Analisis Fikih Mumalamah terhadap Kebijakan Penetapan Harga Buah di Rumah Buah Cabang Sukajadi dan Pasar Sederhana Kota Bandung

Dita Haditama, Asep Ramdan Hidayat, Arif Rijal Anshori

Abstract


Abstract. Determination of the selling price of goods is basically determined by the seller. In this case, there is a difference in price if the fruit packaging unit is equal to per Kilogram between Sukajadi Fruit House and the Simple Market of the City of Bandung, which has a 10-20% margin. The difference in the selling price of fruit between Sukajadi Fruit House and Fruit traders in the Simple Market in Bandung City is certainly based on the methods used in determining the price margins of each party.
The research method used was descriptive analysis with a type of qualitative research to analyze the pricing policy of fruit in the Sukajadi Branch of Fruit Houses and the Bandung Simple Market according to muamalah fiqh provisions.
The results of this study are the determination of prices in the market for a production according to the principle of fiqh muamalah, a very influential factor is demand and supply. Sukajadi Fruit House determines the selling price of fruit based on several factors consisting of factors in the stock of goods, competitors and services provided, while the fruit traders in the simple market in the city of Bandung determine the selling price of fruit with consideration of each individual trader subjectively in determining price.

Keywords: Buy and sell, price, and muamalah fiqh.

Abstrak. Penentuan harga jual barang pada dasarnya ditentukan oleh pihak si penjual. Dalam hal ini, terdapat perbedaan harga jika disetarakan satuan kemasan buah-buahan menjadi per Kilogram antara Rumah Buah Sukajadi dengan Pasar Sederhana Kota Bandung memiliki selisi sekitar 10-20%.  Adanya perbedaan harga jual buah antara Rumah Buah Sukajadi dengan pedagang Buah di Pasar Sederhana Kota Bandung tentu didasarkan pada cara-cara yang digunakan dalam penentuan margin harga dari masing-masing pihak.

Metode penelitian yang digunakan penelitian adalah anailisi deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif untuk menganalisa kebijakan penetapan harga buah di Rumah Buah Cabang Sukajadi dan Pasar Sederhana Kota Bandung menurut ketentuan fikih muamalah.

Hasil penelitian ini adalah penentuan harga di pasar atas sebuah produksi menurut prinsip fikih muamalah faktor yang sangat berpengaruh adalah permintaan dan penawaran. Rumah Buah Sukajadi melakukan penentuan harga jual buah dengan didasari pada beberapa faktor yang terdiri dari faktor stok barang, pesaing dan pelayanan yang diberikan, sedangkan Para pedagang buah di Pasar sederhana Kota Bandung menentukan harga jual buah dengan pertimbangan masing-masing individu pedagang secara subjektif dalam menetapkan harga.

 

Kata Kunci: Jual beli, Harga, dan Fikih Muamalah.


Keywords


Jual beli, Harga, dan Fikih Muamalah.

Full Text:

PDF

References


A. Dzajuli, 2002. Kaidah-Kaidah Fikih, Jakarta : CV Bulan Bintang.

A.W Munawir, 1997. Kamus Arab-Indonesia, Surabaya : Pustaka Progressif.

Abdul Wadud Nafis, 2011. Ekonomi Makro Islam, Jakarta : Mitra Abadi Press.

Abu Dawud, 2009. Sunan Abu Daud Kitab Buyu’ Hadits No.566, (Alih Bahasa, Muhammad Ridwan Al Albani) Jakarta : Pustaka Al Kautsar.

Ahmad bin ’Abdurrazaq ad-Duwaisy, 2005. Fatwa-Fatwa Jual-Beli, Jakarta : Pustaka Azzam.

Ahmad Idris, 1986. Fikih al-Syafi’iyah. Jakarta : Karya Indah.

Al-Bukhari, t.th. Shahih Bukhari Kitab Buyu Hadits No.1937, Beirut : Darul Fiqri.

Alma, Bukhari. 2003. Dasar-dasar Etika Bisnis Islami. Bandung : CV. Alfabeta.

Ash-Shiddiqie, Hasbi, 1984. PengantarFikihMuamalah, Jakarta : Bulan Bintang.

Depag RI, 2010. Al Quran dan Terjemahan, Jakarta : Pustaka Al Kautsar.

Departemen Pendidikan Nasional, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.

Depdibud, 2001 Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Dept. Pendidikan dan Budaya.

Dimyauddin Djuwaini, 2002. Fikih Muamalah, Jakarta : Balai Pustaka.

Disan Narundhana, 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi Pemotoangan sari di Rumah Potong Hewan (RPH) Pemerintah Kota Bandung, Bandung : Jurnal Fakultas Perternakan UNPAD.

Ghufron A. Mas’adi, 2000. Pengantar Fikih Muamalah, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hasbi Ash-Shiddiqie, 1984, “Pengantar Fikih Muamalah, Jakarta : Bulan Bintang.

Haroen Nasrun. 2000. Fiqh Muamalah. Jakarta : Gaya Media Pratama.

Hendi Suhendi, 2006. Fikih Muamalah, Bandung : Al Ma’arif.

Hudhari Beik, 1999. Fikih Muamalah, Kairo : Darul Ulum.

Ibn ‘AbdurrazaqAd-Duwaisy, 2004. Fatwa-Fatwa Jual Beli/Edisi Indonesia, Bogor : Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Ibnu Rusyd, 2007. Bidayatul Mujtahid Vol.II, Jakarta : Pustaka Azzam, Jakarta.

Ibnu Taimiyah, 2007. Majmul Fatwa II, (Alih bahasa oleh Muhammad Idrus), Jakarta : Pustaka Azzam.

Ilfi Nur Dian. 2010. Hadits-hadits Ekonomi. Malang : UIN Maliki PRESS.

J.S Badudu, 1986. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v6i2.24546

Flag Counter   Â