Tinjauan Nilai-Nilai Etika Bisnis Islam terhadap Penunjukkan Artis Sebagai Brand Ambassador pada Produk Zoya Fashion Cabang Penjualan Sulanjana Kota Bandung

Irvan Fauzi, Sandy Rizky Febriadi, Nanik Eprianti

Abstract


Abstract-Laudya Chintya Bella as an actress who is identified with the female figure "hijrah" was named by Zoya Fashion as the brand ambassador for its products. The author is interested in analyzing the coronation from the ethical values of Islamic business. Based on the background of these problems, the purpose of this study is to determine the value of Islamic business ethics in brand ambassadors for a product, consumer perceptions of the role of Laudya Cynthia Bella as Brand Ambassador in Zoya Fashion products, Sulanjana Sales Branch, Bandung City, and review of values. Islamic business ethics on the appointment of artists as brand ambassadors for Zoya Fashion products, Sulanjana Bandung City Sales Branch. The research method used is descriptive analytical with a qualitative approach. The results of this study show that the value of Islamic Business Ethics in appointing a brand ambassador to a product is part of a product marketing communication tool that must be carried out according to Islamic sharia, consumer perceptions of the role of Laudya Cynthia Bella Selaku. The brand ambassador for Zoya Fashion's Sulanjana Bandung City Sales Branch products is good, and the appointment of an artist as a brand ambassador for Zoya Fashion's Sulanjana Bandung City Sales Branch products is generally in accordance with Islamic business ethics values.

Keywords: Ethics, Islamic Business, Brand Ambassador and Fashion.

Abstrak-Penggunaan uang muka dalam transaksi bisnis pada Laudya Chintya Bella sebagai aktris yang diindentikan denggan sosok wanita “hijrah†dinobatkan oleh Zoya Fashion sebagai brand ambassador produk-produknya. Penulis merasa tertarik untuk menganalisis penobatan itu dari nilai-nilai etika bisnis Islam. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai etika bisnis Islam dalam brand ambassador pada sebuah produk, persepsi konsumen terhadap peran Laudya Cynthia Bella Selaku Brand Ambassador pada produk Zoya Fashion Cabang Penjualan Sulanjana Kota Bandung, dan tinjauan nilai-nilai etika bisnis Islam terhadap penunjukkan artis sebagai brand ambassador pada produk Zoya Fashion Cabang Penjualan Sulanjana Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif.Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa nilai Etika Bisnis Islam dalam penunjukkan brand ambassador pada sebuah produk merupakan bagian dari alat komunikasi pemasaran produk yang harus dilakukan sesuai syariah Islam, persepsi konsumen terhadap peran Laudya Cynthia Bella Selaku Brand Ambassador pada produk Zoya Fashion Cabang Penjualan Sulanjana Kota Bandung sudah baik, dan Penunjukkan artis sebagai brand ambassador pada produk Zoya Fashion Cabang Penjualan Sulanjana Kota Bandung secara umum telah sesuai dengan nilai-nilai etika bisnis Islam.

Kata Kunci: Etika, Bisnis Islami, Brand Ambassador dan Fashion.



Keywords


Etika, Bisnis Islami, Brand Ambassador dan Fashion.

Full Text:

PDF

References


A. Shimp, Terence, Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu). Jilid I, edisi Terjemahan, Jakarta : Erlangga, 2007. Hlm. 354.

Abdullah Amrin, Asuransi Syariah, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2006, hlm. 207.

Depag RI, Al Quran dan Terjemahan, CV Diponegoro, Bandung, 2000, hlm. 103.

Devi Gita dan Retno Setyorin, Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Perusahaan Online Zalora.co.id. e-Proceeding of Management : Vol.3, No.1 April 2016, hlm. 622.

Dzulqarnain, Fikih Berwawasan Dakwah, Jurnal Al-Munir 2 Vol VI No.2 Oktober 2015, hlm, 56.

Erly Juli yani, Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam, Jurnal Ummul Qura, Vol.7, No. 1, 2016, hlm 66

Faisal Badroen, Etika Bisnis dalam Islam, Kencana, Jakarta, 2006, hlm. 70

Fitri Amalia, Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi Pada Pelaku Usaha Kecil, Jurnal Al-Iqtishad, Vol. IV, No. 1, Januari 2014, hlm 135

Muhammad Djakfar, Etika Bisnis: Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi, Penebar Plus, Jakarta, 2012, hlm. 30.

Muhammad Syakir Sula, Asuransi Syariah (Life and General); konsep dan Sistem Operasional, Gema Insani Press, Jakarta, 2004, hlm. xxxi.

Nanik Eprianti dan Muhammad Peri, Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Praktek Home Industry Pada Produk Tanpa Tanggal Kedaluwarsa, Jurnal Prosiding Hukum Ekonomiu Syariah Volume 4, No. 2, Tahun 2018, hlm. 998.

Neneng Nurhasanah, Mudharabah dalam Teori dan Praktik, Bandung: PT. Refika Aditama, 2015, hlm.. 36

R. Lukman Fauroni, Etika Bisnis dalam Al-Qur’an, Pustaka Pesantren, Yogyakarta, 2006, hlm. 12.

R. Yogi Prawira W dkk. Hubungan Karakteristik Brand Ambassador Honda Spacy Helm In dengan Tahapan Keputusan Pembelian Konsumen. E-journal Mahasiswa Universitas Padjadjaran, Volume 1 Nomor 1, 2012, hlm. 4

Royan, Frans M. Marketing Selebritis: Selebritis Dalam Iklan dan Strategi Selebritis Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo. 2005, hlm. 15.

Sandy Rizki Febriadi, Tinjauan Etika Bisnis Islam dan Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan terhadap Praktek Jual Beli Masker di Toko X Kota Bandung, Jurnal Prosiding Hukum Ekonomiu Syariah Volume 6, No. 2, Tahun 2020, hlm. 128 – 133.

Tri Hendro Sigit, Etika Bisnis Modern: Pendekatan Pemangku Kepentingan, UPP STIM YKPN, Yogyakarta, 2012, hlm. 13

Veithzal Rivai, dkk. Islamic Business and Economic Ethics, Jakarta : Bumi Aksara, 2009, hlm. 3.

Nurfikri, Ghina Safira., Febriadi, Sandy Rizki., Srisulisawati, Popon. Analisis Tingkat Pemahaman Pedagang Pakaian terhadap Etika Pemasaran Islam. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1, 18-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.31283

Flag Counter   Â