Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengeluaran Zakat Perusahaan Bank Umum Syariah Periode 2016-2020

Tiara Khoerunisa, Ifa Hanifia Senjiati, Yayat Rahmat Hidayat

Abstract


Abstract—Corporate zakat is an effort of Islamic commercial banks to become zakat-oriented companies. Puskas Baznas explained that the company's zakat potential is 6.71 trillion rupiahs, but in fact, the zakat of sharia commercial bank companies has only been issued at 73.72 billion rupiahs. Based on a review of previous research, there are several factors suspected to be the factors of zakat expenditure of Islamic commercial bank companies. The independent variables in this study are ROA, ROE, NPM, and firm size. This study aims to find out how the general description of zakat expenditure of BUS companies, and how the influence of independent variables partially and simultaneously on corporate zakat expenditures in Islami commercial banks. The method used is the quantitative method. The type of data used is secondary data. The collection technique is done using documentation techniques and literature study. The data analysis technique is multiple linear regression analysis. The results of the study show, (1) The development of zakat expenditure of Islamic commercial bank companies varies, several banks experience an increase every year but some are volatile. Meanwhile, the average zakat expenditure every year always increases. (2) After the t-test or partial test of the four variables studied, only ROE and company size affect the company's zakat expenditure. (3) After doing the F test or simultaneous test the results of the four independent variables have an effect of 80.6% and the remaining 19.4% are other variables.

Keywords—Corporate Zakat, ROA, ROE, NPM, company size

Abstrak—Zakat perusahaan adalah upaya bank umum syariah agar menjadi perusahaan yang zakat oriented. Puskas Baznas menerangkan potensi zakat perusahaan sebesar 6,71 triliun rupiah, tapi faktanya zakat perusahaan bank umum syariah baru dikeluarkan sebesar 73,72 miliar rupiah. Berdasarkan review penelitian terdahulu ada beberapa faktor diduga menjadi faktor-faktor pengeluaran zakat perusahaan bank umum syariah. Variabel independen dalam penelitian ini ROA, ROE, NPM, dan ukuran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran umum pengeluaran zakat perusahaan BUS, dan bagaimana pengaruh variabel independen secara parsial dan simultan terhadap pengeluaran zakat perusahaan pada bank umum syariah. Metode yang digunakan metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan data sekunder. Teknik pengumpulan dilakukan dengan cara teknik dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis datanya adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Perkembangan pengeluaran zakat perusahaan bank umum syariah beragam, ada beberapa bank yang mengalami kenaikan setiap tahunnya namun ada pula yang fluktuatif. Sementara itu rata-rata pengeluaran zakat setiap tahunnya selalu naik. (2) Setelah uji t atau uji parsial dari keempat variabel yang diteliti ROA, ROE , dan NPM berpengaruh terhadap pengeluaran zakat perusahaan, sementara ukuran perusahaan tidak berpengaruh. (3) Setelah dilakukan uji F atau uji simultan hasilnya keempat variabel independen berpengaruh sebesar 80,6% dan sisanya sebesar 19,4% berupa

Kata Kunci—Zakat Perusahaan, Bank Umum Syariah, ROA, ROE, NPM, Ukuran Perusahaan.


Keywords


Zakat Perusahaan, Bank Umum Syariah, ROA, ROE, NPM, Ukuran Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Sri Nurhayati and Wasilah, Akuntansi Syariah Di Indonesia, ed. by Ghofur Sartika, 9th edn (Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2019)

Hermansyah, ‘Zakat Lembaga Dalam Perspektif Ekonomi Islam’, Journal Competency of Business, 1.Ii (2017), 115–24.

Muhammad Hasbi Zaenal, Indikator Pemetaan Potensi Zakat (IPPZ), 2020.

Triyuwono and Moh. Akuntansi Syariah Memformulasikan Konsep Laba Dalam Metafora Zakat.

A. Chairul Hadi, ‘Corporate Social Responsibility Dan Zakat Perusahaan Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Islam’, AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah, 16.2 (2016), 229–40 .

Al Zuhaily. Zakat : Kajian Berbagai Mazhab

Zaenal. Indikator Pemetaan Potensi Zakat (IPPZ

Neneng Nurhasanah and Panji Adam, Hukum Perbankan Syariah : Konsep Dan Regulasi, ed. by Dessy Listianingsih Mardiani (Jakarta: Sinar Grafika, 2017)

Vira Widia Yanti and Afriyeni Afriyeni, ‘Analisis Rasio Profitabilitas Pada Pt. Bank Perkreditan Rakyat (Bpr) Cempaka Mitra Nagari Padang’, 2019, 1–11 https://doi.org/10.31219/osf.io/d3qrp

Irham Fahmi, Analisis Laporan Keuangan (Bandung: Alfabeta, 2014).

Bambang Riyanto, Dasar - Dasar Pembelanjaan Perusahaan, 4th edn (Yogyakarta: GPFE, 2008).

Abdurrahman Misno B.P, Metode Penelitian Muamalah (Bogor: Penerbit Salemba Diniyah, 2018).

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2006).

Agus Tri Basuki and Nano Prawoto, Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 3rd edn, 2016.

Dyah Nirmala J Arum and Anie, Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda Dengan SPSS, ed. by Ardiani Ika (Semarang: Semarang University Press, 2012)

Apriliyani, Sri., Malik, Zaini Abdul., Surahman, Maman. Peran Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Banjarnegara dalam Meningkatkan Perekonomian Kaum Dhuafa. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1, 7-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.27812

Flag Counter   Â