differences in prices for similar goods if purchased in large and small quantities, it contains an element of gharar. This study aims to 1) determine the practice and determination of prices in buying and selling merchandise in large and small quantities at a grocery grocery store in the Rancaekek area. 2) find out the analysis of muamalah fiqh on the difference in the price of buying and selling merchandise in large and small quantities at grocery stores in the Rancaekek area. The approach in this study is a sociological juridical approach and uses field research data types. Data collection techniques were used by means of observation, interviews, documentation, and literature studies. Data analysis used is data reduction, data presentation, conclusion drawing. The results of this study, the Happy Putra grocery store in determining the price based on the prevailing prices in the market, and the process of price differences that occur are included in gharar yasir, namely gharar which is allowed according to Islam. Even the buyer does it on the basis of pleasure (an taradhin). So, the buying and selling process at the Happy Putra grocery grocery store is legal to do according to muamalah fiqh.

Keywords: Buying and selling, price difference, gharar.

Abstrak—Kegiatan muamalah adalah hal yang biasa dilakukan manusia. Salah satu interaksi muamalah yaitu jual beli. Pada penelitian ini jual beli yang dilakukan di toko grosir sembako daerah Rancaekek terdapat perbedaan harga pada barang sejenis jika dibeli dalam jumlah banyak serta sedikit perihal tersebut mengandung adanya unsur gharar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui praktik dan penentuan harga dalam jual beli barang dagangan dengan jumlah banyak dan sedikit di toko grosir sembako daerah Rancaekek. 2) mengetahui analisis fikih muamalah terhadap perbedaan harga jual beli barang dagangan dalam jumlah banyak dan sedikit di toko grosir sembako daerah Rancaekek. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan yuridis sosiologis dan menggunakan jenis data penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data digunakan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi litertur. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, toko grosir sembako Bahagia Putra dalam menentukan harganya bedasarkan harga yang berlaku di pasaran, dan proses perbedaan harga yang terjadi termasuk kedalam gharar yasir, yaitu gharar yang dibolehkan menurut Islam. Bahkan pembelipun melakukannya atas dasar keridhaan (an taradhin). Jadi, proses jual beli di toko grosir sembako Bahagia Putra ini sah untuk dilakukan menurut fikih muamalah.

Kata Kunci: Jual beli, perbedaan harga, gharar.


Keywords


Jual beli, perbedaan harga, gharar.

Full Text:

PDF

References


Adam, Panji. 2018. Fikih Muamalah Adabiyah. satu. ed. Anna. Bandung: PT Refika Aditama.

Adam, Panji, Agus Putra, Aulia Fadhil, and Yandi Maryandi. “Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Penerapan Sistem Jual Beli Dengan Pembayaran Se-Ikhlasnya Di Cafe Coger.†: 69–71.

Al-Aqsani, Al Hafidh Ibnu Hajar. 1995. Bulughul Maram Min Adilatil Ahkam. cetakan pe. ed. Achmad Sunarto. jakarta: Pustaka Amani.

Dzajuli, A. 2007. Kaidah-Kaidah Fikih. Jakarta: Pernada Media Group.

Gumilang, Galang Surya. 2016. “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling.†Jurnal Fokus Konseling 2(2).

Kunto, Suharsimi Ari. 1993. Managemen Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.

Mappiare, Andi. 2009. Dasar-Dasar Metodologi Riset Kualitatif Untuk Ilmu Sosial Dan Profesi. Malang: Jenggala Pustaka Utama.

Moha, Iqbal, and Dadang sudrajat. 2019. “Resume Ragam Penelitian Kualitatif.â€

Molleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Harus Berkarya.

Mubarok, Jaih, and Hasanudin. 2018. Fikih Muamalah Maliyah Akad Jual-Beli. ed. Iqbal Triadi Nugraha Nughraha. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Muh. Fitrah & Luthfiyah. 2018. “Metode Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus.†: 44.

Mustofa, Imam. 2016. Fiqih Mu’amalah Kontemprer. Depok: PT rajagrafindo Pesada.

Rijali, Ahmad. 2018. “Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin.†17(33): 81–95.

Salim, Munir. 2017. “Jual Beli Secara Online Menurut Pandangan Hukum Islam.†6(2): 371–86.

Sarwono, Jonathan. 2012. Metode Riset Skripsi. Jakarta: Elex Media.

Sulaiman, Rasjid. 2013. Hukum Fiqh Lengkap. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syirfana, Ramdaniar Eka., Nurhasanah, Neneng., Ibrahim, Mohamad Andri. Analisis Fikih Muamalah terhadap Pemikiran M. Dawam Rahardjo Mengenai Bunga Bank. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1, 26-31.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.31385

Flag Counter   Â