Analisis Efisiensi Fundraising Infak Berbasis Digital dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA)

Muhammad Dzakwan Rizqulloh, Yayat Rahmat Hidayat, Arif Rijal Anshori

Abstract


Abstract—The development of internet technology in this era makes people now seem to depend on it in carrying out daily activities. Internet technology plays a big role in providing comfort and convenience, such as buying and selling transactions, social interactions, to large scale at the industrial level. In 2017 Masjid An-Nur Telkom Witel Bandung made digital innovations in socializing infaq and also fundraising, making it easier for people to donate. However, fundraising infaq at Masjid An-Nur Telkom Witel Bandung cannot be said to be optimal and efficient because it fluctuates from year to year. Therefore, the purpose of this study was to determine the level efficiency of digital-based infaq fundraising at Masjid An-Nur Telkom Witel Bandung. This research is quantitative with Data Envelopment Analysis (DEA) approach. The results of this study indicate that in 2014, 2017, and 2020 Masjid An-Nur Telkom Witel Bandung has achieved a perfect efficient value (constant 100%), but in 2015, 2016, 2018, and 2019 Masjid An-Nur Telkom Witel Bandung experienced a decrease and cannot be said to be efficient, this is because the operational expenses are higher than the target set, the operational expenses must be reduced, while the infaq fundraising in those years was lower than the targeted results so that infaq fundraising must be increased to get the perfect efficient value (constant 100%).

Keywords—Efficiency, Infaq, and Fundraising.

Abstrak—Pesatnya perkembangan teknologi internet pada zaman ini menjadikan masyarakat kini seolah bergantung kepadanya dalam menjalankan aktivitas harian. Andil besar teknologi internet dalam memberikan kenyamanan dan kemudahan baik seperti transaksi jual beli, interaksi sosial, hingga skala besar di tingkat industri. Pada tahun 2017 Masjid An-Nur Telkom Witel Bandung melakukan inovasi digital dalam sosialisasi infak dan juga fundraisingnya, sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berinfak secara online. Tetapi fundraising infak di Masjid An-Nur Telkom Witel Bandung belum dapat dikatakan optimal dan efisien karena bersifat fluktuatif dari setiap tahunnya. Maka, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efisiensi fundraising infak berbasis digital di Masjid An-Nur Telkom Witel Bandung. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA). Hasil dari penelitian in menunjukkan bahwa pada tahun 2014, 2017, dan 2020 Masjid An-Nur Telkom Witel Bandung telah mencapai nilai efisien sempurna (constant 100%), tetapi pada tahun 2015, 2016, 2018, dan 2019 Masjid An-Nur Telkom Witel Bandung mengalami penurunan dan belum dapat dikatakan efisien, hal tersebut dikarenakan beban operasional lebih tinggi dari target yang ditetapkan maka harus dilakukan penurunan beban operasional, sedangkan fundraising infak pada tahun-tahun tersebut lebih rendah dari hasil yang ditargetkan sehingga fundraising infak harus ditingkatkan untuk mendapatkan nilai efisien sempurna (constant 100%).

Kata Kunci—Efisiensi, Infak, Fundraising.


Keywords


Efisiensi, Infak, Fundraising.

Full Text:

PDF

References


Amiruddin, Aam. Al-Qur’an Terjemah Al-Mu’asir Kontemporer. 2018. 9th ed. Bandung: Khazanah Intelektual.

Djuanda, Gustian. Pelaporan Zakat Pengurang Pajak Penghasilan. 2006. Jakarta: Grafindo Persada.

Hidayati, Nurul, and Tonny Surkancana. “Strategi Fundraising Gerai Zakat, Infak, Shadaqah Dan Wakaf Melalui Mall/Pusat Perbelanjaan Di Jabodetabek.†Manajemen Dakwah 5, no. 1 (June 2019): 92.

Inoed, Amiruddin. Anatomi Fiqh Zakat: Potret & Pemahaman Badan Amil Zakat Sumatera Selatan. 2005. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Juwaini, Ahmad. Panduan Direct Mail Untuk Fundraising. 2005. Depok: Piramedia.

Purwanto, April. Manajemen Fundraising Bagi Organisasi Pengelola Zakat. 2009. Yogyakarta: Teras.

Rahmani, Lulu Marjania. Analisis Efisiensi Penghimpunan Dana Zakat, Infak, Dan Shadaqah (ZIS Berbasis Digital Di Pusat Zakat Umat Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis (DEA). 2020. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Rohim, Ade Nur. “Optimalisasi Zakat Melalui Digital Fundraising.†Al-Balagh 4, no. 1 (January 2019): 62.

Rusydiana, Aam Slamet, and Tim SMART Consulting. Mengukur Tingkat Efisiensi Dengan Data Envelopment Analysis. 2013. Bogor: SMART Publishing.

[ Setiadi, Budi., Nurhasanah, Neneng., Sulistiani, Siska Lis. Perbandingan Efektivitas Penghimpunan Dana Wakaf Melalui Uang Berbasis Online di Global Wakaf dan Dompet Dhuafa. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1, 32-36.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.27647

Flag Counter   Â