Kepuasan Mustahik Pada Program Bandung Cerdas Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) (Studi Kasus Penerima Program Tingkat Mahasiswa di BAZNAS Kota Bandung)
Abstract
Abstract— Bandung Smart is an educational assistance program aimed at elementary, middle, high school, diploma, undergraduate and education levels outside the region or abroad. Recipients of assistance from this program are given priority to beneficiaries who come from underprivileged families or children who meet the specified criteria. Of course, the satisfaction of program recipients is important to note, because mustahik is the main target in the distribution of zakat. So Amil zakat must have responsibility and a high sense of concern, so that good service quality can be created. This study aims to analyze how the satisfaction level of mustahik in the Smart Bandung program at BAZNAS Bandung City. This research is a quantitative study using themethod Customer Satisfaction Index (CSI) and processed using Microsoft Excel 2019. The results show that mustahik are satisfied with the quality of service provided. It is evident from the results of thedata processing Customer Satisfaction Index which shows the results of 77.38% which are included in the "satisfied" category.
Keywords—Service Quality, Smart Bandung Program.
Abstrak— Bandung Cerdas merupakan program bantuan pendidikan yang ditujukan untuk tingkat, SD, SMP, SMA, Diploma, S1 dan pendidikan luar daerah ataupun luar negeri. Peneriman bantuan dari program ini diutamakan diberikan kepada penerima manfaat yang berasal dari keluarga kurang mampu atau anak yang memenuhi kriteria yang ditetapkan. Tentunya Kepuasan dari penerima program penting untuk diperhatikan, sebab mustahik merupakan target utama dalam pendistribusian zakat. Maka Amil zakat harus memiliki tanggung jawab dan rasa kepedulian yang tinggi, supaya dapat terciptanya kualitas pelayanan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaiamana tingkat kepuasan mustahik pada program Bandung Cerdas di BAZNAS Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) serta diolah menggunakan Microsoft Excel 2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa mustahik merasa puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan. Terbukti dari hasil olah data Customer Satisfaction Index yang menunjukan hasil 77,38% yang termasuk pada kategori “puasâ€.
Kata Kunci—Kualitas Pelayanan, Program Bandung Cerdas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Deatriani, Rani, Asep Ramdan Hidayat, and Ira Siti Rohmah Maulida, ‘Analisis Penerapan Manajemen Sumber Daya Insani Terhadap Rekrutmen, Seleksi, Dan Penempatan Kerja Pada Klinik Rumah Syifa’, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 6.2 (2020), 157–61
Nurjanah, Gina Siti, Eva Misfah Bayuni, and Yayat Rahmat Hidayat, ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Ditinjau Dari Prespektif Islam’, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 2019, 370–76
Salma, Fitria Solahika, and Ririn Tri Ratnasari, ‘Pengaruh Kualitas Jasa Perspektif Islam Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Grand Kalimas Di Surabaya1’, Jurnal Ekonomi Syariah Teori & Terapan, 2.4 (2015), 322–39
Zainal, Veithzal Rivai, Islamic Marketing Management, ed. by Yanita Nur Indah Sari, 2nd edn (Jakarta: Bumi Aksara, 2018)
Apriliyani, Sri., Malik, Zaini Abdul., Surahman, Maman. Peran Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Banjarnegara dalam Meningkatkan Perekonomian Kaum Dhuafa. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1, 7-12.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.29245
  Â