Tinjauan Fiqih Muamalah Akad Ju’alah terhadap Praktik Giveaway Bersyarat pada Online Shop

Gina Dwi Astuti, Sandy Rizki Febriadi, Ira Siti Rohmah Maulida

Abstract


Abstract. Research with the title "Review of Fiqh Muamalah Ju'alah Agreement on Conditional Giveaway Practices in Online Shop (Case Study on Instagram @gianisa_os)". Arranged based on the formulation of the problem, firstly how Muamalah Fiqh theory regarding Ju'alah Agreement, secondly how is the practice of conditional giveaway in the @gianisa_os Online Shop and thirdly how to review the Muamalah Fiqh of Ju'alah Agreement on Conditional Giveaway Practices in the @gianisa_os Online Shop.

The method used is field research, namely research conducted based on facts in the field by observation, collecting interview data from parties related to the practice of this giveaway, and literature studies relating to theoretical problems that can support in analyzing data, then the data is constructed and analyzed using a qualitative descriptive analysis method, which is a Review of the Fiqh of Muamalah Ju'alah Agreement on Conditional Giveaway Practices in the online shop @gianisa_os.

The results of this study concluded that the practice of the giveaway promotion method on Instagram was in accordance with one of the scope of fiqh mu'amalah, which entered into Al Muamalah Al Madiyah / Maliyah, namely ju'alah contract which was harmonious and the requirements were met. However, in practice there is still uncertainty in the selection of winners here where there is obscurity or in the terminology of Gharar Islamic law from the ju'alah contract in determining the winner.

Keywords: Fiqh Muamalah, Ju'alah Covenant, Giveaway.

 

Abstrak. Penelitian dengan judul “Tinjauan Fiqih Muamalah Akad Ju’alah Terhadap Praktik Giveaway Bersyarat pada Online Shop (Studi Kasus di Instagram @gianisa_os)â€. Disusun berdasarkan rumusan masalah, yakni pertama bagaimana teori Fiqih Muamalah mengenai Akad Ju’alah, kedua bagaimana praktik Giveaway bersyarat di Online Shop @gianisa_os dan ketiga bagaimana tinjauan Fiqih Muamalah Akad Ju’alah terhadap Praktik Giveaway Bersyarat pada Online Shop @gianisa_os.

            Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan berdasarkan fakta di lapangan dengan observasi, mengumpulkan data wawancara dari pihak-pihak yang terkait dengan praktik Giveaway ini, dan studi kepustakaan yang berhubungan dengan masalah-masalah teoritisnya yang dapat mendukung dalam menganalisis data, selanjutnya data dibangun dan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yakni tentang Tinjauan Fiqih Muamalah Akad Ju’alah Terhadap Praktik Giveaway Bersyarat pada online shop @gianisa_os.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik metode promosi giveaway di Instagram sesuai dengan salah satu ruang lingkup fiqih mu’amalah yang masuk ke dalam Al Muamalah Al Madiyah/Maliyah yaitu akad ju’alah yang rukun dan syaratnya telah terpenuhi. Namun dalam praktiknya masih ada ketidakpastian dalam pemilihan pemenang disini letak ketidakjelasan atau dalam istilah hukum islam gharar dari akad ju’alah dalam menentukan pemenang.

Kata Kunci: Fiqih Muamalah, Akad Ju’alah, Giveaway.

 


Keywords


Fiqih Muamalah, Akad Ju’alah, Giveaway.

Full Text:

PDF

References


Andri Soemitra. (2019). Hukum Ekonomi Syariah dan Fiqh Muamalah di Lembaga Keuangan dan Bisnis Kontemporer, Jakarta Timur: Prenadamedia Group.

Drs. Harun. (2017). Fiqh Muamalah, Surakarta: Muhammadiyah University Press

Hendi Suhendi, Fiqh Muamalah: Membahas Ekonomi Islam, Jakarta: PT. RajaGrafindo

Hasanudin, J. M. (2017). Fiqh Muamalah Maliyyah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Instagram. (2020, Maret 25). #GiveawayIndonesia. Retrieved from https://www.instagram.com/explore/tags/Giveawayindonesia/

Muslim, M. N. (2020, Juli 10). Hukum Mengikuti Kuis Gratis dengan Syarat Mempromosikan Produk (Giveaway). Retrieved from https://muslim.or.id/54871-hukum-mengikuti-giveaway.html

Panji Adam. (2017). Fiqh Muamalah Maliyah, Bandung: PT. Refika Aditama.

Qur’an, Y. P. (1971). Al Qur'an dan Terjemahnya. Madinah: Percetakan Al Qur'an Raja Fahad.

Sri Nurhayati. (2011). Akuntansi Syari’ah di Indonesia, Jakarta: Salemba

Sunarya, A. E. (2020, Mei 15). Pemilik Gianisa OS. (G. D. Astuti, Interviewer)

Unknown. (2020, Februari 27). Apa Itu Giveaway. Retrieved from http://Giveawaygratis.blogspot.com/2014/03/apa-itu-Giveaway.html




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v6i2.22220

Flag Counter   Â